9 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Clitoria Ternatea atau Bunga Telang
Sumber :
  • Pixabay/ 632240

VIVA – Bunga telang memiliki segudang manfaat. Berikut 9 manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Bunga telang ini memiliki warna yang anggun yaitu biru. Bunga ini dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan.

Hal yang Wajib Diketahui Wanita Usai Berhubungan Badan, Daun Kelor Setara Ginseng Korea

Ekstrak tanaman ini seringkali digunakan sebagai pewarna makanan alami. Bunga telang memilki nama medis Clitoria ternatea ini, berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Manfaat bunga telang sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India. 

Manfaat bunga telang yang beraneka ragam

Heboh Bunga Telang di Tasikmalaya Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit, Jadi Rebutan Warga

Perlu diketahui bahwa bunga telang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut 9 manfaat bunga telang yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Meringankan depresi

Teh Bunga Telang Ternyata Ampuh Cegah Kanker, Begini Penjelasan Pakar

Dalam sebuah studi, para peneliti mengekstrak sekitar 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol dari bunga telang. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.

Perlu diketahui bahwa, asam linolenat merupakan asam lemak omega-3 esensial, yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Asam linolenat ini juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).

Asam palmitat merupakan senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Namun, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.

2. Meningkatkan daya ingat

Ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar asetilkolin, dalam otak tikus. Asetilkolin yaitu neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

3. Mengatasi gangguan kecemasan

Bunga telang pernah dilakukan penelitian, para peneliti berusaha untuk melihat manfaat bunga telang, jika dikonsumsi bersamaan dengan aktivitas yoga.

Hasilnya yang dirilis dalam jurnal Ancient Science of Life, sangat memuaskan. Bahkan, dalam satu sesi yoga saja, mengkonsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

4. Mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang sangat penting, karena bisa memproteksi sel sehat, di dalam tubuh. Selama ini, para peneliti berusaha untuk mencari zat antioksidan, dalam bentuk bunga atau tumbuhan, seperti dari bunga telang.

Dalam sebuah studi yang berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol yang terkandung dalam bunga telang, sangat berpotensi untuk menjadi sumber antioksidan.

Bahkan, manfaat bunga telang dipercaya bisa digunakan dalam terapi, untuk mencegah atau memperlambat penyakit degeneratif. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat bunga telang ini.

5. Menyembuhkan luka

Taukah kamu jika bunga telang bisa menyembuhkan luka. Sebab, ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles. Hasilnya, proses penyembuhan luka pada hewan percobaan ini, meningkat secara signifikan.

6. Menyehatkan jantung

Diketahui bahwa bunga telang ini dipercaya bisa mengatasi penyakit kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Hal itulah, bunga telang dipercaya mampu menyehatkan jantung.

Dalam sebuah studi pada hewan, bunga telang juga bisa menurunkan kadar trigliserida yang cukup signifikan. Bahkan, jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL), justru mengalami peningkatan.

7. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak yang menyehatkan ini, ditemukan pada minyak zaitun.

Namun beberapa studi menyatakan bahwa asam oleat mampu mengurangi peradangan, dan memiliki efek positif, untuk mengurangi risiko terkena kanker.

8. Mengatasi gejala diabetes

Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, dibuktikan bahwa kembang telang dapat mengontrol penyerapan gula dalam darah, sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah pada pasien diabetes.

Meski telah dilakukan penelitian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kembang telang dalam mengatasi gejala diabetes.

9. Membantu mengatasi asma

Menurut penelitian, ekstrak bunga telang dapat membantu mengatasi asma dan bronkitis. Kemampuan tanaman ini untuk mengatasi asma karena kandungan antioksidan dan antiasthmatic yang terdapat pada bunga telang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya