Sedang Program Hamil? Coba 10 Tips Cepat Hamil Setelah Haid

Tips cepat hamil setelah haid
Sumber :
  • clevelandclinic

VIVA – Tips cepat hamil setelah haid wajib diketahui oleh setiap pasangan. Pasalnya, anak merupakan karunia dari Tuhan yang diidam-idamkan oleh setiap pasangan. Tips cepat hamil ini bisa dilakukan dengan berbagai macam usaha contohnya rutin melakukan hubungan badan. Namun, ad acara cepat hamil setelah haid yang wajib dicoba adalah ketika berada di dalam masa subur.

Bukan Cuma Disentuh, 5 Hal Ini Bikin Wanita Mudah Horny

Karena, masa sesudah haid adalah masa subur yang mana sel telur sudah matang dan kemudian dilepaskan dari induk telur. Biasanya, masa subur terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Tapi, waktu ini akan berbeda-beda setiap perempuan. Jika kamu telah mengetahui masa subur, maka kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk berhubungan badan.

Terdapat beberapa tips cepat hamil setelah haid yang dapat kamu dan pasangan terapkan. Berbagai tips di bawah ini mungkin bisa membantu kamu dan pasangan untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sudah dinantikan. Nah, tanpa berlama-lama, langsung simak ulasan mengenai tips cepat hamil setelah haid yang disadur dari live.science.com.

Kylie Jenner Bantah Rumor Kehamilannya, Ungkap Hubungan Asmara Jarak Jauh dengan Timothee Chalamet

Lantas, Apa Saja Tips Cepat Hamil Setelah Haid?
1. Periksa ke Dokter Kandungan

Pasangan konsultasi mengenai kesehatan.

Photo :
  • U-Report
Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Tips cepat hamil setelah haid pertama adalah dengan memeriksakan kesehatan diri kepada dokter kandungan. Hal ini bertujuan supaya mengetahui tentang informasi terkait kehamilan. Karena, mungkin saja terdapat beberapa hal yang mungkin harus kamu lakukan sebelum hamil. Kamu bisa berkunjung ke dokter kandungan atau bidan yang dipercaya untuk merencanakan kehamilan.

Dokter akan membantu kamu untuk melacak kapan masa subur dan memeriksa kondisi tubuh. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui apakah terdapat masalah kesuburan yang berisiko menghalangi kamu untuk segera hamil setelah haid atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa bertanya tentang vitamin atau suplemen kehamilan kepada dokter.

2. Ketahui Siklus Haid

Ilustrasi siklus haid tidak lancar.

Photo :
  • U-Report

Seorang perempuan yang ingin memiliki bayi harus memantau apakah hari-hari pertama menstruasinya cenderung terjadi dengan jumlah hari yang sama setiap bulan atau mungkin sebaliknya, menstruasinya mungkin tidak teratur, yang berarti panjang siklusnya bervariasi dari bulan ke bulan.

Dengan melacak informasi ini, kamu dapat memprediksi dengan lebih baik kapan akan berovulasi, yaitu waktu setiap bulan ketika indung telurnya akan melepaskan sel telur. Ada juga beberapa aplikasi yang dapat membantu pelacakan yang dapat diunduh pada ponsel kamu.  Sel telur wanita subur hanya bertahan selama 12 hingga 24 jam setelah dilepaskan, menurut American Pregnancy Association. Namun, sperma pria bisa bertahan di tubuh wanita hingga lima hari.

3. Berhubungan Badan Setiap Hari Selama Masa Subur

Libido meningkat saat masa subur

Photo :
  • pexels

Setelah mengetahui siklus haid, tips cepat hamil setelah haid berikutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Biasanya, masa subur seorang perempuan akan tiba sebelum sel telur perempuan dilepaskan (ovulasi) atau terjadi pada 10 sampai 17 hari sesudah hari pertama haid terakhir.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk melakukan hubungan badan dengan pasangan pada waktu tersebut. akan lebih baik jika kamu berhubungan badan dengan pasangan setiap hari selama masa subur tersebut. selain itu, jika kamu ingin cepat hamil sesudah haid, sebaiknya lakukan hubungan badan tanpa memakai pelumas. Karena pelumas akan mengubah tingkat keasaman vagina.

5. Konsumsi Asam Folat Secara Teratur

Asam Folat

Photo :
  • U-Report

Pada awal kehamilan, asam folat sangat diperlukan karena kebanyakan ibu hamil baru menyadarinya sesudah memasuki minggu kelima. Sementara asam folat tersebut begitu dibutuhkan pada minggu pertamanya berada di dalam kandungan. Dengan mengonsumsi asam folat, maka akan memenuhi kebutuhan janin sedini mungkin dan akan berdampak pada pertumbuhan janin.

6. Konsumsi Protein dan Vitamin E

Ilustrasi makanan tinggi protein.

Photo :
  • U-Report

Tips cepat hamil setelah haid berikutnya adalah mengonsumsi protein dan vitamin E karena bermanfaat untuk tubuh calon ibu dalam menjaga kestabilan hormona yang mengatur kesuburan. Itulah mengapa konsumsi protein dan vitamin E menjadi penting untuk cepat hamil.

7. Berusaha untuk Mendapatkan Berat Badan yang Ideal

Rumus menghitung berat badan ideal.

Photo :
  • U-Report

Berat badan seorang perempuan juga dapat memengaruhi peluang untuk hamil. Pasalnya, kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat mengurangi peluang tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa seorang wanita yang kelebihan berat badan dapat memakan waktu dua kali lebih lama untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang indeks massa tubuhnya (BMI) dianggap berat badan normal, kata Pavone.

Seorang wanita yang kekurangan berat badan mungkin membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk hamil, katanya. Memiliki terlalu banyak lemak tubuh menghasilkan kelebihan estrogen, yang dapat mengganggu ovulasi.  Obesitas pada pria juga dapat mengganggu sistem endokrin serta kelangsungan hidup dan konsentrasi sperma, juga dapat memengaruhi pasangan untuk hamil.

Wanita yang kekurangan berat badan, dengan BMI kurang dari 18, mungkin tidak mendapatkan menstruasi yang teratur atau bisa berhenti berovulasi, yang juga menghambat kemampuan mereka untuk hamil.

8. Kurangi Olahraga Keras

Olahraga.

Photo :
  • Fitness Network

Menjadi aktif secara fisik hampir setiap hari dalam seminggu dapat membantu tubuh wanita mempersiapkan tuntutan kehamilan dan persalinan, dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko masalah kesuburan. Tetapi, terlalu banyak berolahraga atau sering melakukan olahraga berat dapat mengganggu ovulasi. Dokter melihat banyak gangguan menstruasi pada wanita yang berolahraga berat, dan sering kali wanita ini harus mengurangi olahraga mereka jika mereka ingin hamil.

9. Tinggalkan Kebiasaan Merokok

Berhenti merokok

Photo :
  • Pixabay

Merokok dapat menyebabkan masalah kesuburan baik pada perempuan maupun laki-laki. Bahan kimia yang ditemukan dalam asap rokok, seperti nikotin dan karbon monoksida, mempercepat tingkat kehilangan sel telur wanita. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020, para peneliti melihat temuan ilmiah seputar merokok, dan kesuburan. mereka menemukan bahwa merokok terkait dengan penurunan kesuburan.

10. Hindari Stres

Meditasi membuka mata ketiga

Photo :
  • U-Report

Tips cepat hamil setelah haid berikutnya adalah menghindari stres. Stres adlaah situasi tumit yang kaan mengganggu kestabilan hormon seseorang. Hindari stres bila kamu sedang dalam program kehamilan. Jalinlah hubungan baik bersama dengan orang-orang terdekat, berhenti mengeluh, dan perbanyak rasa syukur. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif dalam segala suasana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya