Perdarahan Usai Bercinta, Awas Gejala Kanker Mengintai

ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Perdarahan bisa menjadi salah satu gejala kanker yang patut diwaspadai, utamanya terjadi setiap habis berhubungan seks atau bersenggama. Selain itu, haid tak beraturan hingga keputihan juga bisa menjadi tanda masalah berkaitan dengan sel kanker.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Hal itu dipaparkan oleh dokter spesialis kebidanan & kandungan konsultan onkologi ginekologi Dr. dr. Bambang Dwipoyono, BD.Sp.OG, MS, MARS, bahwa haid seharusnya memiliki pola teratur baik itu durasi serta siklusnya tiap bulan. Apabila ada perdarahan di luar popa haid, bisa jadi tanda yang harus diwaspadai.

"Jika perdarahannya itu di luar haid, apakah karena sentuh akibat hubungan seksual atau sendiri, kita mesti lihat. Tidak semata-mata melihat bagaimana haid atau perdarahan tadi," ujar dokter Universitas Indonesia itu, dalam acara virtual bersama RS Pondok Indah, beberapa waktu lalu.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Maka dari itu, penting untuk para wanita selalu mencatat waktu haid terjadi serta memerhatikan polanya. Saat terjadi perdarahan di luar pola tersebut, maka para wanita bisa mewaspadainya sejak dini.

Ilustrasi organ intim.

Photo :
  • Freepik/freepik
Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

"Jadi sangat dianjurkan perempuan yang sudah haid memiliki catatan, kalau ada perubahan dalam pola haidnya, dia bisa ke dokter atau tenaga kesehatan untuk diperiksa apakah pendarahan yang disebabkan hal lain," imbuh dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya itu. 

Ada pun gejala lainnya yang cukup umum berkaitan dengan kanker serviks antara lain keputihan yang terlalu banyak dan sering, serta aroma tak sedap dan juga sudah tercampur darah. Biasanya, ada nyeri khas di sekitar pinggang hingga tulang bila kanker sudah menyebar.

Bahkan, kanker yang sudah meluas dan stadium akhir bisa menyebar ke paru-paru dan memicu sesak napas. Kanker serviks merupakan penyakit tidak menular, tetapi penyebabnya dapat menular.

Sekitar 90 persen perempuan yang sudah melakukan hubungan seksual dapat tertular virus penyebab kanker serviks. Penyakit kanker ditandai tidak terkontrolnya pembelahan sel (bertambah banyak) dan memiliki kemampuan menyebar (metastasis).

Ilustrasi penyakit kanker.

Photo :
  • U-Report

"Jika ada infeksi virus dan menetap, sekian tahun baru menjadi kondisi pra kanker. Ada situasi dan waktu, perubahan dari infeksi virus menjadi lesi pra kanker, dan kemudian masuk dalam kondisi kanker,” jelas dokter Bambang.

Mirisnya, sekitar 500 juta perempuan (0,5 persen perempuan) di dunia mengidap kanker serviks, di mana 55-60 persen pasien kanker serviks berakhir dengan meninggal. Kasus terbanyak 80 persen terjadi di negara
berkembang, seperti Indonesia.

Merujuk data Kementerian Kesehatan per 31 Januari 2019, kasus kanker serviks sebesar 23,4% per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 persen per 100.000 penduduk. Untuk itu, pencegahannya sangat penting dengan dua cara yaitu pap smear dan tes HPV.

"Kalau papsmear konvensional paling tidak dua tahun sekali mengulangnya. Kalau tes HPV itu paling tidak tiga tahun. Minimal jeda yang harus diulang,” pungkas dokter Bambang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya