Manfaat Konsumsi Makanan Pedas, Panjang Umur Hingga Lawan Kanker

Makanan pedas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan pedas. Namun, tak sedikit yang melarang mengonsumsinya karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan jika berlebihan mengonsumsinya.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sebenarnya, jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat, makanan pedas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut di antaranya, dikutip dari Healthline.

Umur panjang

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Mengonsumsi makanan pedas selama 6 atau 7 hari seminggu, atau sekali sehari, dapat menurunkan angka kematian sebesar 14 persen, demikian menurut sebuah studi besar pada 2015 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Harvard dan China.

Baca juga: Jari Kaki Alami Memar Keunguan? Hati-hati Tanda Corona

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Mempercepat metabolisme

Data dari berbagai penelitian menunjukkan, rempah-rempah tertentu, seperti jintan, kayu manis, kunyit, paprika dan cabai, dapat meningkatkan laju istirahat metabolisme dan memperlambat nafsu makan. Satu studi juga menemukan bahwa kunyit menekan pertumbuhan jaringan lemak pada tikus.

Memerangi peradangan

Kurkumin, senyawa dalam kunyit, dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Dalam pengobatan Ayurveda, sifat anti inflamasi pada jahe dan bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, seperti radang sendi, gangguan autoimun, bahkan sakit kepala dan mual.

Melawan sel kanker

Capsaicin, komponen aktif pada cabai, terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sebuah studi UCLA menemukan, capsaicin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus sambil membiarkan sel sehat tidak terluka.

Membunuh bakteri

Jintan dan kunyit, terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Ini berarti keduanya dapat digunakan untuk melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Di sisi lain, Asean Spicy Challenge yang telah dikompetisikan di semua negara Asean, digelar untuk menantang Amigos (sebutan penggemar Mister Potato) di semua Negara Asean, untuk berlomba paling cepat menyantap Mister Potato Daebak Ghost Pepper. 

Setelah sukses mengadakan Asean Spicy Challenge dan melihat antusiasme yang tinggi dari pecinta pedas di Indonesia, Brand Manager Mister Potato, Soraya Berliana Octavia, menggelar event serupa berskala nasional. 

Kompetisi ini turut menggandeng Tanboykun selaku influencer kuliner pedas di Indonesia, yang menantang masyarakat Indonesia untuk mengalahkannya dalam dua cara. 

Pertama, mengalahkan skornya dalam menyantap pedasnya Mister Potato Ghost Pepper di bawah 27 detik. Kedua, mengalahkan skornya melakukan mukbang lima kaleng Mister Potato Daebak Ghost Pepper, yang dimakan berbarengan dengan makanan apa saja. 

Kompetisi ini telah berjalan dan akan berakhir hingga akhir Desember 2020. Informasi lengkapnya bisa dilihat di Instagram @misterpotato_id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya