Ternyata Kacang Pistacio Bisa Turunkan Berat Badan

Berat badan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan sebagai camilan saat menjalani diet. Selain sehat dan renyah, kacang-kacangan diketahui dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah Anda mengunyah snack berkalori tinggi. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk program diet antara lain kacang kenari, almond, dan kacang mete. Namun tidak hanya itu saja, kacang, pistacio ternyata juga baik untuk dikonsumsi selama program diet Anda. Kenapa? 

Dilansir dari laman Times of India, pistacio tidak hanya bergizi, tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan lantaran rendah kalori yakni 3 kalori per satu buah, dan tinggi kandungan protein.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Pistacio kaya serat dan protein, yang keduanya meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda makan lebih sedikit.  Berdasarkan studi program penurunan berat badan selama 12 minggu, yang melibatkan sejumlah relawan.

Dalam studi itu, indeks massa tubuh sukarelawan yang makan 53 gram pistacio per hari di antara waktu makan mengalami penurunan berat badan dua kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang makan 56 gram pretzel per hari.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Studi lain yang dilakukan pada orang gemuk menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 20 persen kalori dari pistacio mampu kehilangan 1,5 cm lebih banyak lemak dari lingkar pinggangnya dibandingkan mereka yang tidak makan pistacio.

Selain itu, diketahui kacang pistacio mengandung lemak sehat dan merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan yang baik.

Pistacio juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah tinggi, yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk regulasi gula darah dan pembentukan hemoglobin. 

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada pistacio juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Untuk mengonsumsi pistacio ini dapat dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Anda bisa meletakkannya di atas salad, yoghurt, atau smoothie untuk memberikan sensasi crunchy pada makanan Anda. 

Untuk jenisnya pilihlah pistacio tanpa garam dan konsumsi kacang ini sebagai camilan sore hari. Segenggam pistacio sudah cukup untuk meredakan rasa lapar tengah hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya