6 Tips Agar Bayi Mau Minum Susu dari Dot yang Jarang Diketahui

Ilustrasi bayi minum dari botol susu.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_krckx

VIVA – Tips agar bayi mau minum susu dari dot wajib diketahui oleh kamu yang sibuk bekerja, kerap bepergian, atau lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu harus menyediakan dot atau botol susu untuk berjaga-jaga ketika sedang bepergian dalam waktu yang lama sehingga tidak khawatir bayi menangis. Sebelum itu, kamu juga harus membiasakan terlebih dahulu si bayi meminum susu dari botol dot. Hal ini memang susah-susah gampang. Membiasakan si kecil memakai dot harus dibiasakan sejak usia dini supaya terbiasa.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Selain itu, hal ini juga akan mengantisipasi supaya bayi lebih mudah untuk mengonsumsi susu formula pada saat tidak lagi mengonsumsi ASI. Selain itu, membiasakan si bayi untuk meminum susu dari dot juga sangat penting ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga, contohnya adalah ibu terlalu lama di kamar mandi, sedang bekerja, atau lain sebagainya. Nah, berikut adalah tips agar bayi mau minum susu formula dari dot seperti yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Tips Agar Bayi Mau Minum Susu dari Dot?

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

1. Memilih Botol Susu yang Sesuai Ukuran

Dampak penggunaan dot bagi bayi

Photo :
  • vstory
Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Saat ini, botol susu mempunyai berbagai bentuk, ukuran, dan juga fitur yang diselaraskan dengan kebutuhan bayi. Bahkan, saat ini sudah hadir dot yang dibuat secara khusus untuk bayi berkebutuhan khusus, contohnya untuk bayi berbibir sumbing. Tapi, biasanya bayi memerlukan botol susu yang cocok dengan takaran konsumsi susunya. Bayi baru lahir dapat diberikan botol susu dengan takaran 60 ml, bayi berumur sedang biasanya memerlukan botol berukuran 120 ml sampai 240 ml.

Pilihlah bentuk botol yang ergonomis. Dengan kata lain, badan botol sangat nyaman dipegang oleh pemberi susu atau lengan si kecil. Menginjak usia 5 bulan, bayi memang telah berusaha untuk bisa memegang botol susunya sendiri. Aliran susu di dalam botol akan dipengaruhi oleh bentuk, ukuran, dan juga fitur yang ada di dalam botol. Terdapat botol yang memakai filter pengatur aliran susu atau ventilator, sehingga si kecil tidak akan tersedak atau susu akan mengalir dengan deras.

2. Pilih Dot yang Mirip Putting Ibu

ilustrasi dot bayi

Photo :
  • pixabay/Waldryano

Menyusu tentunya memerlukan tenaga. Dot yang tidak sesuai dapat membuat bayi mengeluarkan tenaga yang lebih besar guna memperoleh asupan gizi. Terdapat berbagai bahan dan bentuk dari dot, tentunya ini akan memengaruhi kualitas makan dari si kecil.

Guna meringankan usaha bayi, pilihlah dot yang kenyal dengan bentuk sedekat mungkin dengan payudara sang ibu. Ingat pula bahwa lubang dot bermacam-macam. Pastikan lubangnya tidak terlalu besar supaya bayi tidak tersedak.

3. Minta Tolong Orang Lain

Bayi mengalami kolik? Bacalah artikel sampai tuntas

Photo :
  • vstory

Bagi kamu yang tidak dapat memberikan ASI kepada bayi secara langsung, alternatifnya adalah dengan memberikan makan pada bayi atau menggantinya dengan susu formula. Supaya lebih mudah, coba untuk meminta orang lain membantu kamu menyusui bayi dari botol.

Bila kamu sendiri yang memberikannya, kemungkinan akan ditolak. Karena, si kecil dapat mengenali aroma tubuh ibu dan dapat mogok menyedot susu. Bahkan, si kecil akan rewel karena ingin nyusu secara langsung. Oleh sebab itu, kamu harus meminta tolong orang lain, contohnya adalah suami untuk memberikan susu kepada si kecil.

4. Memberikan Susu dengan Posisi Menyusui

Ibu menyusui

Photo :
  • Dokumentasi

Berbagai posisi menyusui dapat menjadi salah satu tips agar bayi mau minum susu dari dot. Biasanya ini akan memengaruhi naluri bayi bahwa ia memperoleh susu dengan cara diminum yang sama. Pastikan untuk selalu menjaga posisi telinga, bahu, dan pinggul bayi. Pastikan juga tubuhnya sejajar dengan tubuh ibu supaya bayi dapat lebih mudah menelan selama minum susu memakai botol.

5. Berikan dengan Cara yang Mengasyikan

illustrasi ibu menyusui

Photo :
  • vstory

Terdapat situasi yang membuat situasi memberikan susu kepada bayi terlalu menegangkan atau stress. Si kecil bisa saja menolak susu yang hendak diberikan. Jangan patah semangat, cobalah dengan berbagai metode berbeda. Berikanlah semacam hiburan yang menyenangkan, contohnya bernyanyi atau bercerita. Ini merupakan salah satu usaha supaya si kecil tidak menolak susu.

6. Memberi Susu dari Botol Ketika Bayi Mengantuk

Gendongan bayi.

Photo :
  • Momaz

Biasanya memberi susu dengan menggunakan botol secara langsung tidak akan berhasil. Tapi kali ini, kamu bisa mengenalkan botol susu kepada si kecil ketika malam hari. Saat bayi sedang merasa ngantuk untuk minum, sehingga secara tidak sadar bayi akan meminum susu dari dot. Kamu juga bisa sambil menggendongnya, kemudian berikan dot botol susu dengan pelan-pelan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya