10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat di Rumah Tanpa Obat

Hidung yang tersumbat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat hidung tersumbat, bernapas menjadi sebuah tantangan yang sulit dilakukan. Rasa tak nyaman yang ditimbulkan karena sulit bernapas juga bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Namun, terdapat cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan di rumah.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Hidung tersumbat terjadi ketika hidung dipenuhi oleh lendir berlebih yang menumpuk di dalamnya. Penyebab munculnya lendir ini bermacam-macam. Mulai dari peradangan di dalam hidung, alergi, flu, atau sinusitis.

Akan tetapi,  tidak perlu khawatir ketika mengalami hidung tersumbat. Sebab, Anda bisa mencoba berbagai cara untuk mengatasinya. Berikut ini VIVA rangkum 10 cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dicoba di rumah.

Mengatasi Ketakutan Anak Sebelum Sunat, Inovasi Klinik Sunat dengan Permainan dan Teknologi

Cara mengatasi hidung tersumbat

1. Membuang lendir di hidung

Cari Orang Hilang dengan Google Maps, Begini Caranya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan memastikan Anda secara rutin membuang lendir yang memenuhi hidung. Hindari menarik kembali lendir tersebut ke dalam kepala.

Namun, perlu diingat untuk tidak membuang lendir tersebut dengan tekanan kencang. Anda bisa menutup satu lubang hidung untuk membuang lendir dari lubang hidung yang tidak tertutup.

2. Gunakan humidifier

Hidung tersumbat yang disebabkan oleh demam dan flu sering kali membuat tubuh menjadi dehidrasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan humidifier untuk memberikan kelembapan udara di sekitar Anda.

Udara lembap yang didapat dari humidifier bisa membantu mengencerkan lendir di dalam hidung Anda. Tetapi, saat menggunakan humidifier, pastikan alat tersebut sudah bersih untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

3. Minum minuman hangat

Meminum minuman hangat, seperti teh hangat, memang sering kali dijadikan sebagai pereda hidung tersumbat. Bahkan, cara ini sudah dibuktikan oleh penelitian. Selain teh hangat, Anda juga bisa mengonsumsi sup ayam hangat, air putih hangat, atau campuran air lemon dan madu.

4. Gunakan kompres hangat

Mengompres bagian hidung dengan kompres hangat bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan mengurangi inflamasi dan membuka saluran pernapasan dari luar. Untuk membuat kompres hangat, Anda bisa merendam kain atau handuk kecil di air hangat.

Kemudian, peras kain tersebut dan lipat. Letakkan kain di hidung bagian atas. Perlu diingat untuk tidak mengompres terlalu lama untuk mengurangi risiko kulit terbakar.

5. Konsumsi rempah-rempah

Mengonsumsi makanan pedas merupakan cara paling umum untuk mengatasi hidung tersumbat dan membuka saluran pernapasan. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan bawang putih diketahui bisa memicu kondisi rinitis gustatori.

Selain itu, makanan pedas dan rempah bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak lendir. Walhasil, lendir yang menyumbat hidung akan mencair.

6. Gunakan semprotan cairan saline

Semprotan cairan saline bisa membantu lendir di saluran pernapasan menjadi cair. Biasanya, semprotan ini bisa dibeli secara bebas di apotek. Secara umum, semprotan cairan saline adalah semprotan yang mengandung air dan garam.

Saat menggunakan semprotan ini untuk mengatasi hidung tersumbat, pastikan Anda memahami cara memakainya dengan benar, salah satunya adalah dengan membuang lendir di dalam hidung dan menyemprotkan cairan saline dalam posisi berdiri.

7. Gunakan lebih dari satu bantal saat tidur

Biasanya, hidung tersumbat akan semakin parah di malam hari. Akibatnya, tidur menjadi sulit dan waktu istirahat pun berkurang. Solusi untuk mengatasi masalah yang satu ini saat ingin tidur adalah dengan menggunakan lebih dari satu bantal.

Anda bisa menumpuk dua bantal di bawah kepala untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, pastikan udara ruangan lembap selama Anda tidur agar lendir tidak semakin kental.

8. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga bisa menjadi solusi lainnya untuk mengatasi masalah ini. Sebab, uap yang ada di sekitar kamar mandi dan terhirup oleh Anda bisa membantu mengencerkan lendir di dalam hidung dan mengurangi peradangan.

9. Menghirup minyak kayu putih

Minyak kayu putih atau eukaliptus memang sering kali digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk hidung tersumbat. Caranya pun mudah, yakni dengan menghirup uap dari campuran minyak kayu putih yang diteteskan ke dalam air panas secara perlahan.

Nantinya, efek dari minyak kayu putih ini bisa mengurangi peradangan pada lapisan hidung, sehingga napas menjadi lebih mudah.

10. Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi

Cara mengatasi hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan memastikan kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi. Sebab, hidrasi bisa membantu mengencerkan lendir kental yang menyumbat saluran pernapasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya