Yuk Coba! 10 Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar
Tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar harus diketahui oleh kamu yang ingin melahirkan secara normal. Selain itu, ketika usia kandungan menginjak Sembilan bulan, ibu hamil tentunya sudah tidak sabar menunggu waktu kelahiran. Biasanya seorang dokter akan memberitahu kapan perkiraan kelahiran dari sang bayi, tapi kadang perkiraan tersebut meleset dari hari perkiraan lahir (HPL). Kelahiran yang melebihi HPL adalah sesuatu hal yang umum terjadi pada ibu hamil.

Persalinan merupakan suatu hal yang tidak bisa dipikirkan kecuali mengalaminya sendiri. Tapi, sebelum menghadapi kelahiran, kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu supaya proses melahirkan bisa lancar dan normal tanpa jahitan. Ahli menyebutkan bahwa wanita hamil yang tetap dalam kondisi bugar kerap mengalami proses melahirkan dengan lebih singkat. Sebab, kebugaran akan meningkatkan daya tahan tubuh dan kamu mampu untuk melakukan proses melahirkan sehingga proses persalinan berjalan lancar.

Selain menjaga asupan gizi, ibu hamil juga dianjurkan untuk tetap bergerak dan melaksanakan aktivitas sehari-hari. Misalnya dengan berjalan kaki di pagi hari atau peregangan otot akan memudahkan proses melahirkan supaya persalinan bisa berjalan lancar. Gerakan berjalan juga akan membantu bayi untuk pindah ke area pinggul serta gaya gravitasi akan memberikan tekanan pada leher rahim yang akan melunakkan dan membantu membukakannya. Nah, berikut ulasan mengenai tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar yang disadur dari Medicover Hospitals.

Lantas, Bagaimana tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar

1. Tetap Aktif

Ibu hamil berpuasa sebulan penuh.
Photo :
  • U-Report

Ibu hamil berpuasa sebulan penuh.

Sepanjang kehamilan, olahraga tidak hanya membantu membangun stamina yang baik tetapi juga membuat kamu tetap aktif. Latihan teratur dapat membantu otot-otot tubuh untuk memerangi stres nyeri persalinan dan latihan yang bekerja terutama pada otot-otot panggul membantu kamu untuk melahirkan normal. Yang paling penting adalah berolahraga di bawah pengawasan seorang ahli, karena olahraga yang salah dapat membahayakan ibu dan bayi juga.