Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Ilustrasi bunuh diri.
Sumber :
  • Pexels

Jakarta - Kasus bunuh diri masih saja kerap terjadi. Yang terbaru dialami Selebgram Meli Joker atau yang memiliki nama asli Fitri Meliana. Bahkan, dalam aksi nekatnya menghabisi nyawa dengan cara gantung diri itu disiarkan secara live Instagram.

Agung Karmalogy Identik Tampil Pakai Bebek Karet dan Handuk di Kepala, Alasannya Mengejutkan!

Terkait hal ini, kondisi pemuda Indonesia dinilai rentan memiliki gangguan mental. Akademisi Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Parahyangan, Syarif Maulana menyebut melihat Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, disampaikan bahwa lebih dari 19 juta penduduk Indonesia usia lebih dari 15 tahun memiliki gangguan mental emosional.

“Selain itu, lebih dari 12 juta penduduk dengan rentang usia sama mengalami depresi. Gangguan mental seperti ini dapat menjadikan penderita melakukan aksi nekat seperti bunuh diri,” kata Syarif pada Kamis, 18 April 2024.

Kebenaran Kasus Gamer Fat Cat Terungkap, Netizen Merasa Dikhianati

Ilustrasi olahraga lari

Photo :
  • Istimewa

Dia mengatakan, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah memanfaatkan waktu luang. Dia menyinggung pandangan Filsuf Aristoteles. Selain itu, dia mengatakan salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga. Dengan begitu, pemuda bisa melepaskan diri dari kesibukan dan tekanan lainnya.

Apa Itu Kleptomania? Ketahui Gejala, Penyebab, dan Faktor Risikonya

“Dalam pandangan Aristoteles, waktu luang menempati posisi penting dalam usaha mencapai keutamaan (eudaimonia). Seseorang baru bisa mewujudkan kepenuhan hidup dan batinnya, jika mampu bergerak dan berkarya di dalam waktu senggang. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga juga merupakan aktivitas manusia yang dimungkinkan oleh waktu luang. Untuk dapat menjalankan olahraga secara maksimal dan konsisten, siapa pun mesti bisa untuk sementara waktu melepaskan diri dari kesibukan yang mengikat,” ujar dia.

Syarif menambahkan, para pemuda juga perlu meluangkan waktu untuk berwisata. Dengan berwisata, kata dia, bisa melepaskan diri dari kesibukan. Dia menyebut, olahraga dan pariwisata diikat dalam satu konsep yaitu bermain.

“Demikian halnya dalam menikmati turisme atau pariwisata. Menurut Oxford English Dictionary, pariwisata diartikan sebagai bepergian untuk kesenangan atau bepergian yang menghasilkan keuntungan komersial bagi lokasi atau penyelenggara turisme. Dalam arti yang pertama, pariwisata erat kaitannya dengan bepergian dalam waktu luang. Untuk menikmati pariwisata, agak sulit jika seseorang berada dalam kesibukan,” katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Selebgram Meli Joker atau yang memiliki nama asli Fitri Meliana sempat bertengkar dengan kekasihnya sebelum tewas bunuh diri dan disiarkan secara live Instagram.

"Dia sore itu berantem sama pacarnya, baru pagi diketahui dia sudah bunuh diri," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kebayoran Lama, Ajun Komisaris Polisi Suwarno pada Selasa, 16 April 2024.

Untuk diketahui, viral di media sosial seorang wanita disebut melakukan aksi bunuh diri saat live Instagram. Salah satunya diposting akun X milik @ahlipsikis.

"Cewe bunuh diri saat live Instagram, diduga alami kekerasan yang dilakukan oleh pasangannya," demikian dikutip Selasa, 16 April 2024.

Sementara itu, terkait hal ini polisi pun angkat bicara. Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kebayoran Lama, Ajun Komisaris Polisi Suwarno mengatakan ke lokasi memang ditemukan telepon genggamnya ditemplekan. Namun, disebut live Instagramnya sudah selesai saat polisi ke lokasi.

"Iya ada, kan dia live, HP korban ditempel. Enggak, (Instagram tidak live saat polisi tiba) sudah mati. Dia (HP) posisinya hidup tapi enggak bisa dibuka," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya