Amankah Konsumsi Telur dan Ayam Saat Flu Burung?

Flu burung
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sementara kasus virus corona atau COVID-19 terus melonjak di seluruh dunia, kita punya alasan lain untuk khawatir - munculnya flu burung.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Para ahli juga khawatir bahwa jenis infeksi saat ini, H5N1, yang dianggap paling mematikan, juga merupakan sesuatu yang dapat berubah menjadi pandemi jika tidak dikendalikan tepat waktu dan langkah-langkah pencegahan diambil.

Meskipun flu burung tahun ini bukanlah yang pertama kali kita lihat, flu burung adalah salah satu penyakit menular yang dapat dengan mudah ditularkan dari unggas ke manusia.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

 Ini juga memicu ketakutan di antara unggas dan non-vegetarian jika unggas aman untuk dimakan dan diproduksi karena strain tersebut juga dapat menginfeksi manusia. Jika Anda khawatir, berikut penjelasannya dilansir dari Times of India.

Bagaimana flu burung bisa menginfeksi manusia?

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Meskipun flu burung adalah yang paling berbahaya bagi unggas, infeksi dapat menular ke manusia melalui kotoran dan kotoran lainnya. Namun, perlu diingat bahwa flu burung tidak dapat menyebar dari manusia ke manusia. Ada kasus langka yang tercatat di seluruh dunia.

Setelah terinfeksi, manusia dapat mengalami berbagai gejala pernapasan seperti yang disebabkan oleh ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome) termasuk batuk, pilek, nyeri dada, sakit tenggorokan.

Mengingat risiko tertular flu burung saat ini semakin tinggi, ada juga kekhawatiran bahwa orang dapat terserang flu burung dengan memakan produk unggas seperti telur, atau daging burung/ayam itu sendiri.

Bisakah tertular flu burung dengan mengonsumsi telur dan unggas?

Secara ilmiah, hanya ada sedikit bukti yang mendukung fakta bahwa flu burung dapat menyebar ke orang sehat melalui produk seperti telur dan daging. Semua bahan makanan, telur atau daging burung yang dicuci dan dimasak sampai matang aman untuk dimakan dan tidak bertindak sebagai pembawa virus.

Hal yang sama juga telah dibuktikan oleh WHO. Kapanpun daging atau produk unggas terpapar panas, ia membunuh semua kuman, patogen atau virus yang mungkin ada di permukaan (atau bahkan di bawahnya).

Oleh karena itu, memasak produk Anda secara menyeluruh membuatnya lebih aman untuk digunakan. Ini juga merupakan langkah pencegahan yang harus diambil orang sebelum mengonsumsi semua jenis makanan non-vegetarian.

Menurut para ahli, memasak dengan suhu hingga 70 derajat celsius yang menjangkau seluruh bagian produk atau daging bagus untuk membunuh kuman. Tergantung pada produknya, langkah tambahan dari produk perebusan juga dapat dilakukan.

WHO, dalam anjuran sebelumnya juga menyarankan agar orang-orang mempraktikkan cara higienis yang aman sebelum membeli atau memasak produk apa pun, dan memastikan untuk mengambil bahan-bahan dari tempat-tempat organik yang tepercaya.

Daging yang disembelih atau penanganan unggas yang mati atau sakit sebelum dimasak adalah tindakan yang paling berisiko saat ini.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB juga merekomendasikan bahwa salah satu cara terbaik untuk meminimalkan risiko infeksi  adalah dengan menjauhkan unggas yang terinfeksi dari rantai makanan di semua tingkatan - yang memastikan Anda mendapatkan produk dari sumber yang asli dan tepercaya.

Haruskah mencuci telur dan ayam sebelum digunakan?

Sementara banyak yang merasa mencuci produk di bawah air mengalir akan membasuh bakteri dan kuman, mungkin tidak demikian.

Cara yang lebih baik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan handuk kertas yang lembut untuk menghilangkan lendir dan kemudian memasaknya secara menyeluruh di bawah suhu yang sesuai.

Meskipun memasak membunuh kuman, Jika Anda pergi ke restoran untuk makan, atau memesan, coba dan minta pemeriksaan kualitas terlebih dahulu. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk tetap aman adalah dengan menerapkan tindakan yang baik sendiri dan makan makanan rumahan, sebanyak mungkin.

Misalnya, saat memasak telur, pastikan kuning telur mengeras dan hindari makan telur encer selama wabah. Terakhir, ingatlah bahwa kita sudah berada di tengah pandemi yang menyebar luas.

Cuci tangan Anda dengan sabun dan air berkualitas baik selama 20-30 detik sebelum dan sesudah memasak. Selama Anda mengikuti kebersihan tangan dengan baik, menjaga sumber produk Anda dan memasaknya dengan baik, tidak ada alasan untuk khawatir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya