Air Perasan Lemon Ampuh Cegah Bau Mulut

Ilustrasi buah lemon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Di balik warnanya yang cerah, rupanya buah lemon memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, rutin mengonsumsi buah lemon ternyata ampuh menghilangkan bau mulut tak sedap.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Pakar herbal dr. Wawaimuli Arozal M.biomed, PhD, menjelaskan bahwa air perasan jeruk lemon sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran aroma mulut. Sebab, kandungannya ampuh untuk mencegah mulut kering hingga mematikan bakteri pemicu bau mulut.

"Konsumsi jeruk lemon tidak berlebihan, membuat sekresi lendir di mulut sehingga mulut jadi basah. Kalau mulut kering jadi picu bau mulut. Jeruk juga ada senyawa antibakteri di mana ada beberapa bakteri picu bau mulut. Konsumsi jeruk lemon bisa bantu turunkan perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut itu," tuturnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis 23 Desember 2021.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

Tak hanya bau mulut, jeruk lemon pun berkhasiat bagi penderita anemia terutama yang mengalami defisiensi zat besi. Di dalam lemon sendiri, terdapat kandungan zat besi yang mencukupi kebutuhan tubuh dalam sehari.

Ilustrasi air lemon.

Photo :
  • Pixabay
6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

"Konsumsi lemon bisa tingkatkna fe (zat besi) di tubuh. Kalau tidak sempat beli daging, bisa ganti pritein hewani itu dengan lemon. 1 butir jeruk lemon mengandung jumlah yang cukup untuk FE harian," terangnya.

Dalam mengolah buah lemon agar bisa berkhasiat untuk tubuh, ternyata cukup bervariasi. Mulai dari dikonsumsi langsung, hingga dicampur dengan salad.

Untuk yang mau konsumsi langsung, bisa memotong buah lemon di bagian tengahnya. Lalu peras dan tambah air serta madu sebagai pemanis.

"Jika mau lebih segar bisa pakai irisan jahe. Kalau yang sakit maag hindari dulu karena khawatir jadi mual dan muntah," jelasnya.

Ada pun cara lain bisa dengan mengiris tipis dan mencampur pada secangkir teh hangat. Terakhir, potong daging buahnya dan campur dengan sayur dan buah sebagai salad.

"Pada umumnya batas amannya lebar. Hindari pada orang yang sakit maag karena akan induksi asam lambung. Perhatikan juga pada anak usia bawah 12 tahun cenderung sensitif sehingga perut mudah iritasi. Hindari beri lemon berlebihan pada kelompok itu," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya