Suami Baby Margaretha Idap Kolesterol Tinggi, Hindari Minuman Ini

Baby Margaretha dan suami
Sumber :
  • VIVA/Putri Nur Ifdah

VIVA – Suami Baby Margaretha, Christian Bradach meninggal dunia pada hari Minggu, 13 Maret 2022 di Bandung, Jawa Barat. Rupanya, faktor pemicunya disebut karena menderita kolesterol tinggi seminggu belakangan. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Hal itu disampaikan Baby lewat sambungan telepon. Menurut Baby, sang suami tidak mau dirawat di rumah sakit. 

"Enggak mau dirawat, dia bilang dia oke, dia kuat. Emang keras kepala, susah, enggak mau ajak ke dokter. Tadi meninggalnya di rumah di meja makan," ucapnya.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Diketahui, memasuki usia lanjut tentunya patut menjaga pola makan, apalagi dengan kondisi tubuh yang memiliki kolesterol tinggi. Dengan kombinasi keduanya, sebaiknya hindari jenis asupan minuman ini untuk mencegah dampak berbahaya.

Anda berisiko terkena kolesterol tinggi jika kondisi tersebut terjadi dalam riwayat keluarga. Tetapi pilihan gaya hidup, seperti apa yang dimakan dan minum, juga dapat memengaruhi kemungkinan Anda memiliki kadar kolesterol tinggi. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Jika Anda berusia di atas 50 tahun dan telah didiagnosis menderita kolesterol tinggi atau mengetahui bahwa Anda berisiko terkena penyakit ini, penting bagi Anda untuk mengetahui perubahan pola makan apa yang dapat dilakukan sekarang untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ilustrasi minuman manis.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Dikutip dari laman Eat This, kolesterol tinggi, juga dikenal sebagai dislipidemia, mengacu pada kadar trigliserida, lipoprotein densitas rendah, dan/atau lipoprotein densitas tinggi yang abnormal dalam darah, menurut ahli diet terdaftar Kim Yawitz, RD. Menurutnya, genetika setidaknya sebagian yang harus disalahkan dalam beberapa kasus, tetapi diet Anda juga dapat berdampak besar pada kadar kolesterol.

"Makanan dan nutrisi tertentu, seperti serat, lemak tak jenuh, buah-buahan, dan sayuran—dapat membantu menurunkan berat badan Anda," katanya.

Ia menambahkan bahwa makanan dan nutrisi ini secara langsung menurunkan partikel kolesterol, melekat padanya, sehingga bisa dihilangkan, atau menghalangi penyerapannya.

"Di sisi lain, asupan kalori total, lemak jenuh, dan gula yang lebih tinggi dapat meningkatkan produksi kolesterol LDL ('jahat') dan trigliserida dalam tubuh Anda sekaligus menurunkan kadar kolesterol HDL ('baik') Anda, " dia berkata.

Gula, khususnya, adalah salah satu makanan terburuk untuk dikonsumsi dalam kaitannya dengan kolesterol—terutama jika menyangkut minuman yang dimaniskan dengan gula. Itu karena jauh lebih mudah menelan gula dalam jumlah tinggi melalui minuman daripada mengonsumsinya dalam makanan.

"Diet tinggi gula dapat menurunkan kolesterol HDL, meningkatkan kadar trigliserida, dan meningkatkan produksi kolesterol LDL di hati," kata Yawitz.

ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Ingat, LDL adalah hal buruk, dan HDL hal baik. Itulah mengapa menghentikan minuman berpemanis gula adalah salah satu kebiasaan minum terbaik untuk membantu menjaga kadar kolesterol Anda di atas 50.

Pentingnya hindari minuman manis
Seperti yang dijelaskan Yawitz, minum terlalu banyak gula menyebabkan perubahan yang tidak menguntungkan pada kolesterol selama periode waktu tertentu. Dalam satu penelitian besar, orang dewasa berusia 50 tahun ke atas yang minum 12 ons minuman manis per hari memiliki kemungkinan 53% lebih tinggi memiliki trigliserida tinggi dan 98 persen lebih mungkin memiliki kadar kolesterol HDL rendah dibandingkan mereka yang tidak meminumnya pada waktu yang sama. semua.

Tips mengganti minuman manis
Kabar baiknya, Anda tidak perlu makan dengan minuman latte, jus kemasan (seringkali sarat dengan gula), dan teh  kemasan jika itu adalah bagian besar dari rutinitas harian Anda. Ia menekankan bahwa menghentikannya secara bertahap perlahan dapat membuat proses lebih mudah dan berkelanjutan.

"Saya biasanya menyarankan klien saya untuk memulai dengan mengganti hanya satu minuman manis per hari dengan air, kopi hitam, atau teh tanpa pemanis," bebernya.

Setelah Anda menguasai perubahan ini, Yawitz menyarankan untuk mencoba melakukan hal yang sama untuk minuman manis lainnya. Air dengan beberapa tangkai mint dan irisan mentimun untuk menang, teman-teman. Bagaimana, mau dicoba?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya