Trik Mudah Atasi Sulit BAB, jangan Lupa Konsumsi Buah dan Sayur

Buang air besar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sulit buang air besar (BAB) bisa menjadi tanda saluran pencernaan bekerja kurang baik. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor sehingga terjadi gangguan pada saluran pencernaan. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Biasanya, salah satu faktor kesulitan BAB adalah kurang mengonsumsi makanan sehat atau kurang mengonsumsi serat, sehingga makanan jadi sulit untuk dicerna dan mengakibatkan sulit BAB. 

Selain itu, kurang mengonsumsi serat juga bisa membuat seseorang makan melebihi dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga mudah merasa lapar. Untuk itu, merubah pola makan dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran, bisa menjadi solusi. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Mengutip laman Healthine, selain mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah dan sayur, untuk memudahkan buang air besar, seseorang juga disarankan untuk minum lebih banyak air putih. Selain itu, kamu juga tidak boleh menahan buang air besar saat merasa ingin BAB. 

Terkadang, dokter mungkin merekomendasikan untuk menggunakan pelunak feses agar membuat feses lebih mudah dikeluarkan. Perawatan lain adalah biofeedback atau neuromuskular. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

buang air besar

Photo :
  • vstory

Metode tersebut melibatkan penggunaan sensor khusus yang mengukur tekanan di rektum dan memberi sinyal ketika tekanan cukup bagi seseorang untuk buang air besar. Memiliki sensor tekanan ini dapat membantu seseorang mengidentifikasi tanda-tanda bahwa mereka harus pergi ke toilet. 

Jika kamu mengalami sembelit atau mengalami konstipasi kronis (sulit BAB atau BAB hanya setiap 3 hari atau lebih), lebih baik segera kunjungi dokter. Jika didiagnosis menderita gangguan buang air besar, dokter akan membantu mengatasi penyakit yang mendasarinya jika ada. Perubahan pola makan, melakukan aktivitas fisik, serta mengonsumsi obat-obatan, juga dapat membantu. 

Solusi lain atasi sulit BAB

Salah satu owner Mooles Fiber, Christopher Aldo, mengatakan, minuman Mooles Fiber, bisa dijadikan alternatif sebagai penambah asupan serat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya mengatasi masalah pencernaan atau sulit buang air besar. 

Buah-buahan

Photo :
  • Times of India

"Selain itu, minuman kesehatan ini bisa menjadi solusi bagi orang yang hobi makan dan sedang menjalani diet agar tetap bisa mengatur berat badan. Karena mendapat asupan serat yang tinggi, dapat membuat tubuh merasa lebih kenyang sehingga dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin 31 Januari 2022. 

Selain itu, banyak juga manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengonsumsi minuman fiber ini, di antaranya, membantu menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, mengurangi tekanan darah, dan juga membantu mencegah obesitas. 

"Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minuman Moles Fiber. Kami harap dapat menjadi pelengkap kebutuhan untuk menerapkan pola hidup yang sehat atau bisa juga menjadi pendamping air putih yang sering dikonsumsi," ucap Gregorius Ruben, yang juga merupakan owner Yellowfit.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya