Alami Luka Batin? Sembuhkan dengan 5 Metode Self Healing Ini

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA – Self healing merupakan proses penyembuhan luka batin atau luka mental yang disebabkan oleh beberapa hal. Bentuk luka batin bisa beragam, seperti merasa sangat sedih, merasa gagal, atau mencemaskan sesuatu yang membuat seseorang merasa terus depresi.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Self healing menjadi usaha yang dilakukan untuk menyembuhkan diri sendiri. Lalu, bagaimana cara self healing untuk membantu menyembuhkan luka batin? Berikut lima metode self healing yang bisa kamu terapkan.

Self healing dengan me time
Me time sangat penting untuk membuat setiap orang memikirkan diri sendiri lebih dahulu. Entah bagaimana orang lain memperlakukan kita, tetapi kita masih bisa memilih untuk bahagia.

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Meluangkan waktu untuk diri sendiri akan membuat kita merasa menjadi sosok yang lebih bermakna. Seseorang yang mengalami luka batin, sebaiknya menganggap bahwa diri sendiri adalah pusat dari segala kehidupan. Sedangkan kehadiran orang lain hanya pelengkap dalam kehidupan kita.

Berdamai dengan keadaan
Untuk melakukan penyembuhan diri, dibutuhkan ketenangan dan kedamaian. Jika tidak, luka batin tidak akan segera hilang. Kamu harus berpikir apakah baik menyalahkan keadaan atau berbagai peristiwa buruk yang kamu alami. 

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Apakah mengutuk keadaan akan membuat batin terasa tenang? Tidak. Akan jauh lebih baik kalau kita berdamai dengan keadaan. Menerima setiap keadaan yang menimpa kita adalah pelajaran hidup yang akan membuat diri kita menjadi sosok yang lebih baik di masa depan.

Meningkatkan self compassion
Self compassion yang ditingkatkan bisa membantu menghilangkan luka batin dalam diri kita. Self compassion merupakan kemampuan memahami emosi diri sendiri serta respons emosi atas hal yang tidak menyenangkan serta keinginan menolong diri sendiri. Dengan berbagai metode ini, sebagian besar orang bisa memahami diri sendiri.

Self compassion bisa membuat seseorang memaknai pengalaman yang kurang nyaman serta emosi yang berbeda. Ketidaknyamanan yang dirasakan seseorang bisa dimaknai dengan positif, jika kita bisa meningkatkan self compassion.

Caranya, dengan meningkatkan kepedulian untuk diri sendiri, berusaha tidak berlarut-larut dalam kesedihan, serta bisa merespons pengalaman buruk dengan perasaan lapang dada dan penuh kelegaan. 

Nah, untuk mengetahui dua metode self healing yang lainnya, silakan klik pada tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya