WHO Temukan Subvarian Omicron BA.3, Seberapa Parah?

COVID-19 varian Omicron.
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan, mereka sedang memantau banyak varian COVID-19 turunan Omicron. Ini termasuk tiga subvarian yakni BA.1, BA.1.1, BA.2, dan BA.3. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Laporan menunjukkan variasi Delta Coronavirus terdiri dari sekitar 200 sub-varian. Varian Omicron memiliki sub-varian BA.1, BA.2, BA.3, dan B.1.1.529, dengan sub-varian BA.1 mendominasi hingga saat ini, dan para ilmuwan akhir-akhir ini memperingatkan tentang sub-varian BA.2 .varian. 

Kini, pakar WHO telah menunjukkan ada kemungkinan turunan lagi dari Omicron subvarian BA.3. Organisasi kesehatan dunia juga melihat data dunia secara nyata untuk melihat apakah subvarian Omicron ini menyebabkan "penyakit yang lebih parah" pada hewan uji coba.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa Omicron adalah varian yang menjadi perhatian dan kami melacak Omicron di beberapa subgaris keturunan. Yang paling menonjol yang terdeteksi di seluruh dunia adalah BA.1, BA.1.1 dan BA.2. Ada juga BA.3 dan turunan lainnya juga," ujar pakar penyakit menular terkemuka WHO, Maria Van Kerkhove, dalam laman The Health Site.

Logo WHO.

Photo :
  • WHO
Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

WHO, menurut Kerkhove, juga melihat sinyal keparahan gejala akibat subvarian itu. Pada tanggal 5 Maret 2022 kemarin, Maria yang juga sebagai COVID-19 Technical Lead di World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa tingkat keparahan subvarian BA.2 dan BA.1 dari Omicron serupa dan ada juga garis keturunan lagi dari BA.3.

"Dan kami melihat perbedaan tingkat keparahan pada tingkat populasi dalam hal peningkatan risiko rawat inap orang yang terinfeksi BA.2 dibandingkan dengan BA.1? Dan apa yang tidak dievaluasi dari beberapa negara adalah bahwa kami melihat perbedaan tingkat keparahan BA.1 dibandingkan dengan BA.2,” lanjutnya.

Semua Tentang Varian Turunan BA.3

COVID-19 varian Omicron.

Photo :
  • Times of India

Menurut data WHO, Omicron meliputi garis keturunan Pango B.1.1.529 dan garis keturunan Pango BA.1, BA.1.1, BA.2, dan BA.3. Kehadiran sublineage (turunan) BA.3 juga dikonfirmasi dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Virology pada 18 Januari 2022.

Sublineage BA.3 awalnya ditemukan di barat laut Afrika Selatan. Menurut penelitian, hanya 0,013 persen dari total sekuens genom yang diunggah ke database GISAID pada 11 Januari 2022, adalah subvarian BA.3 Omikron, dengan BA.1 menjadi yang paling umum. Studi ini juga menemukan bahwa BA.3 memiliki mutasi yang lebih sedikit daripada BA.1 dan berteori bahwa hilangnya mutasi dapat menjadi salah satu alasan tingkat infeksi BA.3 yang lebih rendah.

Apakah Varian Omicron BA.3 Parah?

COVID-19 varian Omicron.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock

Studi telah melabeli BA.3 sebagai garis keturunan Omicron dengan jumlah mutasi paling sedikit. Dampak suatu varian virus terhadap tubuh manusia ditentukan oleh bagaimana tubuh inang bereaksi terhadap virus tersebut.

Di antara semua variasi virus corona yang ditemukan sejauh ini, Omicron dianggap yang paling ringan. Ada lebih sedikit rawat inap selama gelombang ketiga, yang sebagian besar didorong oleh subvarian BA.1-nya. Varietas ini, di sisi lain, menyebar dengan cepat.

Mengacu pada penelitian di Jepang, Maria Van Kerkhove berkata bahwa ini adalah penelitian eksperimental, yang mengamati hamster secara khusus. Dan apa yang mereka lihat adalah apakah, secara eksperimental di dalam hamster, ada sinyal yang menyebabkan penyakit yang lebih parah di bawah kondisi eksperimental ini.

"Kami juga melihat keparahan dalam apa yang kami sebut dunia nyata," tegasnya.

Sementara sedikit yang diketahui tentang tingkat keparahan efek tiga sub variasi, jelas bahwa mereka memiliki efek yang sama karena mereka memiliki varian induk yang sama, sesuai laporan. Sesuai gejala varian Omicron BA.3, gejala umum Omicron termasuk sakit tenggorokan, pilek, bersin, sakit kepala, sakit tubuh dan demam ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya