Bukan Dirasa, Gejala Pertama Omicron Bisa Didengar

Omicron
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Gejala varian baru COVID-19 Omicron muncul lebih cepat daripada Delta. Pakar menemukan bahwa ada beberapa tanda khas dari Omicron tetapi Anda mungkin dapat didengar lebih dulu gejala pertamanya sebelum Anda merasakan penurunan kondisi tubuh.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Dikutip dari laman The Sun, 3Jika orang mengomentari fakta bahwa suara Anda terdengar serak, dan Anda belum pernah berteriak dan bernyanyi, mungkin sudah waktunya untuk mendeteksi kemungkinan terinfeksi varian Omicron. Bahkan mungkin Anda mulai bisa memperhatikan suara Anda terdengar sedikit lebih serak dan lebih dalam dari biasanya.

Menurut para ahli, ini bisa jadi karena Anda mengalami tenggorokan gatal yang merupakan salah satu gejala pertama Omicron. Dokter mengatakan pasien tampaknya tidak menderita sakit tenggorokan, seperti yang terkadang dialami Delta, tetapi tenggorokan cenderung terasa gatal.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Selama pengarahan pekan lalu, Kepala eksekutif Discovery Health, Ryan Roach, mengatakan fakta baru itu adalah gejala paling umum yang dihadapi pasien Omicron. Ini biasanya diikuti dengan hidung tersumbat, katanya, dengan gejala umum lainnya termasuk batuk kering dan nyeri di punggung bawah.

Gejala ringan

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Serangkaian penelitian yang sangat positif menunjukkan Omicron lebih ringan daripada jenis lainnya, dengan laporan resmi Inggris pertama yang mengungkapkan risiko rawat inap adalah 50 hingga 70 persen lebih rendah dibandingkan dengan Delta.

Ada pun vaksin booster adalah perlindungan terbaik terhadap Omicron, dengan data awal menunjukkan itu mendorong kemanjuran kembali hingga 75 persen.

Batuk dan alergi

Photo :
  • Times of India

“Sekali lagi, kami mendesak semua orang yang bisa mendapatkan suntikan booster untuk maju dan melakukannya. Ini adalah pertahanan terbaik yang kami miliki terhadap varian baru yang sangat menular ini," ujar  Kepala Eksekutif UKHSA, Dr Jenny Harries.

Baik nyeri punggung bawah dan tenggorokan gatal belum dilaporkan sebagai gejala dengan varian lain. Berdasarkan laporan dari kasus-kasus di Inggris, Afrika Selatan dan AS, ini adalah tanda-tanda peringatan dini yang umum dari Omicron antara lain Hidung meler/macet, sakit kepala, kelelahan, bersin, keringat malam, dan nyeri badan.

Sakit  tenggorokan jadi tanda khas

Aplikasi Studi Gejala Covid ZOE telah menunjukkan bahwa sakit tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling sering dilaporkan, baik pada orang yang divaksinasi maupun yang tidak divaksinasi. Tim Spector, peneliti terkemuka dalam studi tersebut, mempresentasikan video YouTube di mana ia meminta penonton untuk melaporkan dengan tepat bagaimana rasa sakit tenggorokan mereka.

“Kami menerima pesan bahwa sakit tenggorokan yang dialami orang-orang dengan Covid agak tidak biasa, tidak seperti yang pernah mereka lihat sebelumnya. Mungkin di tempat yang berbeda, atau rasanya berbeda.Kami mungkin akan melakukan penelitian lebih lanjut tentang itu untuk melihat apakah kami dapat membedakan gejala tipe Covid ini dari gejala virus flu biasa," kata Peneliti.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya