Obat COVID-19 Pfizer Diklaim Redam Risiko Kematian Varian Omicron

Ilustrasi obat
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Dunia tengah dikhawatirkan dengan varian Omicron yang dinilai para pakar lebih menular dibanding varian Delta. Di tengah ancaman lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron tersebut, Pfizer-N Biotech menyatakan bahwa pil eksperimentalnya untuk mengobati COVID-19 tampaknya efektif melawan varian jenis terbaru.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dikutip dari laman The Health Site, varian Omicron dari COVID-19 pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Jenis ini memiliki lebih dari 50 mutasi yang membuatnya cukup kuat untuk menginfeksi bahkan pada mereka yang telah menerima kedua dosis vaksin untuk melawan infeksi virus corona. Yang berarti vaksin mungkin terbukti tidak efektif melawan Omicron. Namun, dengan kedatangan Pil COVID Pfizer, segalanya dapat berubah menjadi lebih baik.

Pil COVID Pfizer Mengurangi Risiko Kematian

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ilustrasi obat COVID-19.

Photo :
  • Pixabay

Perusahaan tersebut menyatakan hasil lengkapnya. Di mana dari studi 2.250 orangnya mengkonfirmasi hasil awal pil yang menjanjikan terhadap virus yakni obat ini mengurangi rawat inap dan kematian gabungan sekitar 89 persen di antara orang dewasa berisiko tinggi ketika diminum segera setelah merasakan gejala awal COVID-19.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Perusahaan mengumumkan, seperti yang telah diprediksi oleh banyak ahli, bahwa  pengujian laboratorium terpisah menunjukkan obat tersebut mempertahankan potensinya terhadap varian Omicron. Pfizer menguji obat antivirus terhadap versi buatan manusia dari protein kunci yang digunakan Omicron untuk mereproduksi dirinya sendiri.

Pembaruan uji obat itu dimulai ketika kasus COVID-19, kematian, dan rawat inap semuanya meningkat lagi dan AS memiliki sekitar 800.000 kematian akibat pandemi. Lonjakan terbaru, didorong oleh varian delta, semakin cepat karena cuaca yang lebih dingin dan lebih banyak pertemuan di dalam ruangan, bahkan ketika pejabat kesehatan bersiap menghadapi dampak mutan omicron yang muncul.

Kapan Segera Dipasarkan?

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) diharapkan segera memutuskan apakah akan mengesahkan pil Pfizer dan pil pesaing dari Merck, yang diserahkan kepada regulator beberapa minggu sebelumnya. Jika diberikan, pil tersebut akan menjadi perawatan COVID-19 pertama yang dapat diambil orang Amerika di apotek dan dibawa di rumah.

Data Pfizer dapat membantu meyakinkan regulator tentang manfaat obatnya setelah Merck mengungkapkan manfaat yang lebih kecil dari perkiraan untuk obatnya dalam pengujian akhir. Akhir bulan lalu, Merck mengatakan bahwa pilnya mengurangi rawat inap dan kematian hingga 30 persen pada orang dewasa yang berisiko tinggi.

Kedua perusahaan awalnya mempelajari obat mereka pada orang dewasa yang tidak divaksinasi yang menghadapi risiko paling parah dari COVID-19, karena usia yang lebih tua atau masalah kesehatan, seperti asma atau obesitas.

Pil COVID-19 Pfizer Dapat Mengurangi Risiko Rawat Inap Sekitar 70 persen

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Pfizer juga mempelajari pilnya pada orang dewasa berisiko rendah termasuk subset yang divaksinasi tetapi melaporkan data yang beragam untuk kelompok itu pada hari Selasa. Dalam hasil sementara, Pfizer mengatakan obatnya gagal memenuhi tujuan studi utamanya: pemulihan berkelanjutan dari COVID-19 selama empat hari selama atau setelah perawatan, seperti yang dilaporkan oleh pasien. 

Tetapi obat itu mencapai tujuan kedua dengan mengurangi rawat inap sekitar 70 persen di antara kelompok itu, yang mencakup orang dewasa sehat yang tidak divaksinasi dan orang dewasa yang divaksinasi dengan satu atau lebih masalah kesehatan. Kurang dari 1 persen pasien yang mendapat obat dirawat di rumah sakit, dibandingkan dengan 2,4 persen pasien yang mendapat pil tiruan.

Dewan ahli medis independen meninjau data dan merekomendasikan Pfizer melanjutkan studi untuk mendapatkan hasil lengkap sebelum melanjutkan lebih jauh dengan regulator. Di kedua penelitian Pfizer, orang dewasa yang memakai obat perusahaan mengalami penurunan 10 kali lipat dalam tingkat virus dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Baik pil Merck maupun Pfizer diharapkan bekerja dengan baik melawan omicron karena tidak menargetkan protein lonjakan virus corona, yang mengandung sebagian besar mutasi varian baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya