13 Manfaat Buah Rambutan, Cegah Kanker hingga Perawatan Kulit

Manfaat buah rambutan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Manfaat buah rambutan sangat beragam untuk kesehatan tubuh. Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah asli Asia Tenggara. Rambutan tumbuh di pohon yang tingginya bisa mencapai 80 kaki (27 meter) dan tumbuh subur di iklim tropis, seperti di Malaysia dan Indonesia.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Diketahui jika buah rambutan ini mendapat namanya dari kata Melayu untuk rambut karena buah seukuran bola golf memiliki cangkang berbulu merah dan hijau. Penampilannya yang jelas sering dibandingkan dengan bulu babi. Buah ini berkerabat dengan buah leci dan lengkeng yang memiliki penampilan mirip saat dikupas. Daging buahnya yang berwarna putih bening memiliki rasa yang manis namun lembut dan mengandung biji di tengahnya.

Nutrisi buah rambutan

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Buah Rambutan

Photo :
  • U-Report

Rambutan kaya akan nutrisi seperti vitamin B5, yang berperan penting dalam membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Vitamin B5 hanya tersedia melalui makanan, dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda, oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi 5mg setiap hari. Berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah rambutan melansir dari webmd. Rambutan juga merupakan sumber yang sangat baik untuk:

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Kalsium
  • Folat
  • Kolin

Nutrisi per Porsi

Satu buah rambutan ukuran sedang mengandung:

  • Kalori: 7
  • Protein: Kurang dari 1 gram
  • Lemak: Kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: Kurang dari 1 gram
  • Gula: Kurang dari 1 gram

Manfaat buah rambutan diantaranya menyembuhkan penyakit kecil seperti bibir kering dan sariawan, meningkatkan kesehatan mata, pencegahan anemia, menurunkan kolesterol jahat, mencegah kanker, membersihkan ginjal, penambah kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, obat diare, mencegah sembelit, meremajakan kulit, membuat rambut sehat, dan baik untuk ibu hamil.

Buah Rambutan memiliki segudang manfaat kesehatan. Mereka terbuat dari serat, karbohidrat, protein, dan simpanan besar vitamin seperti vitamin A dan C. Selain itu, Kamu bisa mendapatkan berbagai mineral seperti kalsium dan seng, antara lain dari rambutan segar. Berikut manfaat buah rambutan yang dikutip dari conserve-energy-future.

Manfaat buah rambutan

Ilustrasi buah rambutan.

Photo :
  • Istimewa/deviantart

1. Obat untuk Penyakit Kecil seperti Bibir Kering dan Sariawan

Orang yang makan dengan sedikit vitamin C menderita penyakit kecil seperti bibir kering dan mulut cemara. Dengan mengkonsumsi rambutan akan melepaskan sejumlah besar vitamin C ke dalam tubuh sehingga bertindak sebagai obat untuk penyakit tersebut. Selanjutnya, vitamin C efektif melawan sakit tenggorokan di antara penyakit lainnya.

Rambutan mungkin lebih kecil dari lemon, tetapi jumlah vitamin C di dalamnya cukup untuk membantu menyingkirkan penyakit sederhana. Konsumsi saja saat segar dan matang untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Namun, kamu harus membuang bijinya sebelum menelannya.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dalam tubuh dikaitkan dengan masalah mata. Kekurangan vitamin A menyebabkan komplikasi mata ringan, tetapi jika tidak diobati, kompleksitas menjadi lebih mematikan. Untuk memastikan mata kamu tetap sehat, kamu bisa mengambil langkah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dalam pengertian ini; rambutan akan menjadi pilihan terbaik. Konsentrasi vitamin A yang tinggi dalam buah ini dapat meringankan dari masalah mata.

Konsumsi rambutan secara teratur, dapat menjamin kamu memiliki penglihatan yang jelas dan mata yang sehat. Akan lebih sehat jika kamu menambahkan sumber vitamin A lain ke dalam makanan. Tetapi pastikan kamu memiliki antara 2 hingga 5 rambutan dalam makanan penutup.

3. Pencegahan Anemia

Anemia bukanlah kata asing bagi anak perempuan yang telah mengalami menstruasi. Ini bukan kondisi yang sangat umum, dan terkadang tidak terdeteksi. Selain itu, ini bukan kondisi yang sangat berbahaya, tetapi lebih baik tetap aman dengan menghindari komplikasi tersebut.

Jika kamu ingin menghindari hari-hari yang membosankan, melelahkan, dan lemah akibat kehilangan eritrosit yang berlebihan, rambutan bisa menjadi obat yang efisien. Rambutan mengandung sejumlah besar zat besi yang diperlukan untuk pembentukan zat besi. Mengkonsumsi rambutan akan memberi kamu zat besi yang di butuhkan untuk meremajakan eritrosit tubuh, sehingga melindungi anemia.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kolesterol LDL dikaitkan dengan ancaman yang cukup besar bagi tubuh. Dalam jumlah yang sangat besar, menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung antara lain, yang dapat dengan mudah menyebabkan kematian. LDL adalah antitesis lengkap dari HDL, yang merupakan kolesterol baik. Dengan teknologi medis canggih, penyakit jantung sekarang dapat diobati, tetapi kemungkinan untuk bertahan hidup sangat kecil.

Ini menciptakan esensi tetap aman dengan menghindari akumulasi kolesterol jahat dalam tubuh kita. Rambutan secara signifikan dapat membantu menurunkan tingkat LDL. Rambutan mengandung flavonoid; antioksidan yang bekerja melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah rambutan selanjutnya untuk mencegah kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang dikaitkan dengan angka kematian yang sangat besar di dunia. Sebagian besar, kanker terkait dengan radikal bebas dalam tubuh kita dikatakan berasal dari makanan yang tersedia untuk dikonsumsi di era saat ini.

Radikal bebas dengan cepat menghancurkan tubuh kita dengan mengundang sel kanker. Sulit untuk mengatakan apa yang terjadi dan mendeteksi sel kanker ketika seseorang segera terinfeksi hampir tidak mungkin. Namun, kita dapat melindungi diri dari dengan mengontrol jenis makanan yang kita konsumsi. Dengan mengkonsumsi buah rambutan, kita dapat memanfaatkan manfaat kesehatan yang luar biasa seperti pencegahan kanker. Buah ini mengandung sejumlah besar antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Setidaknya tiga buah rambutan sehari sudah cukup untuk meminimalkan risiko tertular kanker.

6. Membersihkan Ginjal

Selain mencegah kanker, manfaat buah rambutan juga bisa membersihkan ginjal. Ginjal menyaring darah dan menghilangkan bahan limbah dari tubuh kita yang kemudian dikeluarkan melalui urin. Namun, kondisi seperti batu ginjal dan gagal ginjal menyebabkan penderitaan dan kematian.

Proses detoks terkadang meninggalkan residu di ginjal kita yang jika dibiarkan menumpuk bisa berisiko gagal ginjal. Rambutan sangat penting bagi tubuh kita karena membantu membersihkan ginjal. Buah mengandung Fosfor yang mendetoksifikasi racun yang tertinggal di ginjal. Untuk memfasilitasi hal ini, kamu diharuskan menjadikan rambutan sebagai bagian dari makanan sehari-hari.

7. Penambah Imunitas

Ternyata manfaat buah rambutan juga bisa menambah imunitas tubuh. Pertarungan melawan penyakit tunduk pada kekebalan. Kekebalan yang baik membantu tubuh kita melawan infeksi dan patogen penyebab penyakit. Namun, kita rentan terhadap infeksi jika kekebalan tubuh rendah. Mengkonsumsi rambutan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C yang terkandung dalam rambutan bertindak sebagai antioksidan alami. Bersama dengan antioksidan lain seperti flavonoid, kemampuan tubuh melawan penyakit meningkat. Selanjutnya, nutrisi dalam buah sangat penting dalam menciptakan sel darah putih yang sebagai tentara untuk melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Hasilnya, tubuh kita tetap terlindungi

8. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah rambutan selanjutnya yaitu menurunkan tekanan darah. Saat ini, banyak orang, terutama yang berusia lanjut, menderita tekanan darah tinggi. Peningkatan kadar tekanan darah meningkatkan risiko tertular penyakit seperti penyakit jantung yang dapat dengan mudah menyebabkan kematian.

Bahkan di usia muda, seseorang bisa menderita tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan kondisi dan penyakit yang merugikan tubuh. Untuk menghindari risiko tekanan darah tinggi, mengonsumsi rambutan bisa sangat membantu. Buah ini mengandung mineral yang membantu mencegah serangan jantung dengan bertindak sebagai obat alami.

9. Obat untuk Diare

Makanan yang kita konsumsi bisa saja terinfeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit tersebut antara lain diare. Menderita diare dapat melumpuhkan usaha sehari-hari kamu, dan jika tidak diobati, bahkan dapat menyebabkan kematian. Rambutan bertindak sebagai sarana di mana kita dapat menghindari kekacauan yang disebabkan oleh diare.

Selanjutnya, rambutan melindungi organ pencernaan. Mengkonsumsi buah-buahan ini akan menghilangkan rasa takut kamu untuk mengonsumsi makanan yang dibeli dari luar. Namun, kamu harus memastikan bahwa kamu benar-benar membersihkannya sebelum dikonsumsi.

10. Mencegah Sembelit

Manfaat buah rambutan lainnya yaitu mencegah sembelit. Sembelit adalah teman diare. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan serat dalam tubuh kita dalam sehari. Sebanyak asupan buah dan sayur sangat dianjurkan, konsumsi serat juga tak kalah penting. Untuk meningkatkan asupan serat, konsumsi rambutan bisa membantu. Buah ini kaya serat dan vitamin C yang membantu membersihkan dan mengurangi kemungkinan sembelit. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi rambutan setiap hari untuk memanfaatkan manfaatnya secara maksimal.

11. Peremajaan Kulit

Manfaat buah rambutan ternyata bisa meremajakan kulit. Kulit adalah organ tubuh yang sangat halus. Ini mendefinisikan penampilan sehingga menciptakan esensi merawatnya. Dalam rambutan, kamu akan menemukan protein dan mineral penting lainnya yang dapat membantu mengisi kembali kulit.

Protein dalam buah membantu mengganti sel-sel mati di permukaan dengan yang baru. Intinya, kulit akan tetap sehat dan segar. Selain itu, masalah jerawat pasti akan berkurang. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk merawat kulit kamu. Rambutan bisa menjadi solusi utama untuk masalah kulit dengan menjadikan konsumsinya sebagai gaya hidup.

12. Membuat Rambut Mewah dan Sehat

Rambutan membuat rambut lebih mewah dan sehat. Ini karena buah mengandung seng dan protein yang mengarah pada kesehatan dan pertumbuhan rambut yang lebih baik. Membeli rambutan lebih murah daripada membeli lotion rambut dan sampo. Mengkonsumsi buah secara teratur memberikan hasil yang sama seperti menggunakan krim dan sampo yang mahal

13. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah rambutan yang terakhir baik untuk ibu hamil. Sangat menantang untuk berjalan-jalan dengan anak kecil di perut ibu hamil. Banyak perawatan diperlukan untuk menjaga kamu dan bayi agar tetap sehat. Bagi ibu hamil, sembelit dan mual di pagi hari, serta berbagai sensasi mengganggu lainnya, sangat merajalela. Rambutan sangat penting dalam mengurangi perasaan ini dengan membantu pencernaan dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik.

Kesimpulan manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh

Buah rambutan.

Photo :
  • U-Report

Banyak komplikasi kesehatan mendorong orang untuk mencari perhatian medis. Namun, ada beberapa cara alami di mana masalah tersebut dapat diselesaikan. Rambutan dianggap sebagai solusi untuk kondisi kesehatan seperti kulit, sembelit, dan diare di antara banyak lainnya. Ini adalah buah yang tidak boleh dilewatkan di setiap makan. Ini akan membantu Anda menuai manfaat kesehatan sepenuhnya. Ini mengandung berbagai mineral seperti protein dan seng, vitamin seperti vitamin C dan A dan antioksidan.

Semua ini bergabung untuk melawan patogen penyebab penyakit serta kondisi yang dapat menyebabkan kesehatan yang buruk. Buah ini direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh semua orang. Hal ini karena membantu tubuh tumbuh sehat dan menjauhkan diri dari penyakit. Masyarakat yang membutuhkan timbunan nutrisi dan kesehatan yang baik disarankan untuk mengkonsumsi buah rambutan setiap hari. Orang-orang tersebut termasuk ibu hamil, wanita yang mengalami menstruasi, dan orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah seperti pasien HIV/AID.

Itulah manfaat buah rambutan yang kaya akan nutrisi dan bagus untuk kesehatan tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi buah rambutan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan tubuh.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024