13 Manfaat Buah Jambu Air untuk Kesehatan Tubuh

Buah Jambu Air
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Manfaat buah jambu air sangat beragam untuk Kesehatan tubuh. Jambu air adalah buah yang banyak mengandung air. Buah ini berasal dari Asia Tenggara. Buah jambu air biasa kita jumpai di pekarangan atau di sekitar rumah. Buah jambu air mudah dimakan. Karena buah ini tidak perlu dikupas kulitnya atau semacamnya. Selain bisa dimakan langsung, buah jambu air bisa dijadikan manisan atau pelengkap rujak. Meski buah ini terlihat sederhana, namun buah ini mengandung banyak mineral dan vitamin.

Enam Manfaat Istimewa Jambu Air bagi Kesehatan

Nilai Gizi Jambu Air

Buah Jambu Air

Photo :
  • pixabay
Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju dan Bisa Membantu Sesama

Setelah beberapa penelitian, apel air mengandung banyak mineral dan vitamin. Mineral dan vitamin tersebut adalah air, vitamin C, vitamin A, protein, kalori, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, asam sitrat, tembaga, natrium, serat, tembaga, niasin, mangan, asam sulfat, dan masih banyak lagi. Berikut nilai gizi jambu air yang lebih spesifiknya seperti dikutip dari drhealthbenefits.com. Dalam 100 gram jambu air mengandung:

  • Air 93 g
  • Energi 25 kkal
  • Protein 0,6 g
  • Total lipid (lemak) 0,3 g
  • Abu 0,4 g
  • Karbohidrat 5,7 g
  • Kalsium, Ca 29 mg
  • Besi, Fe 0,07 mg
  • Magnesium, Mg 5 mg
  • Fosfor, P 8 mg
  • Kalium, K 123 mg
  • Seng, Zn 0,06 mg
  • Tembaga, Cu 0,016 mg
  • Mangan, Mn 0,029 mg
  • Vitamin C, 22,3 mg
  • Tiamin 0,02 mg
  • Riboflavin 0,03 mg
  • Niasin 0,8 mg
  • Vitamin A, RAE 17 mcg_RAE
Ada Motor Honda Beat Listrik yang Bisa Dicoba di PEVS 2024, Ini Caranya

Dan mineral lain seperti : protein, zat besi, kalsium, fosfor, asam sitrat dan asam sulfat. Maka tak heran lagi jika buah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Jambu air banyak mengandung vitamin A, vitamin C, serat, air, dan masih banyak lagi. Semua mineral dan vitamin memberikan buah ini banyak manfaat kesehatan, terutama untuk tubuh kita. 

Manfaat buah jambu air untuk Kesehatan tubuh

Buah Jambu Air

Photo :
  • pixabay

1. Mengontrol Diabetes

Apakah kamu menderita diabetes? Atau mungkin kamu sedikit khawatir dengan penyakit ini, karena salah satu keluarga kamu mengidapnya? Dengan buah ini, kamu dapat mengendalikan penyakit diabetes ini. Karena buah ini memiliki gula alami, sehingga tidak akan merusak komposisi gula dalam darah. Dan terutama buah ini mengandung jambosine.

Jambosin? Apa itu? Jambosine adalah sejenis alkaloid yang menunjukkan sesuatu yang luar biasa, terutama bagi penderita diabetes. Karena zat ini dapat mencegah atau mengontrol saripati menjadi gula dalam darah. Ini adalah kabar baik untuk kamu dan penderita diabetes lainnya. Sebuah penelitian lebih lanjut tentang zat ini masih berlangsung tentang jambosine untuk mengontrol gula darah.

2. Menyehatkan Pencernaan

Mungkin terkadang pencernaan kamu sedikit tidak sehat, jangan khawatir. Dengan kandungan serat yang banyak, buah ini bisa membantu dalam hal ini. Dengan banyak mengandung serat akan membantu tubuh lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan, menghilangkan sembelit seperti yang juga terdapat pada manfaat jambu biji. Dan dengan kamu mengkonsumsi jambu air maka akan mencegah pencernaan kamu dari diare, sembelit, dan lain-lain.

3. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sampai saat ini belum diketahui apa penyebabnya. Tapi ada peluang untuk mencegah dari kanker. Makan saja jambu air. Mengapa? Karena terdapat beberapa senyawa aktif di dalam buah jambu air yang mengandung manfaat vitamin C dan manfaat vitamin A, yang dikenal sebagai obat kanker dan efektif mencegah kanker. Beberapa penelitian dan metode tradisional mengklaim bahwa kanker prostat dan kanker payudara, kurangi dengan menambahkan jambu air ke dalam menu diet.

4. Detoksifikasi

Dengan semua mineral dan vitamin yang ada di dalam jambu air, itu bisa menjadi detoksifikasi yang efektif untuk membersihkan racun di dalam tubuh kita. Beberapa orang percaya bahwa jika kita mengkonsumsinya setiap hari, itu dapat membuat tubuh kita lebih kuat untuk melawan racun yang menyebabkan beberapa penyakit.

5. Kesehatan Jantung

Di zaman modern ini, hampir setiap orang memiliki kolesterol tinggi. Sehingga akan mengganggu metabolisme jantung. Tapi apel air bisa meningkatkan metabolisme jantung. Dengan kombinasi serat dan nutrisi di dalam buah jambu air ternyata berpengaruh nyata terhadap jumlah kolesterol juga. Untuk beberapa penelitian, jambu air dapat mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan jantung koroner.

6. Kesehatan Mata

Apakah terkadang mata kamu tidak sehat? Ini dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Kamu dapat menyembuhkannya dengan mengkonsumsi buah apel. Dan tidak hanya untuk kamu yang memiliki mata tidak sehat, tetapi juga untuk orang normal. Untuk orang normal, jambu air juga dapat menjernihkan penglihatan mata. Karena jambu air memiliki komposisi vitamin A yang tinggi.

7. Meningkatkan sistem Kekebalan tubuh

Dengan komponen aktif dan stabil di dalam apel air telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan antijamur. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa hal itu dapat melindungi kulit kita dari perkembangan infeksi dan juga meningkatkan kemungkinan sistem kekebalan tubuh kita dari penyakit apa pun yang disebabkan oleh infeksi.

8. Kesehatan Tulang

Dalam 100 gram apel air mengandung 29 mg kalsium. Kalsium merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tulang. Dengan kalsium yang cukup dapat membuat tulang lebih kuat dan sehat dari sebelumnya. Jadi jika kamu makan buah ini setiap hari, dapat memperbaiki kondisi tulang. Itu bisa membuat tulang kamu lebih kuat dan lebih sehat.

9. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat yang dapat menyebabkan penyakit apa pun, seperti serangan jantung, gangguan ginjal, penuaan dini, dan banyak lainnya. Tapi jambu air bisa bertahan dari radikal bebas. Mengapa? Karena jambu air mengandung vitamin C dan vitamin lainnya yang diperlukan untuk membuat antioksidan alami. Dengan antioksidan alami, kamu dapat mempertahankan radikal bebas.

10. Mengatasi Dehidrasi

Apakah terkadang kamu merasa sedikit lelah? Apakah kamu merasa lebih sering haus? Apakah urin kamu menjadi lebih gelap? Apakah mulut kamu lebih kering dari biasanya? Dan kamu biasanya tidak minum cukup sebagai standar tubuh? Jangan khawatir tentang itu. Makan saja jambu air. Karena dalam 100 gram apel air mengandung 93 gram air. Ini adalah kabar baik untuk kamu. Ini akan membantu kamu mengatasi dehidrasi dan memenuhi kebutuhan air sebagai standar tubuh.

11. Membersihkan Ginjal

Manfaat buah jambu air selanjutnya adalah membersihkan ginjal. Karena di dalam buah jambu air terdapat banyak sekali mineral dan air dimana jika kita mengkonsumsi buah jambu air setiap hari dapat memenuhi standar tubuh. Sehingga dapat meningkatkan metabolisme ginjal dan membantu ginjal untuk membersihkan diri dari ureum dan asam urin yang terkandung di dalam tubuh kita.

12. Sebagai Perawatan Wajah dan Kulit

Apakah kamu khawatir tentang penuaan dini? Apakah kamu khawatir tentang kerutan? Apakah kamu khawatir dengan kesehatan kulit kamu? Untuk masalah itu, konsumsi saja buah jambu air. Karena di dalam buah jambu air terdapat banyak sekali vitamin C. Dalam setiap 100 gram buah apel mengandung 22,3 mg vitamin C.

Vitamin C memiliki manfaat yang lebih banyak dari yang kita ketahui. Ini dapat membantu memperbaiki sel-sel di dalam tubuh kita, dan membantu memperbaiki sel yang rusak. Karena kulit kita lebih sering terjadi regenerasi sel, maka vitamin C memiliki efek yang sangat penting untuk memperbaiki kulit kita dan kemudian membuat kulit kita tampak lebih cerah dan lebih muda dari biasanya.

13. Mengobati Sariawan

Terkadang kita biasanya mengalami sariawan. Bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tapi salah satu faktornya adalah kita biasanya tidak memenuhi standar vitamin C untuk tubuh. Itu bisa menyebabkannya. Tapi apakah kamu ingat bahwa jambu air mengandung vitamin C? Ya. Dalam setiap 100 gram jambu air mengandung 22,3 mg vitamin C. Itu cukup banyak. Jadi jika kamu memakannya secara teratur, kamu tidak akan mengalami sariawan lagi.

Nah itulah tadi tentang manfaat buah jambu air untuk kesehatan. Ada banyak manfaat buah jambu air untuk Kesehatan tubuh. Jambu air juga mengandung sianida. Jadi berhati-hatilah jika kamu ingin diet dengan buah ini atau untuk menyembuhkan sesuatu. 

Buah Jambu Air

Manfaat Jambu Air Hingga Alasan Orang Tak Percaya Tuhan

Sederet berita di kanal Lifestyle VIVA, sukses menarik perhatian pembaca. Mulai dari manfaat kesehatan jambu air, kental manis hingga alasan orang tak percaya Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2022