Heboh Bunga Telang di Tasikmalaya Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit, Jadi Rebutan Warga

Bunga telang.
Sumber :
  • VIVA/Denden Ahdani (Tasikmalaya)

VIVA Lifestyle – Masyarakat di Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya dibuat heboh dengan khasiat bunga telang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bagaimana tidak, puluhan warga di desa itu yang sudah mengidap penyakit sejak lama dan tak bisa disembuhkan dengan cara medis, saat ini bisa sembuh dengan rutin meminum rebusan air bunga telang tersebut.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Kepala Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Asep Nandang mengatakan, awalnya ada seorang warganya yang membawa bibit tanaman bunga telang ini dari Jakarta. Kemudian, warganya berniat menanam bunga itu sengaja untuk dijadikan obat, terutama untuk suaminya yang mengidap penyakit hipertensi. Sebab, berbekal informasi dari internet bunga itu bisa menyembuhkan berbagai penyakit dengan cara diseduh dengan menggunakan air panas. Setelah mencoba meminum rebusan bunga itu, ternyata suaminya yang sebelumnya mengidap penyakit hipertensi bisa sembuh.

"Awalnya salah satu warga kami mengambil bibit tanaman telang ini dari Jakarta. Karena ada informasi dari internet, kebetulan juga suaminya mempunyai riwayat penyakit hipertensi dan alhamdulillah hasilnya baik," kata Kepala Desa Sukaraja, Asep Nandang, Sabtu 11 Maret 2023.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Bunga telang di Tasikmalaya ramai dipetik warga.

Photo :
  • VIVA/Denden Ahdani (Tasikmalaya)

Usai adanya informasi warga yang mengidap penyakit hipertensi bisa sembuh dengan meminum rebusan bunga telang tersebut, akhirnya banyak warga yang mencoba dan hasilnya pun baik. Bahkan, ada warga yang sudah beberapa kali berobat secara medis tak kunjung ada perkembangan. Namun, setelah meminum rebusan air dari bunga telang ini, warga tersebut bisa sembuh.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"Setelah adanya informasi suaminya bisa sembuh, banyak warga yang mencoba. Katanya udah beberapa kali ke dokter, ke puskesmas juga tidak sembuh, alhamdulillah dengan tanaman ini bisa menyembuhkan jenis penyakit apapun," ucap Asep Nandang

Menurut Asep, bahkan ada seorang warganya yang bekerja di luar kota, sudah divonis sakit parah. Saat pulang kampung, warga tersebut mencoba meminum rebusan bunga telang dengan teknis minum di waktu pagi dan sore satu gelas, hasilnya bisa sembuh. Padahal, sebelumnya warga tersebut sudah berupaya ke dokter dan puskesmas tak kunjung sembuh. Namun, setelah meminum rebusan bunga telang, bisa langsung sembuh dan kembali berangkat ke luar kota untuk bekerja.

"Ada juga salah satu warga kami yang kebetulan bekerjanya di luar Kota pas pulang keadaannya sakit, seketika ada informasi bahwa tanaman ini khasiatnya baik mereka pun mencoba. Teknisnya itu pagi dan sore meminum satu gelas air panas diberi lima bunga telang ini, kemudian diminum tanpa proses apapun alhamdulillah hasilnya sembuh. Padahal, sebelumnya sudah ke dokter dan puskesmas tidak sembuh. Itu sakitnya terasa sendi, pegal - pegal, rematik. Sekarang udah sembuh, bahkan bisa bekerja kembali ke luar kota," beber Asep Nandang.

Sementara itu, salah seorang warga bernama Popon (52) membenarkan tanaman bunga telang itu berkhasiat menyembuhkan segala penyakit. Karena, suaminya yang kala itu pulang bekerja dari Jakarta divonis sakit tak bisa berjalan. Bahkan, saat dalam perjalanan pun harus tidur di bus dan setengah merangkak untuk sampai ke rumah. Ia pun langsung membawa suaminya berobat ke dokter, tetapi tak ada perubahan. Namun, setelah meminum rebusan bunga telang ini sebanyak tiga kali, suaminya sehat bisa kembali bekerja ke Jakarta.

"Pertamanya suami saya pulang dari Jakarta, hampir - hampiran gak bisa jalan. Malahan di bus juga sampai tiduran. Dari jalan  ke rumah juga setengah merangkak, terus dibawa ke dokter diberi obat gak ada perubahannya. Setelah minum bunga ini alhamdulillah khasiatnya ada, udah tiga kali nyeduh langsung bisa berangkat lagi ke jakarta. Itu awalnya sakit dari pinggang sampai ke kaki sebelah kaki bagian kanan," kata Popon.

Bunga telang di Tasikmalaya dipercaya sembuhkan berbagai penyakit.

Photo :
  • VIVA/Denden Ahdani (Tasikmalaya)

Saat ini, kata Popon, suaminya secara rutin meminum rebusan bunga telang itu karena sudah dipercaya berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, saat bekerja di Jakarta pun, kata Popon, suaminya dibekali bunga telang ini sebanyak satu kantong kresek untuk stok.

"Sejak itu, suami saya rutin minum seduhan bunga telang ini. Bahkan, di Jakarta pun ia (suaminya) minum terus, karena dari Tasik bekal bunga telang satu kresek penuh buat stok," ungkap Popon.

Pantauan di lokasi, setiap waktu, banyak warga yang sengaja memetik bunga telang ini untuk dijadikan obat. Pemilik tanaman bunga telang ini pun secara sukarela memperbolehkan warga yang membutuhkan bunga tersebut jika ada yang meminta. Bahkan, warga di Desa tersebut kadang ada yang tak kebagian bunga telang itu, karena sudah viral dan banyak peminatnya.

Laporan: Denden Ahdani (Tasikmalaya)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya