7 Cara Sarapan Ini Bikin Berat Badan Bertambah 

Sarapan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sebagian besar penelitian menyatakan bahwa sarapan adalah makanan terpenting hari itu dan seseorang pasti tidak boleh melewatkan sarapan, terutama ketika mereka sedang dalam perjalanan penurunan berat badan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Dikatakan bahwa sarapan sehat yang sehat memberi energi untuk memulai hari dan meningkatkan metabolisme Anda. Tetapi ada cara tertentu makanan favorit hari ini dapat menjadi kebalikan dari apa yang seharusnya. Sarapan bisa membuat Anda bertambah gemuk.

Membuat beberapa kesalahan saat sarapan dapat menghambat tujuan penurunan berat badan. Berikut ini tujuh cara sarapan yang tidak membantu menurunkan berat badan dilansir dari Times of India:

Perubahan Penampilan Virgoun Bikin Netizen Pangling: Kurusan

Tidak memasukkan protein dalam sarapan

Saat dalam perjalanan penurunan berat badan, seseorang harus memasukkan protein dalam semua makanan mereka. Melewatkan protein saat sarapan bisa memicu konsumsi kalori berlebih nantinya.

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Protein membantu dengan membuat kenyang dan menghentikan Anda dari makan berlebihan. 
Tambahkan beberapa jenis protein tanpa lemak dalam sarapan Anda seperti pisang dengan mentega kacang, semangkuk sereal dengan beberapa telur rebus.

Makan makanan manis

Photo :
  • U-Report

Tepat setelah bangun tidur, seseorang harus mencoba untuk tidak makan apapun dengan gula tinggi atau lemak jenuh karena dapat memengaruhi hati. Dianjurkan untuk memasukkan makanan utuh untuk meningkatkan metabolisme dan menjaga tingkat energi agar tetap stabil.

Hanya makan karbohidrat

Sarapan yang sebagian besar mengandung karbohidrat dapat membuat Anda kelaparan dalam waktu singkat. Terlalu banyak karbohidrat juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Sarapan harus merupakan campuran yang tepat dari semua nutrisi termasuk karbohidrat, protein, serat, dan lemak.

Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan bisa membuat Anda makan berlebihan saat makan siang dan makan malam, yang pada akhirnya bisa membuat berat badan bertambah. Jika Anda tidak terlalu lapar di pagi hari atau tidak punya waktu untuk sarapan yang layak, Anda dapat memilih camilan seperti apel dengan susu atau telur rebus. 

Yang terbaik adalah menyiapkan sarapan Anda sehari sebelumnya sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkannya keesokan paginya.

Tidak makan makanan yang seimbang

Hanya makan satu jenis sarapan juga bisa menyebabkan penambahan berat badan. Misalnya, jika hanya menyantap wafel saat sarapan, Anda akan kehilangan protein dan serat. 

Makan dengan keseimbangan yang baik dari semua nutrisi termasuk protein, serat, karbohidrat dan lemak akan membuat Anda kenyang sampai waktu makan siang. Anda bisa makan roti gandum dengan topping alpukat, pisang, kacang-kacangan dan susu untuk sarapan seimbang.

Hanya makan sereal

Photo :
  • commons.wikimedia.org

Kebanyakan sereal kemasan memiliki biji-bijian olahan dan gula tambahan, yang membuatnya sangat tidak sehat. Mereka memiliki nutrisi buatan dan gula di dalamnya memberi Anda ledakan energi, yang akan segera rusak sampai Anda memasangkannya dengan lemak dan protein yang sehat.

Makan terlalu cepat

Ketika Anda makan sangat cepat, tubuh  tidak dapat mengetahui kapan Anda kenyang dan akhirnya makan berlebihan. Karenanya, makan dengan penuh perhatian dan perlahan sangat penting untuk tujuan penurunan berat badan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya