7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Sembuhkan Luka

Manfaat daun sirsak
Manfaat daun sirsak
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat daun sirsak ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh kita selain manfaat yang diberikan dari buahnya. Banyak orang yang selama ini hanya melihat manfaat buah sirsaknya saja dan mengabaikan daunnya. Padahal daun sirsak memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Buah sirsak sendiri diketahui memiliki rasa yang unik dan bentuknya yang juga sangat unik karena seperti memiliki duri. Kulit buah sirsak berwarna hijau sementara dagingnya berwarna putih. Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui bahwa daun sirsak memiliki banyak manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Daun sirsak juga memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif dan juga anti-parasit.

Apa saja manfaatnya? Mengutip dari pulse.ng, berikut ini sejumlah manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh:

1. Membantu mengobati insomnia

Insomnia

Insomnia

Photo :
  • Times of India

Manfaat daun sirsak yang pertama yakni adalah dapat membantu mengobati insomnia. Insomnia sendiri merupakan sebuah gangguan yang menyebabkan seseorang yang menderitanya sulit tidur atau tidak memiliki waktu tidur yang cukup, meskipun sebenarnya mereka memiliki waktu untuk lebih banyak tidur. Akibatnya, hal tersebut akan menyebabkan hilangnya konsentrasi dan menimbulkan depresi pada penderitanya. 

Nah, daun sirsak ini secara tradisional memang telah digunakan untuk mengobati insomnia. Daun sirsak diketahui memiliki aktivitas relaksan otot polos dan bertindak sebagai obat penenang sehingga dapat membuat penderita insomnia bisa tidur lebih cepat dan tenang. Untuk mengobati insomnia, kamu hanya perlu meminum segelas teh daun sirsak atau meminum air rebusan daun sirsak yang dimana juga dapat membantu meredakan stres.

2. Membantu mengatasi diabetes

Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Manfaat daun sirsak yang selanjutnya untuk kesehatan tubuh yakni adalah sebagai bahan yang dapat membantu untuk mengatasi penyakit diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis dengan ciri-ciri kadar gula (glukosa) darah yang tinggi. 

Daun sirsak telah lama dipercaya dapat membantu untuk mengatasi penyakit diabetes karena dianggap mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Mekanisme daun sirsak yang membantu mengelola diabetes ini adalah penghambatan enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya. Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh. 

3. Membantu pengobatan kanker

Kanker payudara

Kanker payudara

Photo :
  • https://news.ubc.ca/

Selain membantu mengobati insomnia dan mengelola penyakit diabetes, manfaat daun sirsak yang lain adalah dapat membantu dalam pengobatan penyakit kronis seperti kanker. Dalam sebuah studi membuktikan bahwa efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak daun sirsak mampu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut dan kulit. 

Bahan bio aktif yang mungkin bermanfaat disebut annonaceous acetogenins (AGEs). AGEs ini sendiri dilibatkan karena memiliki beberapa sifat antikanker dari sirsak. Mereka dapat membunuh sel kanker dengan menghambat kompleks mitokondria I, protein sel kanker.

4. Menjadi pengobatan rematik

Gejala rematik

Gejala rematik

Photo :
  • U-Report

Penyakit rematik umumnya dialami oleh seseorang yang sudah lanjut usia (lansia) dan biasanya menyebabkan rasa sakit yang hebat. Rematik sendiri merupakan penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sendi, otot, tulang dan organ tubuh lainnya. Rematik biasanya juga ditandai dengan nyeri sendi atau yang disebut juga dengan rheumatoid arthritis.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan daun sirsak sebagai solusi dalam pengobatan rematik. Manfaat daun sirsak dapat mengurangi radang persendian yang terjadi dan eksim. Daun sirsak ini bisa kamu jadikan sebagai pengobatan yang alami. Cara menggunakannya juga terbilang cukup mudah, kamu hanya tinggal menyiapkan daun sirsak dan menumbuknya hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit karena radang sendi. Lakukan secara rutin pada dua kali sehari. 

5. Membantu mengobati penyakit maag

Ilustrasi Penyakit Maag

Ilustrasi Penyakit Maag

Photo :
  • U-Report

Manfaat lain dari daun sirsak bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah dapat mengobati penyakit maag. Penyakit maag atau disebut juga sebagai dispepsia sendiri merupakan rasa tidak nyaman yang dialami di perut, misalnya seperti perut terasa penuh, rasa panas pada perut bagian atas serta kembung.

Daun sirsak ini menjadi salah satu obat alternatif yang sangat baik untuk mengatasi penyakit maag karena zat yang terkandung di dalam daun sirsak dipercaya dapat mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, daun sirsak meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sehingga proses penyembuhan maag yang biasanya lambat bisa dipersingkat karena sistem imun yang aktif.

6. Membantu menyembuhkan luka

Ilustrasi luka diabetes.

Ilustrasi luka diabetes.

Photo :
  • U-Report

Manfaat lain dari daun sirsak diketahui adalah dapat membantu penyembuhan luka. Untuk membantu menyembuhkan luka sendiri dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kamu hanya tinggal menyiapkan daun sirsak secukupnya dan menghaluskannya baik itu ditumbuk atau menggunakan chopper hingga halus. Setelah halus oleskan daun sirsak tersebut pada luka. 

7. Membantu mengobati darah tinggi

Ilustrasi Darah Tinggi

Ilustrasi Darah Tinggi

Photo :
  • U-Report

Masih ada lagi manfaat lainnya yang dimiliki oleh daun sirsak, salah satunya membantu mengobati darah tinggi. Darah tinggi sendiri merupakan kondisi dimana dinding arteri di dalam tubuh ditekan oleh cairan darah hingga bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung. Khasiat yang dimiliki daun sirsak adalah dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Pembuluh darah dapat dilenturkan dengan zat antioksidan yang ada pada daun sirsak sehingga dapat berjalan dengan lancar. 

Cara yang dapat dilakukan juga sangat mudah, kamu hanya tinggal menyiapkan 8 lembar daun sirsak dan mencampurnya dengan 3 gelas air dan merebusnya hingga mendidih. Air rebusan daun sirsak tersebut dapat diminum untuk mengobati darah tinggi. Agar selalu stabil, kamu juga bisa mengonsumsinya secara rutin di pagi dan malam hari pada 3 kali dalam seminggu.

Itulah sejumah manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang dapat kamu ketahui. Jadi, mulai sekarang kamu tidak akan lagi mengabaikan daun sirsak dibandingkan dengan buah sirsaknya. Semoga tulisan manfaat daun sirsak ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya.