Tips Membekukan Makanan Agar Tidak Cepat Busuk

Supaya tidak keracunan, ketahui cara menyimpan dan mengawetkan makanan beku yang benar
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada berbagai cara untuk membuat makanan agar lebih tahan lama dan bisa dikonsumsi kemudian hari. Salah satunya adalah dengan membekukan makanan dan menyimpannya di dalam freezer

Studi Baru: Makanan Ultra-Olahan Berpotensi Tingkatkan Lebih dari 30 Masalah Kesehatan

Dengan membekukan makanan tentu akan untuk memperpanjang masa simpannya. Hal ini lantaran membekukan makanan dapat mengurangi laju pertumbuhan bakteri pada makanan yang bisa menyebabkan makanan menjadi cepat busuk.

Membekukan makanan sendiri bukan pekerjaan yang sulit, namun perlu ketelitian agar makanan tersebut tidak rusak. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membekukan makanan. 

3 Tips Memilih Makanan Beku yang Sehat

Berikut ini beberapa tips dan trik untuk membekukan makanan seperti yang dilansir dari laman Reader Digest

1. Gunakan termometer untuk memantau freezer Anda.  Untuk kualitas optimal, seharusnya suhu frezzer berada pada -17 derajat celsius. 

Sandiaga Uno Anugerahi 18 UMKM Penghargaan 'eKuliner Awards 2022'

2. Dinginkan makanan dengan cepat dan merata sebelum membekukan.

3. Jika Anda tidak yakin sesuatu akan membeku dengan baik, cobalah dalam jumlah kecil terlebih dahulu.  Setelah dicairkan dan dipanaskan kembali, putuskan apakah kualitasnya sesuai dengan standar Anda.

4. Bumbui sedikit makanan Anda sebelum dibekukan dan tambahkan lagi nanti jika perlu.  Rempah-rempah berubah rasa selama penyimpanan freezer.

5. Penuhi dua pertiga kulkas dengan makanan untuk efisiensi energi.

6. Sisakan ruang di sekitar setiap makanan yang dibekukan agar udara dapat bersirkulasi.

7. Kelola jumlah sehingga apa pun yang ditempatkan dalam freezer akan membeku dalam waktu 24 jam. Menambahkan banyak makanan sekaligus dapat memperpanjang waktu beku makanan. 

8. Simpan kacang, tepung, dan jus di pintu karena sering dibuka.  Simpan bagian freezer yang lebih dingin untuk makanan lain.

9. Bekukan buah-buahan dan sayuran. 

Selain itu, pastikan juga Anda mencairkan makanan dengan aman. Jika Anda akan mengeluarkan sesuatu dari freezer?  Ada tiga metode yang aman untuk mencairkan makanan beku.  

1. Kulkas

Mengeluarkan makanan beku dari kulkas adalah metode yang paling aman dan paling ribet, tetapi juga paling lambat, jadi rencanakan terlebih dahulu. Barang-barang kecil seperti satu pon defrost daging sapi semalam.  Sebagian besar barang membutuhkan waktu satu atau dua hari.  

Untuk daging sapi kecil dan daging babi panggang, biarkan selama 3 hingga 5 jam per pon daging; untuk pemotongan yang lebih besar, tunggu 5 hingga 7 jam. Sedangkan untuk seekor kalkun utuh akan memakan waktu 24 jam untuk setiap 4 hingga 5 pon.

2. Air dingin

Jenis pencairan es ini membutuhkan waktu lebih sedikit daripada lemari es tetapi lebih banyak yang perlu diperhatikan.  Tempatkan makanan di kantong penyimpanan plastik kedap air;  Tempatkan plastik itu di air dingin.  Ganti air setiap 30 menit sampai makanan mencair.

3. Microwave

Pencairan es dalam microwave cocok untuk mencairkan barang-barang kecil di menit terakhir.  Buka bungkus makanan dan letakkan di piring yang aman untuk microwave.  Masak makanan segera setelah pencairan.

Berikut ini masa simpan makanan dalam kulkas atau freezer: 

- Sup & Rebusan 2-3 bulan
- Bacon mentah 1 bulan
- Steak mentah 6-12 bulan
- Daging Sapi Giling 4 bulan
- Potongan Ayam yang telah dimasak 4 bulan
- Potongan Ayam mentah 9 bulan
- Ayam utuh 12 bulan
- Ikan yang telah dimasak 4-6 bulan
- Udang yang telah dimasak 3 bulan
- Es Krim 2 bulan
- Keju keras atau lembut 6 bulan
- Mentega 6-9 bulan
- Sayuran Beku 8 bulan
- Cheese cake 2-3 bulan
- Roti Panggang  2-3 bulan
- Roti Ragi atau Roti 3-6 bulan
- Cookies Panggang 8-12 bulan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya