Makanan Kekinian Picu Penyakit Jantung Koroner, Benarkah?

Ahli Penyakit Jantung Koroner
Ahli Penyakit Jantung Koroner
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – Penyakit jantung koroner merupakan sebuah kondisi di mana pembuluh darah yang memasok oksigen, darah, dan nutrisi untuk jantung mengalami kerusakan. Kerusakan ini, biasanya diakibatkan oleh penumpukkan ateroma di dinding arteri. Ateroma terdiri atas kolesterol dan zat sisa hasil metabolisme tubuh.

Karena ateroma terus menumpuk, bisa mengakibatkan dinding arteri menebal sampai terjadi penyempitan. Alhasil, jantung tidak bisa memperoleh asupan darah dan oksigen yang cukup. Kondisi tersebut disebut juga sebagai aterosklerosis. Dalam salah satu video yang diunggah dalam kanal YouTube VDVC Health, dr. Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC menerangkan tentang risiko terkena penyakit jantung koroner seperti berikut ini.

Keluhan Penyakit Jantung Koroner

1. Nyeri Dada

Penderita PJK akan merasakan tekanan atau sesak di area dada, seperti ada yang sedang berdiri di atas dada. Nyeri ini dikatakan juga sebagai angina dan umumnya terjadi di bagian kiri, dapat menyebar ke dada kanan sampai ke bagian belakang. Biasanya angina diakibatkan oleh aktivitas fisik, seperti berolahraga atau stres emosional. Rasa sakit biasanya akan hilang dalam beberapa menit sesudah menghentikan aktivitas atau tidak lagi stres.

2. Sesak Napas