Jangan Asal Pilih, Makanan Beku Ini Picu Hipertensi dan Diabetes

Makanan beku atau frozen food
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Makanan beku menjadi salah satu alternatif asupan yang kerap dicari, terutama di masa pandemi untuk mempermudah proses memasak dan dapat disimpan tahan lama. Sayangnya, banyak yang tak memahami bahwa ssbagian jenis makanan beku dapat berbahaya bagi kesehatan.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dikutip dari laman The Sun, The American Heart Association (AHA) merekomendasikan tidak lebih dari 2.300 miligram natrium per hari, tetapi dan batas ideal tidak lebih dari 1.500 mg per hari untuk kebanyakan orang dewasa, terutama mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. 

Natrium picu hipertensi

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Ahli diet terdaftar Angela L. Lago, juga dikenal sebagai “The Mental Wellness Dietitian,” mengatakan garam, gula, dan lemak tidak sehat menjadi perhatian utama dari pemilihan jenis makanan.

"Tidak hanya makanan yang mengandung kelebihan nutrisi inflamasi ini, mereka juga merupakan pendorong utama obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes," katanya.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Masyarakat harus memilih produk makanan beku dengan sedikit garam, gula, dan lemak trans. Alternatif yang lebih baik adalah makanan yang terutama dibuat dengan biji-bijian daripada biji-bijian olahan bersama dengan potongan protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Sayangnya, banyak makanan olahan beku juga sarat dengan pengawet dan warna serta rasa buatan.

Ilustrasi Makanan Beku

Photo :
  • Pixabay/pexels

Makanan beku yang harus dihindari

AHA melaporkan bahwa masyarakat mengkonsumsi hingga 75 persen natrium mereka dari makanan olahan seperti sup, saus tomat, bumbu dan makanan kaleng. Tercatat juga bahwa pizza beku dan pizza gulung adalah sumber natrium tinggi. Pai pot beku dan favorit banyak orang seperti jagung beku dan kentang goreng beku juga ada dalam daftar produk yang harus dihindari.

"Sementara pai beku dapat memberi kita kenyamanan, ini adalah salah satu makanan beku dengan kalori dan lemak tertinggi," ujar Allison Tallman, ahli diet terdaftar di SportingSmiles.com.

Barang-barang seperti corn dog tidak hanya memiliki daging olahan, tetapi juga dilapisi dengan adonan manis sebelum dijadikan teman dan kemudian dibekukan. Janet Coleman, ahli diet terdaftar dari TheConsumerMag.com, mengatakan bahwa kentang goreng juga mengandung banyak lemak dan kalori. Calzones beku, menurut laporan itu, memiliki sekitar 1.700 mg sodium dalam satu porsi.

Karbohidrat

Photo :
  • Times of India

Meskipun tidak mengandung banyak garam, kue-kue pemanggang roti beku dan makanan yang dipanggang dikemas dengan karbohidrat dan gula yang diproses tinggi.

“Makanan panggang beku, seperti gulungan kayu manis, biskuit, wafel, dan makanan penutup sarat dengan garam, gula, dan lemak,” kata Lago dalam laporan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya