Ini Olahraga yang Ampuh Bikin Perut Rata dan Kotak-Kotak

Ilustrasi payudara, perut rata dan bra olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

JAKARTA – Memiliki perut yang rata atau perut sixpack jadi dambaan setiap orang. Namun pernahkah Anda menyadari bahwa meski kurus ada sejumlah orang yang memiliki perut buncit. Hal ini lantaran konsumsi makanan yang tinggi akan gula dan tepung.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Seperti diketahui gula yang dikonsumsi dimetabolisme dalam tubuh akan mengikat satu molekul air. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Sementara itu, tepung sendiri bisa menyebabkan ketagihan sehingga membuat orang semakin ingin terus makan. Alhasil penumpukan lemak dalam tubuh.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Maka dari itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengecilkan perut. Selain mengatur pola makan, melakukan olahraga juga jadi kunci sukses dalam membentuk perut rata dan kotak-kotak.

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/drobotdean
Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Namun bukan sembarang olahraga yang dapat membuat perut menjadi rata. Ada sejumlah olahraga yang dinilai ampuh untuk mengecilkan perut. Apa saja?

Berikut ini rangkumannya seperti dikutip dari tayangan Hidup Sehat Plus tvOne, Rabu 10 Januari 2024.

1. Senam Aerobik

Senam Aerobik adalah olahraga yang direkomendasikan untuk membakar kalori berlebih secara konsisten.

Secara konsep senam aerobik menggunakan gerakan berkesinambungan dengan ritme dan intensitas teratur untuk menghasilkan efek yang optimal dalam tubuh.

Gerakan dalam senam ini biasanya terbagi menjadi tiga fase yakni pemanasan, inti dan pendinginan. Dengan 30 menit aerobik Anda bisa membakar 286 kalori.

aerobik atau senam

Photo :
  • inmagine

2. Berenang

Olahraga ini bissa menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin mengecilkan perut, tanpa memberikan tekanan yang berlebihan pada tubuh.

Untuk Anda yang mengalami kegumakan, berenang menjadi olahraga yang bebas dari risiko cedera, menyenangkan. Dengan 60 menit berenang Anda bisa membakar 450-650 kalori. 

3. Joging

Menjaga kesehatan dengan joging (foto ilustrasi).

Photo :

Ini adalah olahraga yang paling mudah dilakukan. Pagi dan sore adalah waktu yang ideal untuk melakukan olahraga ini. Jika Anda rutin berjoging lingkar perut akan menyusut. 60 menit joging setiap hari bisa membakar 684 kalori. 

4. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga aerobik. Selain mampu mengecilkan perut, kegiatan bersepeda juga bermanfaat melatih otot paha dan tungkai menjadi lebih kuat.

Bersepeda selama 60 menit setiap hari bisa membakar kalori sebesar 500-600 kalori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya