7 Penyakit Ini Terbukti Lebih Mematikan Daripada COVID-19

Virus mematikan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – COVID-19 adalah krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan proporsi menyedihkan yang tidak dilihat oleh siapa pun dan terbukti menjadi sorotan menakutkan di tahun 2020.

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

Dari jutaan korban, kematian, dan dampak yang tidak menguntungkan pada sektor kehidupan lain- wabah virus korona baru adalah salah satu pandemi terbesar yang pernah ada di dunia. Bahkan dengan drive vaksinasi dimulai, beberapa khawatir bahwa virus mungkin tidak akan pernah benar-benar hilang.

Namun, jika ada, pandemi juga memberi kita beberapa pelajaran untuk dipelajari - bagaimana melakukannya, dan bagaimana tidak menangani infeksi dengan proporsi seperti itu. Seperti yang dikatakan para ahli, COVID-19 bukanlah pandemi pertama atau terakhir yang kita lihat.

Indonesia Penyumbang Kasus TBC Terbesar Kedua Setelah India, Miris!

Sementara gelombang virus terus berkurang secara bertahap, ahli epidemiologi dan ahli medis menarik perhatian kita terhadap beberapa penyakit dan infeksi serius lainnya, yang dapat berubah menjadi pandemi besar berikutnya jika langkah-langkah pencegahan tidak diambil tepat waktu.

Berikut ini menurut para ahli yang dilansir dari Times of India, beberapa ancaman biologis dan kesehatan terbesar yang berisiko dihadapi dunia:

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Ebola

Virus ebola

Photo :
  • Times of India
Wabah Ebola terbaru dianggap yang paling mematikan. Namun, banyak yang takut bahwa yang terburuk mungkin bukanlah ketakutan yang sesungguhnya.

Ebola, yang menyebar melalui penularan cairan tubuh dan membuat petugas kesehatan berisiko tinggi juga tidak lebih baik daripada sebelumnya. Menurut statistik terbaru, lebih dari 3.400 kasus dan 2.270 kematian telah dilaporkan. Vaksin untuk mencegah Ebola baru disetujui untuk digunakan pada Januari 2020 dan belum diluncurkan secara luas.

Jika langkah-langkah tidak diambil, Ebola dapat berubah menjadi pandemi yang tak terhindarkan yang dapat berakibat sangat menakutkan.

Demam lassa

Demam lassa adalah infeksi virus yang menyebabkan gejala penyakit hemoragik.
Penyakit ini sangat mematikan, di mana setiap 1 dari 5 orang yang terjangkit demam Lassa mengalami komplikasi yang mengancam jiwa di hati, limpa dan ginjal.

Demam lassa juga lebih mudah menyebar karena mudah menular melalui benda-benda rumah tangga yang terkontaminasi, urine, feses, transfusi darah.

Penyakit yang berasal dari Afrika ini diketahui menyebabkan wabah yang lebih mematikan, berulang di alam, dan memiliki konsekuensi jangka panjang, termasuk gangguan pendengaran.Penyakit ini masih merajalela, merenggut ratusan nyawa di Afrika dan belum ada vaksin.

Virus marburg

Satu-satunya penyakit yang berhasil diatasi, Penyakit Virus Marburg juga menjadi pandemi mematikan.Dikenal terkait dengan keluarga virus yang menyebabkan Ebola, Virus Marburg dapat sangat menular dan menyebar bahkan dengan menyentuh pasien, hidup atau mati.

Penyakit yang membawa kematian 88% menakutkan itu merenggut nyawa ketiga orang yang terinfeksi dalam wabah terakhir. Dalam wabah pertama yang dilaporkan pada tahun 2005 di Uganda, lebih dari 90% orang yang terinfeksi kehilangan nyawa.

MERS-COV

Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS), infeksi menular yang terutama menyebar melalui tetesan pernapasan masih menjadi epidemi menakutkan yang dapat memicu pandemi dalam waktu singkat.

Meskipun jumlah kasus yang dilaporkan selama berbulan-bulan telah berkurang, para ilmuwan percaya bahwa kesalahan yang ceroboh dan kurangnya kebersihan pernafasan dapat memicu lonjakan kasus di seluruh dunia.

Ini juga penyakit yang terkait erat dengan SARS-COV-2 karena keduanya menyebar dengan cara yang sama. Para ilmuwan juga mencoba untuk mempelajari apakah kedua penyakit tersebut memiliki respon antibodi yang serupa di alam.

SARS

Ilustrasi Pandemi Penyakit COVID-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2

Photo :
  • U-Report

Wabah Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) milik keluarga virus yang sama dengan COVID-19. Sejak wabah pertama dilaporkan pada 2002 di China, epidemi SARS menyebar ke lebih dari 26 negara, mengakibatkan lebih dari 8000 kasus.

Dalam banyak kasus, virus SARS disamakan dengan novel coronavirus. Penyakit ini memiliki tingkat kematian yang tinggi, menunjukkan gejala yang sama, ditularkan melalui tetesan pernapasan dan tidak memiliki pengobatan atau penyembuhan yang efektif. 

Namun, COVID-19 adalah mutasi yang jauh lebih kuat, yang berarti ia membawa dampak yang jauh lebih berbahaya bagi umat manusia. Meskipun mendatangkan malapetaka jauh sebelum COVID-19 ditemukan dan ditekan sekarang, para ilmuwan percaya bahwa wabah tersebut dapat dengan mudah kembali.

Virus nipah

Virus Nipah, yang terkait erat dengan virus campak, adalah infeksi yang menyebar dengan deras di negara bagian Kerala pada tahun 2018. Walaupun wabah tersebut dapat diatasi dan dikelola dengan baik, gejala penyakit dan cara penularannya membuatnya berpotensi untuk penyebaran di masa depan. demikian juga.

Gejala infeksi yang paling umum, yang menyebar dari kelelawar ke manusia termasuk peradangan saraf, pembengkakan, sakit kepala ekstrem, muntah, pusing, dan mual.

Penyakit X

Penemuan 'Penyakit X' telah membuat dunia menjadi kacau dan dianggap sebagai pandemi yang mungkin muncul pada 2021. Menurut Jean-Jacques Muyembe, orang di balik penemuan krisis Ebola yang mematikan, dunia sedang terancam menghadapi ancaman lain.

Pocalypse- bernama 'Penyakit X', diperkirakan berasal dari hutan hujan Afrika dan mungkin mulai memakan korban seperti yang kita ketahui.

Kemungkinan penyebaran infeksi pertama kali muncul ketika seorang wanita di daerah terpencil Kongo, Afrika melaporkan gejala yang mirip dengan demam berdarah dan dinyatakan negatif untuk semua infeksi virus lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya