4 Alasan Kentut Sangat Bau dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi orang kentut
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Kentut bisa berbau tidak sedap suatu hari, dan hampir tidak terlihat di hari berikutnya - hanya embusan angin. Menurut Medical News Today, bau busuk hanya berlaku untuk sekitar satu persen dari gas yang dikeluarkan orang, yang sebagian besar hampir bebas bau..

Rahasia Turun 3 Kg Seminggu! Diet Sehat Tanpa Kelaparan

Bagi sebagian orang, mungkin terasa seperti setiap kali mereka membiarkan kentut mereka mengevakuasi ruangan. Di sini kami mengeksplorasi alasan kentut bau dan bagaimana menghentikannya, seperti dikutip dari laman The Sun. 

1. Makanan yang dimakan

Masakan Ussy Sulistiawaty Bisa Buat Pertengkaran dengan Andhika Pratama Mereda

Mungkin penyebab paling umum dari bau kentut adalah makanan yang Anda makan. Perut Anda berjuang untuk memecah makanan tertentu saat mereka bergerak melalui usus, menyebabkan gas.

Misalnya, kacang mengandung gula dan serat yang sulit dicerna oleh tubuh kita. Tetapi jika makanan ini menghasilkan lebih banyak gas, apa yang membuatnya berbau?

5 Faktor Penghambat Penurunan Berat Badan yang Bikin Diet Gagal Terus!

"Lebih banyak hidrogen sulfida diproduksi oleh tubuh ketika memecah makanan kaya protein. Inilah sebabnya mengapa kita mungkin memperhatikan kentut kita lebih berbau setelah makan banyak daging, atau protein shake," kata Alex Glover Ahli Gizi Senior di Holland & Barrett kepada The Sun .

Rob Hobson, Kepala Nutrisi Healthspan, setuju bahwa daging - terutama potongan berlemak seperti daging sapi dan babi - "bisa sedikit berbau".

“Mereka bisa memakan waktu lama untuk dicerna di usus yang membuat mereka berfermentasi. Daging berlemak khususnya kaya akan metionin yang merupakan asam amonia yang mengandung belerang."

Rob menjelaskan bahwa gas hidrogen sulfida memberikan kentut "bau telur busuk". Tapi bukan hanya pemakan daging yang terpengaruh.

Makanan lain yang bisa membuat menghasilkan angin adalah:

Brokoli
Kembang kol
Kubis
Bawang putih
Bawang
Kacang-kacangan (kacang polong, buncis, buncis)
Kacang-kacangan dan buah kering
Bir dan anggur

Ilustrasi brokoli.

Photo :
  • U-Report

Rob Hobson juga mengatakan untuk memperhatikan asupan pemanis buatan dalam minuman diet, permen, dan permen karet. Ini adalah gula alkohol dan lebih sehat daripada yang asli.

"Seperti penyebab gas buruk lainnya, ini tidak sepenuhnya diserap dalam tubuh yang berjalan ke usus besar di mana mereka berkontribusi pada gas yang berbau busuk."

Menurut Alex, yang harus dilakukan adalah mulai dengan mengurangi telur, daging, dan sayuran seperti kubis dan kecambah.

"Makanan seperti bawang juga mengandung serat yang dapat difermentasi dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan kelebihan gas."

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

NHS mengatakan untuk mengurangi gas secara umum, Anda harus makan dalam porsi kecil, lebih sering, dan minum atau mengunyah makanan secara perlahan untuk mencegah perut kembung yang berbau.

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan Anda menelan terlalu banyak udara, yang pada gilirannya menyebabkan gas.

2. Intoleransi makanan

Intoleransi makanan - seperti susu atau gluten - dapat menyebabkan gas bau. Anda mungkin juga akan mengalami gejala seperti gangguan pencernaan, kembung, sembelit dan diare.

“Intoleransi makanan dapat membuat Anda terkena angin yang tidak sedap jika Anda memakan makanan penyebabnya. Contohnya di sini adalah intoleransi laktosa di mana orang kekurangan enzim yang mencoba memecahnya," kata Rob.

Ia menambahkan, "Ini berarti laktosa bergerak ke usus yang tidak tercerna di mana ia diberi makan oleh bakteri yang meninggalkan Anda dengan gas bau."

Jutaan orang tidak toleran terhadap laktosa - gula alami yang ditemukan dalam produk susu seperti keju, susu, dan es krim. Itu tidak membantu bahwa makanan susu juga lebih tinggi kandungan belerangnya.

Sementara itu, penyakit celiac adalah gangguan autoimun ketika tubuh bereaksi terhadap pencernaan gluten, yang terdapat pada roti, pasta, sereal, dan banyak lagi makanan umum lainnya. Sistem pencernaan akan bereaksi negatif terhadap protein, menyebabkan sakit perut yang parah dan kembung yang berlebihan.

Cara mengatasinya: Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari makanan yang tidak Anda toleransi, atau setidaknya jika Anda tidak mampu menghadapi konsekuensinya.

Tapi intoleransi makanan bisa sangat tidak nyaman dan memengaruhi kualitas hidup. Jika Anda berpikir terpengaruh, temui dokter umum Anda yang kemungkinan akan meminta Anda untuk membuat buku harian makanan dan mungkin melakukan lebih banyak tes untuk mengarah pada diagnosis.

3. Sembelit

Sembelit/Diare

Photo :
  • Times of India

Ketika Anda mengeluarkan bau busuk, salah satu pertanyaan utama yang akan ditanyakan oleh para korban malang di sekitar Anda adalah, “apakah Anda perlu ke toilet?”.

Seringkali mereka tidak salah - kemungkinan penyebab kentut Anda yang bau bisa jadi adalah sembelit. Sembelit terjadi ketika tinja menumpuk di usus besar atau usus besar tetapi tidak bisa keluar.

Minum air

Photo :
  • Times of India

Penumpukan tinja di usus besar sering menyebabkan terciptanya gas bau - yang juga dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan.

Ini dapat terjadi bahkan jika Anda tidak merasa telah makan makanan yang mengandung gas. Roti, pasta, dan pizza tidak dikenal untuk menghasilkan gas pongy.

Namun, jika tidak ada serat yang dimakan bersama mereka - dan serat adalah bahan utama untuk buang air besar biasa - Anda akan kesulitan menjaga usus tetap bergerak, dan hal-hal mungkin menjadi bau.

Cara mengatasinya: Untuk menghindari sembelit, perbanyak minum air putih, perbanyak serat dalam pola makan, dan olahraga secara teratur.

4. Obat-obatan

Obat-obatan

Photo :
  • Times of India

Angin yang berlebihan atau bau juga bisa menjadi efek samping dari beberapa obat, jadi jika Anda baru saja diberi resep baru, itu bisa menjelaskan gejala Anda.

Tetapi bahkan beberapa obat yang dijual bebas, seperti ibuprofen, adalah permainan yang berisiko. Obat-obatan yang dapat menyebabkan gas meliputi:

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen
Beberapa pencahar
Obat antijamur
Statin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya