Fakta Mengejutkan Soal Otak, Ternyata Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Ilustrasi organ otak manusia.
Sumber :
  • IG @katadokter_official

JAKARTA – Otak adalah organ vital dan kompleks yang dilindungi oleh tengkorak dan selaput otak (meninges).  Sebagai bagian dari sistem saraf, otak memiliki banyak fungsi penting. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Organ ini mengontrol semua yang terjadi di tubuh, seperti pikiran, ingatan, ucapan, perasaan, penglihatan, pendengaran, gerakan lengan dan kaki, serta fungsi organ di dalam tubuh lainnya, termasuk detak jantung dan pernapasan.

Berbicara mengenai otak, setidaknya ada lima fakta menarik tentang otak yang jarang diketahui orang banyak. Apa saja? Berikut ini rangkumannya dikutip dari tayangan Hidup Sehat Plus tvOne, Rabu 10 Januari 2024.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

5. Berat otak manusia 

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Berat otak manusia sekitar 1,5kg dengan sel-sel neuron yang mencapai 100 miliar hingga 100 triliun. Dengan sel-sel neuron tersebut otak manusia bisa menghatarkan triliunan sinyal pada tubuh. Oleh karena itu, sel-sel neuron bisa diibaratkan sebagai chip komputer  lantaran menjadi pusat terpenting

4. Pertumbuhan otak manusia

Pertumbuhan otak manusia berhenti  pada usia 18 tahun. Meski berhenti tumbuh, otak manusia tetap berkembang hingga 69 tahun. Sebuah penelitian menunjukkan masih terdeteksinya perubahan pada otak, terutama pada bagian otak yang menggabungkan emosi. 

3. Otak menggunakan oksigen

Otak menggunakan 20 persen oksigen dari total oksigen dalam tubuh. Hal ini terjadi karena sel neuron pada otak harus mendapatkan oksigen secara terus menerus agar bisa bekerja secara maksimal. Oleh karena itu perbanyak oksigen dengan tidak merokok, tidur yang cukup dan rajin berolahraga.

2. Otak terdapat banyak lemak

Otak merupakan bagian organ dalam tubuh yang paling banyak memiliki lemak. Lemak yang ada di otak bisa diubah menjadi energi. Selain diubah menjadi energi, lemak pada otak berfungsi pertajamkan mental sekaligus melindungi peradangan saraf pada otak.

1. Otak dapat hidup 4-6 menit tanpa okisgen

Otak dapat hidup tanpa oksigen selama 4-6 menit. Bila tidak mendapat suplay oksigen selama 10 menit otak alami kerusakan permanen. Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat bisa tingkatkan jumlah oksigen dalam otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya