Awas, Salah Pilih Kacamata Picu Mual dan Pusing

Ilustrasi kacamata
Ilustrasi kacamata
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kacamata menjadi pilihan utama sebagai alat bantu penglihatan dengan beragam bentuk dan warna menarik. Tapi, asal memilih kacamata bisa membahayakan tubuh secara keseluruhan lho. Kenapa ya?

Banyak anak muda yang memilih kacamata berdasarkan bentuk yang disukainya. Tak sedikit pula yang memilih berdasarkan motif atau warna yang ada di kacamata. Alih-alih terlihat modis, pemakaian lensa kacamata yang tak sesuai bisa berakibat fatal.

Menurut dokter spesialis mata, dr. Helda Puspitasari SpM, lensa yang digunakan untuk kacamata seharusnya menjadi pertimbangan utama. Sebab, pemakaian kacamata tanpa lensa yang tepat membuat penglihatan nampak tak jelas.

"Fakta. Kalau kita pakai tidak sesuai ukuran bagaimana bikin kita melihat jelas," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis, 11 November 2021.

Kacamata Anti Radiasi
Photo :
  • U-Report

Kacamata Anti Radiasi

Tak hanya masalah penglihatan, lensa kacamata yang tak sesuai bisa menimbulkan pening pada kepala. Jika dibiarkan terlalu lama, pemakaian kacamata tersebut bisa memicu rasa mual.

"Kalau kacamata itu kan alat bantu, kalau dia pakai enggak pas, kita jalan, tangganya kelihatannya goyang. Kalau lama-lama kan kayak pusing dan bisa mual," imbuhnya.