3 Cara agar Meditasi Bisa Redakan Stres

Ilustrasi meditasi
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA – Jadwal meeting yang padat dan banyak deadline yang harus diselesaikan, tak jarang membuat kita mudah stres. Meskipun hanya di rumah dan menatap layar, tubuh dan pikiran bisa lelah juga, lho. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Enggak melulu harus liburan dan makan makanan enak, kamu bisa meredakan stres dengan cara yang mudah. Tidak butuh waktu lama dan pastinya murah meriah. Yap, kamu bisa mencoba meditasi.

Meditasi singkat bisa kamu lakukan di mana saja. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meredakan stres dengan meditasi, dikutip dari siaran pers iBox, Senin 7 Maret 2022. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Meditasi penurunan berat badan

Photo :
  • U-Report

Pilih posisi paling nyaman

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Kamu bisa memilih duduk di kursi kerja atau duduk lesehan. Yang penting pilih tempat yang paling nyaman supaya kamu bisa fokus. Setelah memilih tempat duduk, pastikan duduk dengan posisi punggung tegak dan kepala lurus ke depan. 

Pejamkan mata

Menutup mata dengan lembut merupakan salah satu kunci melakukan meditasi untuk meredakan stres, dengan melemaskan segala otot pada muka. Pada tahap ini, fokus utamanya ialah membuat setiap bagian tubuh rileks. 

Jika kamu merasakan ketegangan di bagian tubuh tertentu, tarik napas dalam-dalam dan biarkan tubuh kamu jadi lebih santai dan rileks.

Kosongkan pikiran

Ini kunci berikutnya supaya meditasi bisa menjadi sarana untuk meredakan stres dan mengosongkan pikiran merupakan bagian yang paling sulit. Kamu hanya butuh tidak berpikir apapun, biarkan pikiran kosong tanpa memikirkan sesuatu. 

Supaya makin konsentrasi, kamu bisa memanfaatkan fitur Active Noise Cancelling (ANC) pada AirPods Pro atau AirPods Max. Enggak melulu saat mendengarkan musik dan virtual meeting, fitur ini bisa kamu aktifkan begitu saja supaya bisa fokus mengosongkan pikiran dan tidak mendengarkan suara apapun dari luar. 

Jika ingin belajar dari meditation expert secara langsung, kamu bisa langganan layanan kebugaran, Apple Fitness+. Ada 11 tipe olahraga, termasuk HIIT, Yoga, dan Strength, serta meditasi yang dipandu langsung oleh instruktur profesional.

Layanan Apple Fitness+ bisa kamu akses lewat iPhone dan iPad lewat aplikasi Health. Dan bisa kamu hubungkan juga dengan Apple Watch untuk mendukung aktivitas olahraga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya