10 Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan

Habbatussauda.
Sumber :
  • Freepik/azerbaijan-stockers

VIVA – Selain melakukan protokol kesehatan ketat, yakni dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan menggunakan air juga sabun, menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang wajib dilakukan di masa pandemi COVID-19.

dr Zaidul Akbar: Herbal Ini Penyembuh Segala Penyakit Kecuali Maut

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga teratur dan mengelola stres. Selain itu, mengonsumsi produk herbal juga bisa membantu meningkatkan imunitas.

Bicara herbal, ada begitu banyak jenisnya di dunia. Salah satu yang terkenal di Indonesia dan sudah tak diragukan lagi adalah habbatussauda atau jintan hitam. Mengonsumsi herbal ini dua kali sehari akan membantu daya tahan tubuh tetap terjaga.

Kombinasi Madu dan Habbatussauda Meringankan Gejala COVID-19

Selain itu, masih ada banyak khasiat habbatussauda lainnya untuk kesehatan. Berikut ini di antaranya, dilansir dari laman Web MD, Kamis, 8 September 2021.

1. Jerawat

Ledakan Kasus COVID-19, 3 Herbal Ini Ampuh Jaga Imunitas

Mngoleskan gel yang mengandung ekstrak habbatussauda ke kulit dapat membantu mengatasi jerawat.

2. Alergi

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak habbatussauda setiap hari dapat memperbaiki gejala alergi pada orang dengan demam.

3. Asma

Menurut penelitian menunjukkan, mengonsumsi habbatussauda bersama dengan obat asma dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma. Tetapi tampaknya hanya bekerja pada orang dengan fungsi paru-paru yang sangat rendah sebelum pengobatan. Dan tampaknya tidak bekerja sebaik obat teofilin atau salbutamol.

4. Penyakit paru-paru yang membuat lebih sulit untuk bernapas (penyakit paru obstruktif kronik atau COPD)

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak habbatussauda tertentu membantu meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita PPOK yang juga menggunakan inhaler yang diresepkan.

5. Diabetes

Mengonsumsi habbatussauda dapat memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes. Tapi tampaknya tidak bekerja sebaik metformin, obat diabetes.

6. Infeksi saluran pencernaan yang dapat menyebabkan tukak lambung (Helicobacter pylori atau H. pylori)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bubuk habbatussauda bersama dengan obat lain dapat membantu menyingkirkan infeksi ini. Tetapi tidak semua dosis tampaknya berhasil.

7. Tekanan darah tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda dapat mengurangi tekanan darah dalam jumlah kecil.

8. Kemandulan pria

Mengonsumsi minyak habbatussauda meningkatkan jumlah sperma dan seberapa cepat mereka bergerak pada pria dengan infertilitas.

9. Nyeri payudara (mastalgia)

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung minyak habbatussauda pada payudara selama siklus menstruasi mengurangi rasa sakit pada wanita dengan nyeri payudara.

10. Kolesterol tinggi

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda meningkatkan kolesterol "baik", high-density lipoprotein (HDL) dan mengurangi jumlah kolesterol total, kolesterol "jahat" low-density lipoprotein (LDL), dan lemak darah yang disebut trigliserida pada orang dengan batas kolesterol tinggi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda dan minyak bawang putih yang dihancurkan di samping produk lain yang menurunkan kolesterol, seperti simvastatin, dapat menyebabkan peningkatan yang lebih besar pada kadar kolesterol dan trigliserida darah daripada simvastatin saja. Namun, tidak semua penelitian setuju.

Sebagai informasi, salah satu produk herbal habbatussauda yang tersedia di Indonesiam, yakni Herbal Herbangin Habbatussauda terkenal dengan manfaatnya dalam menjaga daya tahan tubuh. Ini merupakan produk perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan herbal, PT Herba Utama bersama.

Baru-baru ini, bersama dengan Ivan Gunawan sebagai salah satu brand ambassador, mereka baru saja menggelar aksi berbagi vaksin gratis. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian kepada sesama, terutama saat pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 1.500 orang mendapat suntikan vaksin Pfizer. Antusias warga sekitar pun sangat baik, di mana pendaftaran sudah penuh hanya dalam waktu dua hari. Setelah divaksin, para peserta pun mendapatkan goodie bag yang berisi produk-produk kesehatan dari PT Herba Utama.

“Di kondisi pandemi seperti ini, kami selalu melakukan kegiatan berbagi sehat ke seluruh wilayah di Indonesia, terutama wilayah yang masuk dalam zona Merah dan Hitam. Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan vaksinasi massal, dan hari ini, kami berkesempatan melakukan aksi tersebut di Depok-Bogor," ucap Hanoko Setyawan, selaku CEO dari PT Herba Utama dalam keterangannya.

Produk-produk yang diproduksi mereka antara lain Herbal Herbangin Habbatussauda, Madu Enak, Masker Shuka, Masker Oxy, Gabumin, Pro Gamat, Poetri Majakani, Tensi Pro, Herba Clean Hand Sanitizer, Anak Suman dan Obat Sakit Kepala Cap Pedang.

“Seperti tagline kami yaitu #MakinYakin, PT Herba Utama #MakinYakin berkomitmen untuk selalu melakukan aksi berbagi kepada sesama dengan tujuan menyehatkan masyarakat
dengan mengkonsumsi herbal dan produk-produk yang berasal dari alam. Mari kita selalu menjaga kesehatan karena #Sehatituenak," ujar Hanoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya