6 Penyebab Wanita Sulit Capai Orgasme

Menurut survei, hanya 10 persen wanita yang bisa dengan mudah mencapai orgasme.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Seksolog, dr. Haekal Anshari, M. Biomed, mengatakan, kesulitan mencapai orgasme adalah hal umum yang dialami wanita. Bahkan banyak wanita yang sudah menikah selama bertahun-tahun, belum pernah merasakan orgasme sama sekali. 

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Padahal, orgasme adalah sensasi erotis yang menyenangkan yang didapat dari suatu hubungan seksual. Dokter Haekal mengungkap, penyebabnya tidak hanya dari wanita, tapi juga dari pria. Dan sayangnya banyak pria yang tidak menyadari hal ini. 

"Penyebabnya adalah fisik maupun psikis. Pertama, faktor penyebab fisik dari pria. Biasanya pria cenderung tergesa-gesa untuk melakukan penetrasi penis ke vagina. Sedangkan si wanita belum siap karena belum terangsang optimal," ujarnya di YouTube lifestyleOne, dikutip VIVA, Jumat 8 Januari 2021. 

Tanpa Disadari Kebiasaan Ini Bikin Pria Disfungsi Ereksi Sampai Susah Orgasme

Nah, jika wanita belum terangsang dengan optimal, menurut Haekal, lubrikasi yang dihasilkan oleh vagina pun akan sedikit. Lalu, apa itu lubrikasi? 

"Lubrikasi ini semacam pelumas alami, kalau dipaksakan maka wanita akan kesakitan pada saat dipenetrasi. Akibatnya, wanita tidak dapat menikmati saat hubungan seksual dan sulit mencapai orgasme," lanjut dia. 

Menilik Deretan Cara Paling Ampuh dalam Membuat Wanita Orgasme

Faktor kedua yang membuat wanita sulit mencapai orgasme, masih dari pria. Yaitu ereksi penis pria yang tidak keras optimal. Nah, kondisi ini membuat area g-spot atau titik rangsang pada vagina wanita akan sulit untuk distimulasi dengan optimal. 

"Jadi, g-spot atau titik rangsang pada vagina ini letaknya 3 centimeter dari liang vagina. Artinya yang berperan di sini bukan ukuran penis tapi kekerasan ereksi penis. Jadi, dengan jarak yang hanya 3 Cm dari liang vagina, yang dibutuhkan di sini adalah sesuatu yang keras. Dalam hal ini, ereksi penis yang keras yang bisa menyentuh atau menstimulasi area g-spot tadi," kata dia. 

Lebih lanjut salah satu presenter Hidup Sehat tvOne itu mengatakan, penyebab ketiga lagi-lagi masih dari pria. Yaitu, kondisi pria yang mengalami ejakulasi dini. 

"Pria yang cepat keluar ini akan membuat wanita sulit mencapai orgasme," ungkapnya. 

Kemudian faktor keempat adalah posisi bercinta. Menurut Haekal, banyak posisi bercinta yang membuat wanita sulit orgasme. Dan salah satu posisi yang bisa membuat wanita mudah orgasme adalah women on top atau wanita di atas. 

"Dengan posisi ini, wanita bisa mengendalikan penetrasinya dan posisi pria di bawah membuat penis mudah menstimulasi area g-spot. Dan keuntungan buat pria adalah lebih mudah untuk mengendalikan ejakulasinya," sambung dia. 

Faktor kelima disebabkan karena wanita, yaitu vagina kering karena lubrikasi-nya sedikit. Menurut Haekal, hal ini disebabkan karena masalah hormonal. 

"Jadi, di saat usia wanita bertambah, maka hormon estrogen akan menurun. Dampaknya lubrikasi yang dihasilkan oleh vagina akan berkurang," tuturnya. 

Haekal mengungkap, ada sejumlah penyakit yang membuat lubrikasi berkurang, salah satunya penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, dan ini harus diobati ke dokter. 

"Dan penyebab terakhir adalah masalah psikis dari wanita. Stres, depresi, kemudian kejenuhan dengan pasangan, membuat wanita sulit mencapai orgasme," tutup dr. Haekal Anshari.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya