10 Manfaat Buah Nangka, Atasi Kanker Hingga Menurunkan Berat Badan

Buah nangka
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat buah Nangka sangat beragam dan baik untuk kesehatan. Nangka adalah buah tropis unik yang popularitasnya meningkat. Buah Nangka ini memiliki rasa manis yang khas dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam masakan. Buah nangka sangat bergizi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Buah Nangka merupakan bagian dari keluarga tanaman Moraceae, yang juga termasuk buah ara, murbei dan sukun. Nangka memiliki kulit luar yang runcing dan berwarna hijau atau kuning. Salah satu aspek unik dari nangka adalah ukurannya yang luar biasa besar. Ini adalah buah pohon terbesar di dunia dan dapat mencapai berat hingga 80 pon (35 kg).

Nangka memiliki rasa manis dan buah yang halus. Dikatakan rasanya mirip dengan kombinasi buah-buahan, termasuk apel, nanas, mangga dan pisang. Vegan dan vegetarian sering menggunakan buah ini sebagai pengganti daging karena teksturnya yang sebanding dengan abon.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Karena nangka mampu bertahan di iklim tropis, nangka dapat menjadi sumber kalori dan karbohidrat utama bagi orang-orang di negara berkembang. Bagian nangka yang paling sering dikonsumsi adalah dagingnya, atau polongnya, yang dapat dimakan baik saat matang maupun mentah. Ini dapat digunakan dalam hidangan manis dan gurih, termasuk makanan penutup dan kari. Bijinya juga aman untuk dikonsumsi.

Nutrisi Nangka

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Buah nangka.

Photo :
  • U-Report

Nangka memiliki nutrisi yang mengesankan. Dikutip dari healthline, ini mengandung kalori dalam jumlah sedang, menyediakan 155 dalam porsi satu cangkir (165 gram). Sekitar 92% kalori berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan sedikit lemak. Selain itu, nangka mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, serta serat dalam jumlah yang layak. Satu cangkir irisan buah memberikan nutrisi berikut:

  • Kalori: 155
  • Karbohidrat: 40 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 3 gram
  • Vitamin A: 10% dari RDI
  • Vitamin C: 18% dari RDI
  • Riboflavin: 11% dari RDI
  • Magnesium: 15% dari RDI
  • Kalium: 14% dari RDI
  • Tembaga: 15% dari RDI
  • Mangan: 16% dari RDI

Yang membuat nangka unik dari buah lainnya adalah kandungan proteinnya. Ini menyediakan lebih dari 3 gram protein per cangkir, dibandingkan dengan 0-1 gram pada jenis buah serupa lainnya, seperti apel dan mangga. Nangka juga kaya akan beberapa jenis antioksidan, yang kemungkinan besar bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatannya.

Manfaat buah Nangka untuk Kesehatan

Buah nangka.

Photo :
  • U-Report

Terobosan nangka terletak pada komponennya yang kaya dan unik, seperti yang terlihat di atas, yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan memberikan solusi untuk berbagai masalah kesehatan mulai dari kanker hingga penurunan berat badan dan masih banyak lagi. Berikut adalah 10 manfaat ajaib untuk masalah kesehatan utama yang dikutip dari lifehack:

1. Penyembuh kanker

Manfaat buah Nangka ternyata dapat menyembuhkan kanker. Karena kaya dengan anti-oksidan dan fitonutrien, ditambah kandungan Vitamin C, nangka dapat menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit dan kanker prostat. Sifat-sifat ini mengobati kerusakan sel dan mengembangkan resistensi.

2. Sebagai penurun berat badan

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, kamu wajib mencoba makan buah Nangka. Karena tingkat obesitas sedang meningkat, nangka dapat membantu menurunkan berat badan karena bebas lemak dan rendah kalori yang memungkinkan para pelaku diet untuk mengonsumsinya dengan aman dan nyaman serta mendapat manfaat penuh dari semua nutrisi lainnya.

3. Peredam tekanan darah

Manfaat buah Nangka lainnya yaitu bisa meredam tekanan darah. Dengan jumlah potasium yang tinggi, nangka mengurangi dan mengontrol tekanan darah yang akibatnya menurunkan kemungkinan serangan jantung, stroke, dan gangguan kardio secara umum.

4. Pencernaan membaik

Nangka berkontribusi dalam meningkatkan sistem pencernaan ketika memakannya secara teratur karena kandungan seratnya yang tinggi (3,6 g untuk setiap 100 g). Ini tidak menyebabkan sakit perut bahkan jika dimakan dalam jumlah besar dan meningkatkan pergerakan usus. Ini juga melindungi usus besar dengan menghilangkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

5. Penyembuh insomnia

Manfaat buah Nangka selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan insomnia. Gangguan tidur dapat disembuhkan dengan makan nangka, karena kaya dengan magnesium dan zat besi yang membantu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Magnesium juga membantu dalam mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab utama insomnia.

6. Obat diabetes

Meskipun rasanya sangat manis, nangka aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena secara perlahan menyerap gula ke dalam aliran darah yang memungkinkan pasien diabetes untuk mengkonsumsinya dengan aman sekaligus mendapatkan semua manfaat kesehatannya. Ini juga meningkatkan toleransi glukosa untuk kedua jenis diabetes.

7. Perawatan mata dan kulit

Ternyata manfaat buah Nangka bisa untuk perawatan mata dan kulit lho. Dengan kekayaan vitamin A, nangka baik untuk menjaga kesehatan penglihatan mata karena meningkatkan penglihatan mata dan bertindak sebagai pencegah katarak dan degenerasi makula. Ini juga dianggap sebagai komponen anti-penuaan aktif untuk pancaran kulit. Ini melindungi kulit rusak yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan mengobati kerutan.

8. Penyembuh maag

Manfaat buah Nangka lainnya yaitu sebagai penyembuh penyakit maag. Sebagai obat khas untuk pengobatan maag meninggalkan beberapa efek samping, nangka adalah cara terbaik untuk mengobati gangguan maag karena mengandung sifat anti-ulseratif, antiseptik, anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

9. Untuk kesehatan tulang

Untuk suplemen kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, makan buah nangka sangat dianjurkan. Selain kalsium, Nangka juga mengandung vitamin C dan magnesium yang dapat membantu penyerapan kalsium.

10. Penguat sistem saraf

Manfaat buah Nangka yang terakhir yaitu sebagai penguat system saraf. Kelelahan, stres dan kelemahan otot juga dapat diobati dengan mengkonsumsi nangka dalam makanan sehari-hari karena kandungan vitaminnya yang kaya seperti tiamin dan niasin (Porsi 100 g daging nangka menyediakan 4 mg niasin). Ini juga merupakan sumber energi yang sempurna. Meski demikian, penelitian masih dilakukan untuk lebih banyak hasil dan penemuan sifat uniknya yang akan memberikan lebih banyak solusi untuk masalah kesehatan.

Risiko Makan Nangka

Buah nangka.

Photo :
  • U-Report

Meskipun aman bagi sebagian besar orang, beberapa orang mungkin perlu membatasi atau menghindari nangka. Orang-orang tertentu alergi terhadapnya, terutama mereka yang alergi terhadap serbuk sari birch. Selain itu, karena potensinya untuk menurunkan kadar gula darah, penderita diabetes mungkin perlu mengubah dosis obatnya jika mereka makan buah ini secara teratur. Namun demikian, mengkonsumsi nangka tidak pernah dilaporkan menyebabkan efek samping yang serius, dan aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang.

Alasan mengkonsumsi buah nangka

Buah Nangka

Photo :

Nangka sangat baik karena berbagai alasan. Buah Nangka ini tinggi nutrisi dan antioksidan yang mungkin memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kontrol gula darah. Kamu dapat menambahkan buah nangka ke dalam makanan ataupun memakannya secara langsung dalam berbagai hidangan. Itu membuat alternatif daging yang sangat baik dalam resep vegetarian dan vegan.

Nangka segar paling mudah ditemukan selama bulan-bulan musim panas, tetapi kamu dapat menemukan nangka kalengan di sebagian besar toko kelontong sepanjang tahun. Menambahkan nangka ke dalam makanan patut untuk dicoba, karena cukup sehat.

Itulah informasi tentang manfaat buah Nangka yang memiliki beragam manfaat bagi Kesehatan. Semoga artikel bermanfaat.

OCS Indonesia (Doc: Natania Longdong)

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Industri Facility Management (FM) yang memasok pekerja outsourcing di Indonesia mengatakan bahwa pasar Indonesia lebih baik dari Vietnam dan Kamboja.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024