Masa Subur Wanita Setelah Haid, Begini Cara Hitungnya

Ilustrasi wanita subur
Sumber :
  • http://tipssehat-wanita.blogspot.co.id/

VIVA – Masa subur wanita memang menjadi salah satu permasalahan yang paling ingin diketahui dari seorang kaum hawa. Bagi hampir semua orang, menghitung masa subur wanita itu penting untuk dilakukan. Terlebih bagi mereka yang sudah merencanakan program kehamilan. 

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Masa subur wanita satu dengan yang lain tentu berbeda, semua tergantung dari siklus menstruasi atau haid yang dialaminya. Bidan Ewa Molika Sitompul AM. Keb dalam buku Panduan Pintar Menghitung Masa Subur menjelaskan, wanita yang mempunyai siklus haid 28-30 hari memiliki masa subur pada hari ke-12 hingga 18 dihitung dari hari pertama haid.

Tips agar cepat haid

Photo :
  • U-Report
Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Masa subur wanita dikatakan sulit, jika mereka memiliki siklus menstruasi atau haid yang tidak teratur dan selalu berbeda setiap bulannya. Namun tidak perlu panik, itu hanyalah permasalahan yang wajar dialami oleh setiap wanita.

Yang terpenting, setiap wanita wajib untuk memerhatikan siklus haid atau menstruasi setiap bulannya, jika Anda benar-benar ingin mengetahui masa subur Anda sebagai seorang wanita. Menghitung masa subuh wanita setelah haid atau menstruasi, juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesempatan bagi kalian yang ingin memiliki keturunan atau momongan.

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Siklus menstruasi wanita, ada hari-hari yang ketika berhubungan intim dapat menyebabkan kehamilan. Hari-hari ini dikenal sebagai masa subur. Menurut dr Dian Riani Siregar, Sp.OG, masa subur wanita berlangsung selama 7 hari, yakni 3 hari sebelum ovulasi dan 3 hari setelah ovulasi.

Kata dr Dian, "Ovulasi sendiri terjadi pada 14 hari sebelum menstruasi yang selanjutnya,".

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Ilustrasi wanita tes kesuburan.

Photo :
  • http://infosista.com

Nah cara menghitung masa subur wanita sangat penting untuk dijdikan informasi . Nah bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi 28 hari, untuk mengetahui masa subur.

Kendati demikian siklus tersebut bisa panjang dan pendek. Oleh karena itu,  American Pregnancy Association (APA) menyatakan cara terbaik menghitung masa subur wanita adalah dengan menghitungnya sendiri.

Salah satu caranya ialah dengan menggunakan kalkulator masa subur. Wanita hanya perlu mengingat tanggal kapan haid menstruasi. Penting bagi wanita mengingat kapan tanggal terakhir dan hari pertama haid.

Sebut saja contohnya, jika Anda mengalamihari pertama mestruasi pada 27  September dengan siklus 30 hari, maka perkiraan masa Subur Anda ialah 7-12 Oktober dengan ovulasi pada Oktober 2022.

Wanita Biasanya Alami Masa Subur pada Hari ke-11 hingga ke-21 dalam Siklus Menstruasinya

Dengan berarti seorang wanita mengalami bisa dikatakan masa subur alias menjadi waktu yang paling tepat untuk mengatur rencana untuk berhubungan seksual agar bisa diberikan keturunan. Kendati demikian, masa subur wanita setelah menstruasi dapat berbeda setiap bulannya, lantaran adanya beberapa faktor. Mulai dari stres, penyakit, maupun gaya hidup.

Berikut ini ada beberapa cara menghitung masa subur wanita dengan lengkap.

A. Cara menghitung  Masa Subur Wanita dengan Kalender

Dikutip dari Beacon Health System, ada dua sistem kalender yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur dengan kalender. Yang pertama adalah dengan menggunakan metode kalender tradisional. Menggunakan metode ritme kalender tradisional dengan langkah-langkah berikut:

- Catat panjang enam hingga 12 siklus menstruasi Anda.

Dengan menggunakan kalender, tuliskan jumlah hari dalam setiap siklus menstruasi, terhitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya.

- Tentukan panjang siklus menstruasi terpendek Anda.

Kurangi 18 dari jumlah hari dalam siklus terpendek Anda. Angka ini mewakili hari subur pertama dari siklus Anda. Misalnya, jika siklus terpendek Anda adalah 26 hari, kurangi 18 dari 26 — yang sama dengan 8. Dalam contoh ini, hari pertama siklus Anda adalah hari pertama perdarahan menstruasi dan hari kedelapan siklus Anda adalah hari subur pertama .

- Tentukan panjang siklus menstruasi terpanjang Anda.

Kurangi 11 dari jumlah hari dalam siklus terpanjang Anda. Angka ini mewakili hari subur terakhir dari siklus Anda. Misalnya, jika siklus terpanjang Anda adalah 32 hari, kurangi 11 dari 32 — yang sama dengan 21. Dalam contoh ini, hari pertama siklus Anda adalah hari pertama perdarahan menstruasi dan hari ke-21 siklus Anda adalah hari subur terakhir .

- Rencanakan seks dengan hati-hati selama masa subur.

Jika Anda berharap untuk menghindari kehamilan, hubungan seks tanpa kondom dilarang selama masa subur Anda — setiap bulan. Di sisi lain, jika Anda berharap untuk hamil, lakukan hubungan seks secara teratur selama masa subur Anda.

- Perbarui perhitungan Anda setiap bulan.

Lanjutkan mencatat panjang siklus menstruasi Anda untuk memastikan Anda menentukan hari subur Anda dengan benar. Menurut dr Dian, seorang wanita juga perlu mencatat siklus menstruasi setidaknya selama enam bulan untuk bisa menghitung masa subur dan ovulasi dengan sistem kalender secara akurat.

Yaitu dengan menggunakan metode Hari Standar. Metode ini bekerja paling baik, jika siklus haid Anda biasanya 26 dan 32 hari. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini menghitung masa subur wanita dengan menggunakan metode Hari Standar.

- Hitung hari dalam siklus haid Anda, dimulai dengan hari pertama menstruasi Anda sebagai hari 1.  Lanjutkan menghitung setiap hari dari siklus Anda sampai siklus berikutnya dimulai.
- Pada hari 1-7, Anda tidak dianggap subur dan dapat melakukan hubungan seks tanpa kondom jika belum merencanakan kehamilan, meskipun Anda mungkin mengalami perdarahan menstruasi pada hari-hari tersebut.
- Pada hari ke 8-19, Anda dianggap subur. Hindari hubungan seks tanpa pengaman atau pantang berhubungan seks untuk menghindari kehamilan. Atau, jika Anda mencoba untuk hamil, inilah hari-hari untuk berhubungan seks tanpa kondom.
- Pada hari ke-20 hingga akhir siklus Anda, Anda tidak lagi subur dan dapat melakukan hubungan seks tanpa kondom.
- Ketika Anda mendapatkan menstruasi berikutnya, mulailah menghitung pada hari pertama.

Manfaat Menghitung Masa Subur Wanita

Ternyata, selain penting adapun manfaat dengan menghitung masa subur wanita. Dr. Soewignyo Siswosuharjo dalam buku Cara Mudah Merencanakan Jenis Kelamin Anak menjelaskan, adanya manfaat menghitung masa subur adalah sebagai berikut.

- Menilai kejadian dan waktu terjadinya ovulasi.                                                                                                          - Memprediksi hari-hari subur yang maksimal.                                                                                                            - Mengoptimalkan waktu untuk berhubungan seksual agar mendapatkan kehamilan.                                                - Membantu mengidentifikasi beberapa masalah infertilitas. 

Demikian itu sedikit penjelasan terkait masa subur wanita, diharapkan kedepannya banyak wanita yang lebih peduli untuk memantau dan memerhatikan masa suburnya. Hal tersebut bisa dilihat dari sejak awal dia mengalami haid atau menstruasi, hingga hari akhir dia mau selesai dapat haid. 

Semoga beberapa informasi di atas bisa dengan mudah membantu kalian para wanita, untuk menghitung dan mengetahui masa subur beserta manfaat apa saja yang didapat jika kita melakukannya. 

 

Ilustrasi vagina

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Memang aroma vagina setiap orang itu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi, hormon, hingga flora pada vagina wanita.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024