Kesehatan Mental: Langkah-langkah untuk Sembuh dari Trauma

Ilustrasi stres
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Intensitas suatu trauma, bagaimana trauma itu berdampak pada individu dan kekuatan untuk mengatasinya, secara keseluruhan, menentukan bagaimana seseorang menghadapinya. Banyak di antara kita yang menyerah pada tekanan trauma dan akhirnya mengalami gangguan stres pasca trauma.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Stres yang terkait dengan trauma diabaikan seperti halnya setiap aspek kesehatan mental lainnya. Semua orang mengalaminya pada satu fase kehidupan mereka atau yang lain, tetapi tidak ada yang membicarakannya; baik karena kurangnya kesadaran di mana individu tidak tahu apa yang dia alami atau karena takut dikucilkan sebagai seseorang yang tidak mampu menangani tekanan kata-kata.

Jika Anda menyadari bahwa Anda terlalu menyendiri bahkan dari teman-teman terbaik Anda, cobalah untuk mencari tahu alasan di baliknya. Analisis kejadian baru-baru ini dalam hidup Anda dan temukan perubahan yang mulai terjadi di dalam diri Anda.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Apakah Anda melihat perubahan dalam cara Anda berbicara dengan orang lain? Apakah ada orang yang baru-baru ini memberi tahu Anda tentang betapa kasarnya Anda terdengar karena masalah sepele? Apakah pelayan Anda baru saja memberi tahu Anda bahwa Anda telah duduk linglung dan menganggur selama 30 menit terakhir? Apakah pasangan Anda memberi tahu Anda bahwa bahan makanan tertentu hilang dari dapur bahkan setelah Anda berjanji untuk membawanya dari toko?

Jika ini terjadi baru-baru ini setelah insiden yang mengejutkan, Anda harus mengidentifikasinya dan berupaya menghentikannya. Tujuan utamanya adalah untuk tidak membiarkan efek trauma menguasai diri Anda yang normal, demikian dikutip dari Times of India.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Hadapi itu, sembuhkan dari dalam

Jangan biarkan insiden traumatis menguasai sisi bahagia Anda. Belajarlah untuk mengatasi trauma. Jangan ragu untuk mengambil bantuan. Bicarakan tentang kejadian itu, kepada keluarga dan teman Anda dan mintalah saran mereka. Anda juga dapat menuliskan pengalaman Anda dalam jurnal. 

Tidak harus tentang insiden itu; itu bisa berupa kebiasaan sehari-hari Anda, cerita pendek yang ada dalam pikiran Anda atau bahkan tentang kucing peliharaan Anda.

Jika ini tidak berhasil, mintalah bantuan dari para ahli. Temukan terapis yang sering Anda kunjungi. Hadiri sesi dan dapatkan bantuan. Semakin cepat Anda mengidentifikasinya, semakin kuat Anda menghadapinya, semakin cepat akan sembuh darinya.

?Cobalah metode penyembuhan

Pelajari tentang cara mengatasi stres. Jangan biarkan hidup Anda menjadi duniawi karena suatu kejadian. Temukan teknik mindfulness dan body centered untuk membantu Anda menjalani prosesnya. Ingat semuanya tidak dapat dicapai sampai dicoba, semuanya dapat dicapai setelah dimulai.

?Terapi Desensitisasi dan Pemrosesan Ulang Gerakan Mata (EMDR)

Ini adalah stimulasi otak bilateral di mana emosi terkubur yang belum diproses di otak diproses. Tidak seperti perawatan lain yang berfokus pada perubahan langsung emosi, pikiran, dan respons yang dihasilkan dari pengalaman traumatis, terapi EMDR berfokus langsung pada memori, dan dimaksudkan untuk mengubah cara memori disimpan di otak, sehingga mengurangi dan menghilangkan masalah. gejala, kata para ahli di American Psychological Association.

Teknik Kebebasan Emosional

Ini adalah terapi yang berpusat pada tubuh di mana dokter merangsang titik-titik akupresur untuk membantu pasien mengatasi segala jenis stres. Sesuai studi tentang efek klinis EFT mengatakan bahwa EFT adalah intervensi singkat yang menggabungkan elemen paparan, terapi kognitif, dan stimulasi somatik titik akupresur pada wajah dan tubuh dan menemukan bahwa selama EFT indikator fisiologis kesehatan seperti RHR, BP, dan kortisol menurun secara signifikan, menunjukkan perbaikan. Tingkat kebahagiaan meningkat seperti halnya fungsi sistem kekebalan tubuh.

Latihan Yoga

Ilustrasi wanita yoga.

Photo :
  • U-Report

Latihan pikiran dapat melakukan keajaiban seperti tidak ada. Namun, sulit untuk memasukkan pikiran ke dalamnya ketika seseorang menghadapi trauma. Lebih baik bergabung dengan kelas yoga dan berlatih mindfulness selama satu atau dua jam. 

Setelah Anda merasa dapat berkonsentrasi, Anda dapat melakukannya di rumah. Berbagai pose Yoga seperti Surya Namaskar telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental dan terbukti meningkatkan fungsi otak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya