5 Manfaat Bangun Pagi, Terbebas dari Stres dan Mental yang Tidak Sehat

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Manfaat bangun pagi ternyata sangat bagus untuk kehidupan kita lho! Bangun pagi sendiri menjadi rahasia produktivitas bagi banyak orang yang sukses. Orang-orang yang bangun lebih pagi dapat menjadi awal yang baik untuk harimu. Sehingga kamu akan memiliki lebih banyak tugas untuk menyelesaikan segala tugas dan pekerjaan dalam sehari-harinya. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Mungkin kelihatannya tampak sulit bagi orang yang belum terbiasa bangun pagi, apalagi bagi orang-orang yang insomnia. Tetap bangun pagi memiliki manfaat besar, termasuk untuk meningkatkan kualitas tidur, kesehatan mental dan produktivitas. Melansir dari eachnight, berikut ini ini berbagai manfaat bangun pagi agar hidupmu menjadi lebih produktif. 

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Ilustrasi orang cerdas.

Photo :
  • shutterstock.com

Dengan bangun pagi, kamu akan cenderung lebih berkonsentrasi dan lebih waspada serta lebih berenergi sepanjang hari. Antara bangun pagi dan sukses kemungkinan ada hubungannya lho!  Berdasarkan sebuah studi pada 2010, orang-orang yang bangun pagi akan lebih proaktif dan berorientasi pada tujuan, memiliki keterampilan memecahkan masalah yang bagus dan berprestasi di sekolah hingga dapat masuk perguruan tinggi yang bagus begitu pula dengan pekerjaan mereka. 

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Sementara sebuah studi tahun 2008 menemukan mahasiswa yang menyebut dirinya sebagai “morning people” atau orang yang bangun pagi memperoleh nilai penuh lebih tinggi daripada mereka yang begadang. Kurang tidur terkait dengan kinerja kognitif yang memburuk termasuk memori yang buruk, kesulitan berkonsentrasi dan berpikir, dan perubahan suasana hati.

2. Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

Ilustrasi wanita tidur.

Photo :
  • U-Report

Tidur yang cukup dan konsisten dapat meningkatkan tekanan darah, sistem kekebalan tubuh, fungsi dasar otak, suasana hati dan memberi tubuh waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. Bangun pagi dapat membuat tidur cepat lebih mudah dan menjaga waktu tidur dan bangun yang konsisten mengatur ritme sirkadian dan tidur di malam hari lebih nyenyak. Orang yang memiliki jadwal tidur konsisten juga tidak mudah lelah di siang hari. 

3. Suasana Hati dan Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Ilustrasi bahagia dan menjaga kesehatan.

Photo :
  • ist

Orang yang bangun pagi memiliki pikiran yang lebih positif dibandingkan dengan orang yang suka begadang. Mereka ditemukan lebih optimis, menyenangkan, teliti dan puas dengan kehidupan. Orang yang bangun pagi juga kemungkinannya kecil untuk mengembangkan penyakit mental, seperti depresi atau kecemasan. Karena memiliki waktu tidur yang cukup dimana tubuh dan pikiran dapat memulihkan diri sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat.

4. Mengurangi Stres

Ilustrasi wanita/marah/stres.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Manfaat bangun pagi selanjutnya adalah dapat meminimalkan stres dan menyelesaikan pekerjaan tanpa tambahan waktu atau tekanan apa pun. Tidak perlu terburu-buru karena lalu lintas sedikit membuat kamu terlambat, jadi kamu bisa meluangkan waktu. Istirahat yang cukup juga meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah. Tubuh juga menjadi lebih segar dan tidak memiliki tekanan saat bangun lebih awal. 

5. Meningkatkan Produktivitas

Ilustrasi perempuan bekerja

Photo :
  • Times of India

Biasanya kebanyakan orang yang bangun pagi akan memanfaatkan pagi mereka dengan menetapkan tujuan dan perencanaan untuk hari itu. Perencanaan terkait dengan peningkatan produktivitas karena kamu memiliki waktu ekstra dalam sehari untuk menyelesaikan tugas lebih awal atau mencoba hal baru. Ini meminimalkan kelupaan, terutama jika kamu telah menuliskan rencana harian. Pagi yang tenang dapat membuat kamu menyelesaikan pekerjaan tanpa adanya gangguan. 

Itulah manfaat bangun pagi bagi kesehatan tubuh dan mental diri. Apakah kamu sudah menerapkan untuk selalu bangun pagi? 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya