Waspada Jajan Sembarangan, Ini Ciri Makanan Mengandung Boraks

Makanan mengandung boraks di swalayan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Irwandi Arsyad

VIVA –Ragam makanan dan minuman ringan yang dijajakan di pinggir jalan, kerap mencuri perhatian. Harganya yang murah dan rasa gurih serta manis, membuat lidah ketagihan. Tapi, bahaya boraks bisa mengintai.

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

Dituturkan pakar kesehatan masyarakat, dr Eklendro Senduk, D.AAAM, M.Kes, membeli makanan alias jajan, tak boleh asal dan harus mewaspadai adanya boraks. Sebab, bahaya boraks tak main-main, dapat membahayakan organ tubuh.

"Salah satunya boraks, digunakan untuk bahan pengawet. Tidak disarankan buat makanan, bisa merusak hati dan ginjal," jelas Eklendro dalam acara Hidup Sehat, TvOne, baru-baru ini.

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Menurutnya, jajanan yang mengandung boraks dapat dilihat dengan cara sederhana. Pertama, diperhatikan secara visual dari warna yang mencolok dibanding makanan biasa.

"Misalnya malahnya lebih kenyal, lebih garing, itu kita perlu waspada. Warnanya lebih tajam dari warna biasanya, itu kita waspada. Baunya lebih menyengat dari biasanya," tuturnya lagi.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Lebih lanjut, makanan yang mengandung boraks akan tetap awet meski tak disimpan di lemari pendingin. Berbeda dengan makanan alami yang akan berubah saat disimpan lama di luar lemari pendingin. Untuk memeriksa lebih detail, dokter Eklendro membeberkan caranya.

"Makanan dicampur air mendidik 5 ml, diaduk, terus tetesin obat (reagen). Terus, ambil ke kertas kuning langsung masukin, nanti kalau kertasnya berubah berarti mengandung boraks," katanya lagi.

Tasya Kamila

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Tasya Kamila menyadari tidak bisa selalu mengawasi anak-anaknya 24 jam. Oleh sebab itu, ia punya cara tersendiri untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Bagaimana caranya?

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024