Dari Warna Feses Bisa Tahu Kondisi Kesehatan Anda

Ilustrasi toilet duduk
Sumber :
  • Instagram/Toto Indonesia

VIVA – feses" target="_blank">Feses merupakan sisa metabolisme dan sistem pencernaan. Feses sendiri memiliki bentuk dan warna yang berbesa-beda. Namun umumnya feses berwarna cokelat muda hingga coklat tua dan berbentuk sedikit padat.  

Memperingati Hari Jamu Nasional, Simak 5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh

Dijelaskan oleh ahli gastroenterologi dari NorthShore University HelathSystem di Glenview, Illinois, Monica Borkar, MD, warna feses itu berasal dari zat empedu yang dikeluarkan hati ke dalam saluran gastrointestinal (GI), yang warnanya mulai dari kuning tua hingga oranye terang. 

"Saat berinteraksi dengan isi sistem pencernaan Anda (apa yang Anda makan), ia berubah warna, dan keluar menjadi coklat," jelas Dr. Borkar.

Fakta Ajaib Jeruk Nipis: Bikin Sehat Jantung, Kolesterol Terkendali

Baca juga: Viral Wanita Berhijab Mirip Barbie Makan Nasi Kuning, Bikin Salfok

Namun tidak hanya coklat saja feses juga memiliki warna yang berbeda-beda. Hal ini penting Anda perhatikan, sebab warna feses dapat menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Apa saja? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari laman Livestrong. 

RS Puri Indah Hadirkan Teknologi CT Scan Canggih untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung

Hijau

Feses berwarna hijau kemungkinan besar disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Mulai dari bayam, jell-O hijau, es krim berwarna biru-hijau (atau apapun yang mengandung pewarna), licorice hitam dan kacang jeli hitam adalah penyebabnya, kata Dr. Borkar. Warna feses Anda akan kembali normal setelah makanan melewati sistem Anda.

Kuning

Jika Anda mengalami diare, feses Anda mungkin tampak berwarna kuning atau kehijauan, kata Jacqueline Wolf, MD, seorang ahli gastroenterologi di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston.  

Feses menjadu kuning mungkin juga disebabkan oleh kelebihan lemak dalam makanan yang Anda konsumsi dan bisa menjadi efek samping pencernaan dari diet rendah karbohidrat seperti keto.

Baca juga: Ini Penyebab Banyak Orangtua Berikan Kental Manis untuk Anak

Biru

Sekali lagi, warna feses itu bergantung pada apa yang Anda makan. Blueberry adalah penyebab utama feses berwarna biru tua yang hampir terlihat hitam, kata Dr.Wolf.

Merah

Feses berwarna merah juga bisa disebabkan karena mengonsumsi sejumlah makanan seperti bit, Jell-O merah atau minuman olahraga merah, kata Dr. Wolf. Tetapi feses berwarna merah juga bisa terjadi lantaran darah dari wasir atau luka di anus karena sembelit.

Namun, feses merah juga memiliki penyebab yang lebih mengkhawatirkan, seperti pendarahan dari bagian bawah usus besar Anda. Darah di feses Anda juga merupakan gejala untuk kanker kolorektal;  Gejala tambahan termasuk perubahan kebiasaan buang air besar (seperti diare atau sembelit) yang berlangsung selama lebih dari beberapa hari, kram atau sakit perut dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan, menurut American Cancer Society (ACS).

Merah tua

Warna merah yang lebih gelap juga bisa berasal dari pendarahan di saluran pencernaan, terutama di mana usus besar bergabung dengan usus kecil, kata Dr. Wolf.  

Kanker usus besar, divertikulosis, radang usus besar dan peradangan di usus besar dapat berkontribusi pada warna merah maroon ini.  Hubungi dokter Anda jika feses berwarna maroon atau merah tua.

Hitam

Feses berwarna hitam terkadang tidak berbahaya. Bisa saja karena Anda mengkonsumsi Pepto-Bismol dapat mengubah warna tinja menjadi sangat gelap, seperti halnya suplementasi zat besi atau makan banyak blueberry, kata Dr. Wolf.  Ini adalah hal-hal yang harus Anda beri tahukan kepada dokter Anda sehingga dia dapat mengevaluasi Anda dengan benar.

"Kotoran hitam juga bisa berarti pendarahan dari kerongkongan, lambung atau usus kecil," kata Dr. Borkar.  

Dia melanjutkan feses hitam itu bisa disebabkan oleh tukak lambung atau (jarang) tumor di saluran pencernaan bagian atas. 

"Feses menjadi hitam karena darah melewati saluran GI dan dipecah oleh enzim pencernaan," jelasnya.

7. Coklat tanah liat, Pucat atau Putih

Konon, kotoran berwarna tanah liat juga bisa menjadi indikasi penyumbatan di hati atau saluran empedu, kata Dr. Borkar.

Batu empedu atau tumor di pankreas Anda dapat menyumbat saluran ini.  Hubungi dokter segera untuk kotoran berwarna terang yang tidak biasa, terutama jika Anda mengalami nyeri yang mengindikasikan sesuatu seperti saluran empedu yang tersumbat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya