3 Resep Ramuan Herbal Manjur Obati Wasir

Ilustrasi gaya hidup sedentari/sakit pinggang/wasir.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA – Wasir atau ambeien menjadi salah satu permasalahan yang kerap menimpa masyarakat. Bukan saja karena pola makan yang minim serat, tapi juga kurang gerak hingga memicu obesitas membuat rentan terhadap kondisi wasir.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Pakar herbal dr. Muthaharrah M.Si menyebut bahwa wasir terdiri dari dua jenis yakni internal dan eksternal. Pada eksternal biasanya tampak dari luar. Sementara internal, terbagi lagi pada empat tahapan.

"Pertama, hanya bercak darah tapi enggak ada benjolan. Tahap kedua ada benjolan yang tampak keluar dan bisa masuk sendiri. Tahap tiga, benjolan bisa keluar dan bisa dimasukan dengan cara manual. Tahap terakhir, benjolan harus diatasi dengan penanganan dokter," bebernya dalam acara Hidup Sehat, tvOne.

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

Diakuinya, penanganan wasir memang berbeda-beda pada tiap tahap. Namun untuk tahap pertama dan kedua, bisa memakai obat herbal yang mudah dijangkau. Berikut resepnya.

Daun ungu

3 Ramuan Herbal untuk Sembuhkan DBD, Bisa Dibuat di Rumah

Daun ungu bersifat penghilang nyeri. Sementara, tambahan kunyit dan temulawak untuk antiinflamasi di daerah peradangan.

Bahan:
20 gr daun ungu
5 gr kunyit
5 gr temulawak
5 gr adas
Air

Cara membuat:

Campur semua ke dalam air matang, rebus dengan api kecil. Cara lain, bisa dengan menyeduh campuran tersebut. Ini bisa diminum 3 kali sehari. Minum sebelum makan agar penyerapan makanan lebih baik.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung serat dan polisakarida. Wasir memicu perdarahan karena ada robekan, sehingga lidah buaya akan mempermudah sembuhkan luka. Sementara, serat berguna agar kotoran kita lunak sehingga tak melukai dinding rektum.

Cara membuat:

Ambil secukupnya gel putih lidah buaya. Hindari bagian gel kuning di sisi luar karena memicu diare. Lalu cuci bersih gel putihnya.

Blender hingga halus. Lalu tuang 20ml ke gelas, campur madu, dan minum 2 kali sehari sebelum makan.

Pegagan

Campuran pegagan dan daun ungu. mengandung zat aktif golongan tretinoid untuk menguatkan pembuluh darah vena sehingga mengatasi area yang bengkak. Kombinasi keduanya juga sebagai antiinflamasi dan anti nyeri.

Bahan:

3 gr pegagan
Daun ungu secukupnya
Air

Cara membuat:

Rebus dengan api kecil atau boleh diseduh dengan air mendidih. Minum satu kali sehari sebelum makan.

"Untuk mencegah wasir, sebaiknya jalani pola hidup sehat. Hindari berat berlebih karena memicu wasir. Kurangi juga angkat beban berat. Perbanyak serat dan usahakan buang air tiap hari agar teksturnya tidak keras dan melukai dinding rektum," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya