Kadar Lemak Dalam Darah Dapat Memprediksi Risiko Diabetes Tipe 2

Lemak dalam darah
Sumber :
  • newscientist.com

VIVA – Tingkat 184 molekul lemak dalam darah dapat membantu memprediksi mereka yang berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, bertahun-tahun sebelum gejala muncul.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Dokter saat ini menilai risiko kondisi ini dengan mengukur indeks massa tubuh, tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah seseorang. Profil genetik tertentu juga telah dikaitkan dengan risiko penyakit.

“Kami menunjukkan bagaimana [mengukur konsentrasi lemak darah] dapat memperluas perangkat kami untuk deteksi dini individu yang berisiko tinggi terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular,” kata Chris Lauber dari Lipotype GmbH, sebuah perusahaan biotek di Jerman, mengatakan dalam siaran pers yang dilansir dari newscientist.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Lauber dan rekan-rekannya menganalisis data sekitar 4.000 orang yang mengambil bagian dalam penelitian sebelumnya yang berlangsung dari tahun 1991 hingga 2015 di Swedia. Sampel darah mereka dianalisis dengan spektrometer massa untuk mengukur kadar 184 lemak – juga dikenal sebagai lipid.

Gula darah

Photo :
  • Indian Express
Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Tim menggunakan informasi ini untuk pertama melatih model komputer untuk membuat hubungan antara diabetes tipe 2 atau penyakit kardiovaskular dan konsentrasi lipid pada dua pertiga orang pada awal studi awal.

Mereka menggunakan model tersebut untuk menghitung skor risiko penyakit dari tingkat lipid pada sepertiga sisa orang yang tidak termasuk dalam kumpulan data pelatihan. 

Mereka menemukan bahwa 10 persen orang yang diprediksi dengan pendekatan baru berada pada risiko tertinggi diabetes tipe 2 memiliki tingkat penyakit 168 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan tingkat rata-rata di seluruh kelompok studi.

Sementara itu, 10 persen orang yang diprediksi berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular memiliki tingkat penyakit ini 84 persen lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat rata-rata di semua peserta.

Dinilai lebih akurat

Analisis mengungkapkan bahwa memprediksi risiko penyakit berdasarkan profil lemak lebih akurat daripada menggunakan data genetik, dan menggunakannya dalam kombinasi sedikit meningkatkan hasil dibandingkan dengan menggunakan profil lipid saja.

“Kami membutuhkan banyak cara untuk menangkap risiko [diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular] dengan cara yang tepat untuk seorang individu. Skor risiko [dihitung dari profil lemak] mungkin menjadi alat baru dan efisien untuk pencegahan penyakit ini dengan beban sosial yang besar,” kata Samuli Ripatti dari Universitas Helsinki di Finlandia.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hasil dan menentukan apakah lemak dalam darah ini menyebabkan penyakit itu sendiri, atau mencerminkan perubahan lain pada metabolisme tubuh yang menyebabkan penyakit.

Spektrometer massa yang digunakan untuk mengukur profil lipid tersedia di beberapa laboratorium klinis, tetapi penelitian lebih lanjut juga memungkinkan pengukuran lemak darah secara lebih luas.

“Tantangannya sekarang adalah mengembangkan platform yang dapat menerjemahkan temuan menarik ini ke dalam uji klinis,” kata Peter Meikle dari Baker Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya