Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dan Tak Enak Dilihat

Ilustrasi gigi kuning dan putih.
Ilustrasi gigi kuning dan putih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara memutihkan gigi pasti menjadi salah satu langkah yang dibutuhkan oleh beberapa orang yang memiliki gigi kuning dan tak sedap dipandang mata. Gigi kuning merupakan masalah yang sering menghampiri penampilan seorang wanita. Terdapat banyak faktor yang melatarbelakangi gigi jadi kuning dan kusam, sehingga menghilangkan kilau putih yang cerah pada gigi. 

Mulai dari sering mengonsumsi kopi berlebihan, sering merokok, kebiasaan salah dalam menyikat gigi hingga enamel pada gigi semakin terkikis lantaran bertambahnya usia. Saat enamel luar menipis, dentin kekuningan di bawahnya menjadi lebih terlihat. Dentin merupakan lapisan kedua dari jaringan terklasifikasi di bawah lapisan enamel luar.

gigi kuning.

gigi kuning.

Photo :
  • U-Report

Perubahan gigi dari berwarna putih cerah menjadi kuning kusam, biasanya dapat diatasi dengan melakukan pembersihan dan pemutihan secara teratur. Nah jika Anda ingin sesegera mungkin memutihkan gigi, ada beberapa alternatif dan cara alami yang bisa Anda lakukan. 

Siapa yang tidak suka memiliki senyum putih yang memesona? Cara memutihkan gigi menjadi salah satu prosedur gigi yang paling banyak diminati serta dilakukan setiap tahun, bahkan orang Amerika sendiri bisa menghabiskan hampir US$2 miliar per tahun untuk menjaga senyum mereka agar tetap terlihat cerah.

Seiring waktu, minum kopi, anggur merah, merokok, dan penuaan nyatanya dapat menodai keindahan gigi kita, seperti halnya obat-obatan tertentu seperti tetrasiklin.

Jika Anda ingin mempercantik senyum Anda, ada banyak pilihan yang tersedia. Ohya, Anda harap berhati-hati dengan cara memutihkan gigi dengan bahan-bahan atau produk yang belum dipastikan keamanannya. Karena jika salah dan tidak tepat penggunaan bisa membuat gigi jadi rusak dan tidak menarik untuk dipandang. Nah, jangan khawatir berikut ini kami bagikan beberapa cara memutihkan gigi yang kuning dan tak sedap dipandang.  

Sebelum kami bagikan cara memutihkan gigi, lebih baik baca lebih dulu penyebab hingga hal lainnya yang bisa Anda pahami sebelumnya.

Bagaimana Pemutihan Gigi Bekerja?

Bahan pemutih gigi alami.

Bahan pemutih gigi alami.

Photo :
  • U-Report

"Pemutihan" gigi didefinisikan sebagai proses yang bisa membuat gigi jadi tampak lebih putih. Ternyata, ada dua cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, mulai dari bleaching dan menggunakan produk pemutih non-bleaching. Seringkali istilah "pemutihan" dan "pemutih" digunakan secara bergantian, tetapi Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyatakan istilah "pemutihan" hanya dapat digunakan bila suatu produk mengandung pemutih. 

Sebuah produk dianggap hanya "pemutih" ketika menghilangkan makanan atau kotoran dari gigi tanpa pemutih. Produk pemutih mengandung peroksida (hidrogen peroksida atau karbamid peroksida) dan produk ini menghilangkan noda di permukaan dan dalam pada gigi dan dapat menyebabkan gigi menjadi lebih terang daripada warna alaminya. Bahan aktif pemutih gigi yang tersedia di dokter gigi atau toko obat adalah peroksida (hidrogen atau karbamid).

Apa yang Ada di dalam Produk Pemutihan?

Ilustrasi gigi putih bebas plak.

Ilustrasi gigi putih bebas plak.

Photo :
  • U-Report

Bahan aktif pemutih gigi yang tersedia di dokter gigi atau toko obat adalah peroksida (hidrogen atau karbamid). Hidrogen peroksida adalah zat pemutih yang sebenarnya, sedangkan karbamid peroksida terurai menjadi hidrogen peroksida.

Produk pemutih yang bisa Anda dapatkan dari dokter gigi jauh lebih kuat daripada yang dibeli tanpa resep. Pemutih yang digunakan oleh dokter gigi mungkin mengandung peroksida sebanyak 35% hingga 45%, sedangkan peralatan pemutih yang dibeli di toko seperti strip atau baki pemutih biasanya hanya memiliki 7% peroksida. Bahan-bahan lain dalam pemutih yang dikeluarkan dokter gigi dan OTC termasuk gliserin, karbopol, natrium hidroksida, dan perasa.

American Dental Association (ADA) merekomendasikan jika Anda memilih untuk memutihkan gigi, Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu. Seorang dokter gigi dapat memberikan pilihan pemutihan terbaik untuk Anda dan mengawasi rencana perawatan untuk menghindari komplikasi.

Pemutihan profesional dapat dilakukan di kantor dokter gigi dalam waktu sekitar satu jam. Prosedur ini melibatkan penerapan gel pemutih gigi yang mengandung antara 25% hingga 40% hidrogen peroksida, dan kemudian mengarahkan lampu pemanas khusus ke gigi Anda selama tiga interval 20 menit, dengan pengaplikasian kembali gel di antara interval. 

Beberapa dokter gigi mungkin juga menggunakan laser, yang dilaporkan dapat mempercepat atau mengaktifkan proses pemutihan. Sebuah penghalang pelindung digunakan selama prosedur pemutihan untuk menjaga bibir, gusi, dan lidah Anda dari gel pemutih sehingga tetap di tempat pada gigi Anda. Untuk hasil yang optimal, dokter gigi biasanya akan memberi Anda whitening tray yang dicetak untuk gigi Anda sehingga Anda bisa menindaklanjutinya di rumah dengan larutan bleaching.

Perawatan pemutihan gigi di kantor dokter gigi dapat menghabiskan biaya sekitar $500 untuk perawatan ringan, atau $300 hingga $400 untuk nampan yang dibuat khusus saja.

Cara Memutihkan Gigi 

Baking powder dan baking soda.

Baking powder dan baking soda.

Photo :
  • U-Report

Bagi kamu yang memiliki gigi kuning dan kusam, sehingga membuat penampilan jadi berkurang janga khawatir. Berikut ini akan kami bagikan beberapa cara memutihkan gigi Anda yang kusam dan kuning dengan menggunakan bahan-bahan murah dan pastinya aman untuk gigi Anda. Daripada penasaran, simak langsung ulasan selengkapnya berikut ini.

Pada tahun 2015, orang Amerika menghabiskan lebih dari $11 miliar untuk pemutihan gigi, termasuk lebih dari $1,4 miliar untuk produk pemutih di rumah ( 1 ). Ada banyak produk yang bisa dipilih untuk memutihkan gigi Anda. Dan dijamin enggak bakal bikin kantong jebol.

Namun, sebagian besar produk pemutih menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi Anda, yang menjadi perhatian banyak orang. Jika Anda ingin gigi lebih putih tetapi juga ingin menghindari bahan kimia, artikel ini mencantumkan banyak pilihan yang alami dan aman.

1. Olesi dengan Baking Soda

Soda kue memiliki sifat pemutih alami, itulah sebabnya ia menjadi bahan populer dalam pasta gigi komersial. Ini adalah abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi.

Selain itu, soda kue menciptakan lingkungan basa di mulut Anda, yang mencegah pertumbuhan bakteri (9Sumber Tepercaya).

Ini bukan obat yang akan memutihkan gigi Anda dalam semalam, tetapi Anda harus melihat perbedaan penampilan gigi Anda dari waktu ke waktu. Ilmu pengetahuan belum membuktikan bahwa menyikat gigi dengan soda kue biasa akan memutihkan gigi, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue memiliki efek memutihkan yang signifikan.

Satu studi menemukan, bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi standar tanpa soda kue. Semakin tinggi konsentrasi soda kue, semakin besar efeknya (10Sumber Tepercaya).

Selanjutnya, tinjauan dari lima penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi non-baking soda.11Sumber Tepercaya).

Untuk menggunakan obat ini, campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan gosok gigi Anda dengan pasta tersebut. Anda dapat melakukan ini beberapa kali per minggu.

Anda dapat membeli soda kue di toko kelontong atau menemukannya online .

2. Gunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang juga membunuh bakteri di mulut Anda (12Sumber Tepercaya). Faktanya, orang telah menggunakan hidrogen peroksida selama bertahun-tahun untuk mendisinfeksi luka karena kemampuannya membunuh bakteri.

Banyak produk pemutih komersial mengandung hidrogen peroksida, meskipun pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi daripada yang akan Anda gunakan. Sayangnya, tidak ada penelitian yang menyelidiki efek dari membilas atau menyikat dengan hidrogen peroksida saja, tetapi beberapa penelitian telah menganalisis pasta gigi komersial yang mengandung peroksida.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan 1% hidrogen peroksida menyebabkan gigi lebih putih secara signifikan.13Sumber Tepercaya). Studi lain menemukan bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi komersial yang mengandung soda kue dan peroksida dua kali sehari menyebabkan 62% gigi lebih putih dalam 6 minggu.

Salah satu cara menggunakan hidrogen peroksida adalah sebagai obat kumur sebelum Anda menyikat gigi. Pastikan Anda menggunakan larutan 1,5% atau 3% untuk menghindari efek samping.

Konsentrasi hidrogen peroksida yang paling umum di apotek adalah larutan 3%. Anda dapat dengan mudah mengencerkan konsentrasi ini menjadi 1,5% dengan mencampurkan peroksida dan air dalam jumlah yang sama.

Cara lain untuk menggunakan hidrogen peroksida adalah dengan mencampurnya dengan soda kue untuk membuat pasta gigi. Campurkan 2 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh soda kue dan gosok gigi dengan lembut dengan campuran tersebut.

Batasi penggunaan pasta buatan sendiri ini beberapa kali per minggu, karena penggunaan yang berlebihan dapat mengikis email gigi Anda.

3.  Buah Stroberi

Benarkah buah stroberi bisa memutihkan gigi? Terdapat penelitian yang dipublikasikan di jurnal Operative Dentistry yang menunjukkan, bahwa kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent dalam stroberi dapat membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu. 

Caranya cukup mudah, yaitu dengan lumatkan beberapa buah stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi ketika kamu membersihkan gigi. 

4. Menjaga Kebersihan Mulut yang Sangat Baik

Menjaga kebersihan mulut yang baik adalah hal terpenting yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi gigi menguning. Menyikat gigi dan flossing secara teratur melindungi email, mencegah kerusakan gusi, dan menghilangkan noda.

Kebersihan mulut yang baik meliputi:

- Menyikat gigi minimal dua kali sehari. Seseorang harus yakin juga untuk membersihkan sekitar gusi dan bagian belakang gigi.
- Menggunakan pasta gigi berfluoride. Fluoride dapat melawan dan bahkan membalikkan kerusakan gigi. Meskipun beberapa orang menentang penggunaan fluoride, dokter gigi percaya bahwa fluoride aman dan bermanfaat untuk gigi.
- Flossing untuk menghilangkan plak di sela-sela gigi.

5. Melakukan Perubahan Pola Makan

Menghilangkan makanan yang menandai gigi dapat mencegah pewarnaan lebih lanjut. Makanan dan minuman yang mengandung tanin, seperti anggur dan teh, dapat menodai gigi. Kopi dan soda hitam dan jus juga bisa menodainya.

Makanan asam dapat membuat gigi terlihat kuning dengan mengikis email. Orang yang peduli dengan warna giginya harus menghindari konsumsi jeruk, kopi, dan soda yang berlebihan. Atau, mereka harus selalu menyikat gigi setelah makan.

Dokter gigi umumnya merekomendasikan menunggu 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi. Asam dapat melemahkan email, sehingga menyikat terlalu cepat dapat menyebabkan kerusakan.

Berhenti merokok atau produk tembakau dapat mengurangi risiko noda nikotin. Ini juga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi, yang keduanya dapat merusak email dan menyebabkan masalah kesehatan mulut.

6. Bubuk Kunyit

Kunyit menjadi salah satu cara memutihkan gigi yang bisa Anda gunakan. Kunyit memang akan menimbulkan noda membandel pada pakaian, tetapi tidak pada gigi. Bahan alami ini justru menghilangkan noda pada gigi sekaligus mencerahkan warna gigi. 

Cara kerjanya, cukup dengan membasahi sikat gigi dan balurkan bubuk kunyit pada sikat gigi, lalu sikatlah gigi kamu seperti biasa.  Diamkan hingga lima menit dan bersihkan mulut dengan berkumur. Selanjutnya, sikat kembali gigi kamu dengan pasta gigi yang biasa kamu pakai. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

7. Minyak Kelapa

Cara memutihkan gigi selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Meski terdengar asing, ternyata telah banyak orang yang menggunakan bahan alami ini untuk memutihkan gigi, lho. 

Minyak kelapa ternyata dapat mampu membuat gigi lebih sehat. Cara kerjanya cukup mudah, yaitu oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi setelah kamu menyikat gigi dan diamkan hingga 20 menit. Lalu, bersihkan mulut dengan berkumur.

8. Arang

Arang bisa menjadi pilihan Anda dalam memutihkan gigi. Bahan ini bisa digunakan untuk menjaga kadar keasaman mulut serta membantu mencegah karang gigi.

Cara kerjanya sangat mudah, cukup dengan menaburkannya di atas sikat gigi dengan air, kemudian dikumurkan.