Jus Lezat Ini Bantu Turunkan Hipertensi dan Kolesterol

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi, dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti serangan jantung, stroke atau komplikasi lainnya. Ketika tekanan darah terlalu tinggi dalam waktu yang lama, ini dapat merusak pembuluh darah.

Keajaiban Teknologi! LVAD Selamatkan Nyawa Penderita Gagal Jantung yang Hampir Putus Asa

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, menurunkannya meski dalam jumlah kecil, dapat membantu menurunkan risiko sejumlah kondisi kesehatan yang serius. Salah satu cara termudah untuk mengelola hipertensi adalah dengan minum segelas jus tomat tawar setiap hari.

Studi menunjukkan, jus tomat tidak hanya dapat menurunkan hipertensi, tapi juga membantu mengelola kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Minuman tersebut dikatakan memiliki sifat yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Demikian seperti dikutip laman Express, Senin 21 Maret 2022. 

Terungkap! Manfaat Tersembunyi Lalapan Sunda untuk Kesehatan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Science and Nutrition, jus tomat secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur. Untuk membuktikan efek ini, para peneliti dari Tokyo Medical and Dental University dan Tuscon Plant Breeding Institute, mempelajari efek jus tomat tawar pada sampel 481 peserta.

Gambar jus tomat.

Photo :
  • U-Report
Daun Salam Ternyata Bisa Turunkan Hipertensi, Gimana Caranya?

Peserta yang secara teratur minum jus tomat, mengalami peningkatan drastis pada tekanan darah mereka setelah 12 bulan. Para peneliti dari studi ini melihat peningkatan baik pada sistem sistolik dan diastolik serta LDL atau kolesterol jahat.

Blood Plessure UK juga mengatakan, minuman merah yang dapat menurunkan hipertensi adalah jus tomat. Alasan mengapa jus ini begitu manjur adalah karena kandungan potasiumnya. 

"Kalium adalah mineral yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Makanan dan minuman yang dikemas dengan mineral ini dapat membantu menurunkan hipertensi. Mineral berperan dalam berapa banyak cairan yang disimpan dalam tubuh serta berapa banyak yang dilepaskan," kata mereka. 

Jika tubuh menahan air, ini akan menghasilkan lebih banyak cairan dalam darah. Hal ini kemudian memberi lebih banyak tekanan pada dinding arteri yang dapat meningkatkan tekanan darah. 

"Untuk menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, kita memerlukan keseimbangan yang baik, antara natrium dan kalium," tutur Blood Plessure UK. 

Menjaga berat badan perlu dilakukan untuk menurunkan hipertensi ke tingkat normal. Selain itu, dalam hal memilih makanan, sangat disarankan untuk mengurangi garam dam alkohol. Makan lebih banyak makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran akan berdampak positif pada pembacaan tekanan darah. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya