3 Tips untuk Meringankan Salah Bantal

Ilustrasi leher kaku/pegal/sakit leher/sakit punggung.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA – Salah bantal adalah ungkapan identik dengan rasa sakit di leher yang kita alami selepas bangun tidur. Rasa sakit di leher tersebut juga membuat kita sulit untuk menoleh ke kiri dan ke kanan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Secara medis, sakit salah bantal disebut muscle strain. Penggunaan bantal yang terlalu tinggi memang bisa menyebabkan nyeri leher.

Selain itu, saat tidur, leher dan kepala Anda mungkin tertahan dalam posisi yang sama untuk waktu yang cukup lama. Akibatnya, otot leher menjadi tegang saat bangun dari tidur.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Berikut ini tiga tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi salah bantal yang disampaikan dokter Ditya Dwi Ananda dikutip dari Hidup Sehat Plus tvOne, Jumat 28 Mei 2021. 

Kompres 

3 Ramuan Herbal untuk Sembuhkan DBD, Bisa Dibuat di Rumah

Kompres dengan air hangat menggunakan handuk akan membantu pelebaran pembuluh darah. Cara kompres dimulai di titik yang kaku atau nyeri di kepala leher dan pindah. Lakukan selama 15 menit.

Lakukan pemijatan ringan 

Lakukan pemijatan di titik kekakuan yang memicu nyeri. Mulai di bawah kepala, dasar tengkorak, kemudian turun dan dapat menemukan titik yang kaku dilakukan satu menit. 

Titik kedua, di antara tulang belakang dan bahu, lakukan pemijatan dengan dua atau tiga jari secara sirkular selama dua menit

Titik ketiga, di pundak kita dapat menidentifikasi antara tulang belakang dan tulang belikat, dilakukan selama dua menit

Latihan peregangan 

Latiha peregangan leher: kita dasarkan pada enam garakan leher. melakukan dengan mendongak, kedua menunduk, ketiga dan keempat adalah tolehan atau rotasi. Kelima dan keenam adalah patah kanan dan patah kiri. Jika sakit berlanjut, konsultasi dengan dokter Anda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya