20 Organisasi Profesi Akan Somasi Menkes Terawan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Tidak kurang dari 20 Organisasi Profesi dan Kolegium telah memberikan Kuasa kepada Advokat Muhammad Luthfie Hakim untuk mengajukan Hak Uji Materiil terhadap Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pelayanan Radiologi Klinik (PMK 24/2020). Ini dilakukan, lantaran dianggap menyulitkan tenaga medis melakukan pelayanan radiologi seperti USG.

Muncul di Debat Terakhir Capres, Nusron-TKN: Pak Terawan Dukung Prabowo-Gibran

Langkah pemberian kuasa ini ditempuh setelah sebelumnya Pimpinan Organisasi Profesi dan Kolegium tersebut menyampaikan Surat Permohonan Pencabutan PMK 24/2020 kepada Menteri Kesehatan antara lain melalui surat tanggal 5 Oktober 2020, namun hingga hari ini tidak ada jawaban sama sekali dari Menteri Kesehatan. 

Baca Juga: Bikin Resah, PDGI Tolak Permenkes Soal Pelayanan Radiologi Klinik

Terawan hingga Eks KSAD Dudung Hadir jadi Pendukung Prabowo di Debat Pamungkas

Dr. Muhammad Luthfie Hakim, S.H., M.H., bersama rekan-rekan Advokat lainnya telah membentuk Koalisi Advokat untuk Hak Uji Materiil PMK 24/2020 (Koalisi  Advokat). Di antaranya, 10 Rekan Advokat bergelar Doktor Ilmu Hukum, telah mempelajari dengan teliti PMK 24/2020 dan menilainya penuh kejanggalan dan pertentangan dengan UU Praktik Kedokteran dan perundang-undangan lainnya.

"Di samping sangat menyayangkan penerbitannya karena telah menimbulkan kegaduhan bahkan cenderung perpecahan di kalangan profesional dokter di saat kondisi negeri kita yang tengah menghadapi pandemi COVID-19 sungguh sangat memerlukan kerja sama yang erat dan saling mendukung antar sesama teman sejawat profesi dokter dengan kompetensi masing-masing," ujar Muhammad Luthfie dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Ledakan Terjadi di RS Eka Hospital BSD, Layanan Kesehatan Berjalan Normal

Selain itu, PMK 24/2020 sarat dengan isu abuse of power mengingat Menteri Kesehatan selaku dokter spesialis radiologi dinilai oleh kalangan profesional dokter dan dokter gigi lebih mengutamakan teman sejawat 
sesama dokter spesialis radiologi daripada teman sejawat lainnya pada pelayanan medis yang menggunakan peralatan dengan modalitas radiasi pengion dan non pengion sebagaimana diatur dalam PMK 24/2020.

Somasi kepada Menteri Kesehatan segera akan dilayangkan dalam waktu tidak terlalu lama. Apabila somasi tersebut juga tidak dijawab atau diindahkan oleh Menteri Kesehatan maka dengan terpaksa akan dilakukan upaya hukum Permohonan Hak Uji Materiil ke Mahkamah Agung agar PMK 24/2020 a quo dinyatakan tidak sah.

"Atau tidak berlaku untuk umum serta memerintahkan Menteri Kesehatan segera mencabutnya," lanjutnya.

Sebelumnya, dalam PMK 24/2020 dianggap menyulitkan rekan dokter lain, salah satunya spesialis kandungan untuk menggunakan USG saat memeriksa pasien. Padahal, USG berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu dan janin di kandungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya