Awas, Salah Pilih Kacamata Picu Mual dan Pusing

Ilustrasi kacamata
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kacamata menjadi pilihan utama sebagai alat bantu penglihatan dengan beragam bentuk dan warna menarik. Tapi, asal memilih kacamata bisa membahayakan tubuh secara keseluruhan lho. Kenapa ya?

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Banyak anak muda yang memilih kacamata berdasarkan bentuk yang disukainya. Tak sedikit pula yang memilih berdasarkan motif atau warna yang ada di kacamata. Alih-alih terlihat modis, pemakaian lensa kacamata yang tak sesuai bisa berakibat fatal.

Menurut dokter spesialis mata, dr. Helda Puspitasari SpM, lensa yang digunakan untuk kacamata seharusnya menjadi pertimbangan utama. Sebab, pemakaian kacamata tanpa lensa yang tepat membuat penglihatan nampak tak jelas.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Fakta. Kalau kita pakai tidak sesuai ukuran bagaimana bikin kita melihat jelas," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis, 11 November 2021.

Kacamata Anti Radiasi

Photo :
  • U-Report
Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Tak hanya masalah penglihatan, lensa kacamata yang tak sesuai bisa menimbulkan pening pada kepala. Jika dibiarkan terlalu lama, pemakaian kacamata tersebut bisa memicu rasa mual.

"Kalau kacamata itu kan alat bantu, kalau dia pakai enggak pas, kita jalan, tangganya kelihatannya goyang. Kalau lama-lama kan kayak pusing dan bisa mual," imbuhnya.

Selain lensa kacamata, bentuk frame yang tak sesuai juga memengaruhi kesehatan di organ tubuh lain. Terlalu memaksakan bentuk frame yang tak tepat di wajah membuat tampilan kurang menarik, bahkan memberi rasa tidak nyaman di hidung.

"Karena kalau frame tidak nyaman di hidung atau telinga, kalau sesaat mungkin enggak berasa, tapi kalau sudah pakai seharian dan enggak nyaman bisa sakit kepala karena frame-nya enggak nyaman. Saran saya cari frame yang ringan," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya