Kenali Tanda, Gejala dan Bentuk Kanker Kulit

Kanker kulit
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Kanker kulit dapat diobati, terutama jika ditemukan lebih awal, tetapi sayangnya ribuan orang  meninggal setiap tahun di Inggris akibat kanker kulit. Ada berbagai bentuk kanker kulit yang umumnya termasuk dalam kategori non-melanoma dan melanoma.

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Kanker kulit non-melanoma, didiagnosis gabungan 147.000 kali setahun di Inggris, membunuh sekitar 720 orang per tahun di Inggris. Melanoma, sementara itu, didiagnosis 16.000 kali setahun, tetapi merupakan jenis yang paling serius yang memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh tubuh.

Kanker kulit telah menjadi lebih umum di Inggris, diduga karena orang Inggris lebih sering pergi berlibur ke luar negeri dalam beberapa dekade terakhir. Dilansir dari The Sun, para ahli merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada kulit mereka untuk menemukan tanda-tanda potensi penyakit kembali, atau melanoma baru muncul.

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Kanker kulit melanoma.

Photo :
  • U-Report

Apa itu kanker kulit?

Gerhana Matahari Total Bakal Hadir di Indonesia, Cek Jadwalnya

Kanker kulit non-melanoma

Kanker kulit non-melanoma mengacu pada sekelompok kanker yang berkembang secara perlahan di lapisan atas kulit. Sel-sel di epidermis (lapisan atas kulit) paling berisiko mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Di epidermis, sel yang paling umum disebut keratinosit.

Sel-sel terus-menerus ditumpahkan sebagai bentuk yang baru. Namun, ketika kulit terkena terlalu banyak sinar matahari, itu menyebabkan kerusakan DNA. Seiring waktu, ini menjadi masalah. Ini menyebabkan sel-sel tumbuh secara tidak terkendali, yang mengarah ke tumor kanker.

Kanker kulit melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Melanosit adalah sel-sel di kulit yang memberi kita warna kulit kita karena mereka menghasilkan pigmen, yang dikenal sebagai melanin.

Saat Anda duduk di bawah sinar matahari, melanosit menghasilkan lebih banyak pigmen (coklat matahari), yang menyebar ke sel-sel kulit lain untuk melindungi mereka dari sinar matahari.

Tapi melanosit juga tempat kanker dimulai. Terlalu banyak sinar UV menyebabkan kulit terbakar, dan ini merupakan tanda kerusakan DNA kulit. UV memicu perubahan pada melanosit, yang membuat materi genetik menjadi rusak dan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal.

Orang yang mudah terbakar lebih berisiko terkena kanker kulit karena sel mereka tidak menghasilkan banyak pigmen untuk melindungi kulit mereka. Mereka yang menderita albinisme paling berisiko karena kulit mereka tidak menghasilkan pigmen sama sekali.

Apa saja gejalanya?

Melanoma

Tanda paling umum dari melanoma adalah munculnya tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada. Kebanyakan ahli merekomendasikan penggunaan aturan sederhana "ABCDE" untuk mencari gejala kanker kulit melanoma, yang dapat muncul di bagian tubuh mana saja.

Asimetris – melanoma biasanya memiliki dua bagian yang sangat berbeda dan bentuknya tidak beraturan
Perbatasan – melanoma biasanya memiliki batas berlekuk atau tidak rata

Warna – melanoma biasanya merupakan campuran dari dua warna atau lebih

Diameter – kebanyakan melanoma biasanya berdiameter lebih besar dari 6mm

Pembesaran atau elevasi – tahi lalat yang berubah ukuran dari waktu ke waktu lebih cenderung menjadi melanoma

Non-melanoma

Tanda pertama kanker kulit non-melanoma biasanya munculnya benjolan atau bercak yang berubah warna pada kulit, kata NHS. Ini bertahan setelah beberapa minggu dan perlahan-lahan berkembang selama berbulan-bulan atau kadang-kadang bertahun-tahun.

Dalam kebanyakan kasus, benjolan kanker berwarna merah dan keras dan terkadang berubah menjadi bisul. Bercak kanker biasanya datar dan bersisik. Kanker kulit non-melanoma paling sering berkembang pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari.

Kanker sel basal (BCC) kadang-kadang disebut sebagai ulkus hewan pengerat, dan ini mempengaruhi lapisan sel terluar di kulit. Tanda-tanda KSB termasuk pertumbuhan kulit yang:

- Terlihat halus dan seperti mutiara
- Terlihat seperti lilin
- Tampak seperti benjolan merah yang keras
- Kadang berdarah
- Mengembangkan keropeng atau kerak
- Tidak pernah benar-benar sembuh
- Terlihat seperti bintik merah datar dan bersisik serta berkerak
- Berkembang menjadi bisul tanpa rasa sakit.

Sekitar 75 persen dari semua kanker kulit adalah BCC. Ini biasanya tumbuh lambat dan hampir tidak pernah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Jika diobati pada tahap awal, bentuk kanker kulit ini biasanya sembuh total. Apabila mereka menjadi lebih agresif, BCC dapat menyebar ke lapisan kulit yang lebih dalam dan ke dalam tulang - yang dapat membuat pengobatan lebih sulit.

Bentuk lain dari kanker kulit non-melanoma adalah karsinoma sel skuamosa. Ini adalah kanker sel keratinosit yang berada di lapisan luar kulit. Sel-sel ini terutama ditemukan di wajah, leher, kulit kepala botak, lengan, punggung tangan dan kaki bagian bawah.

Benjolan pada kulit dapat:

- Tampak bersisik
- Memiliki topi yang keras dan keras
- Dibesarkan
- Bersikaplah lembut untuk disentuh
- Kadang berdarah

Apakah kanker kulit gatal?

Kanker kulit melanoma.

Photo :
  • U-Report

Kulit gatal dan/atau tahi lalat yang gatal bisa menjadi tanda kanker kulit. Sebuah studi dari 2018 yang mengamati 16.000 orang menemukan orang dengan gatal umum lebih mungkin menderita kanker (termasuk kulit) daripada mereka yang tidak.

Biasanya, kanker kulit diidentifikasi oleh tempat baru atau perubahan pada kulit. Tetapi dalam beberapa kasus, rasa gatal mungkin menjadi alasan mengapa bintik itu diperhatikan.

Namun, gatal dapat menunjukkan segala macam hal, jadi jika itu satu-satunya gejala Anda dan tidak hilang, pergilah ke dokter Anda.

Apa saja faktor risikonya?

- Usia - semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda terkena kanker kulit non melanoma
- Kanker kulit sebelumnya
- Riwayat keluarga kanker kulit
- Paparan sinar matahari
- Kondisi kulit tertentu, seperti solar keratosis, xeroderma pigmentosum, dan mereka yang menjalani perawatan untuk psoriasis atau eksim.
- Risiko lain termasuk sistem kekebalan yang melemah atau paparan radiasi di masa lalu
- Sunburn meningkatkan peluang Anda terkena penyakit ini. Terbakar sinar matahari hanya lima kali dapat meningkatkan risiko Anda hingga 80 persen.

Apakah penyakitnya bisa diobati?

Ketika ditemukan lebih awal, kanker kulit seringkali dapat diobati dengan sukses. Jenis perawatan dapat bergantung pada jenis kanker kulitnya, seberapa jauh penyebarannya, di mana kankernya, dan stadiumnya. Perawatan utama adalah operasi untuk mengeluarkannya dari daerah yang terkena. Biasanya, operasi yang dilakukan kecil dan dilakukan dengan anestesi lokal.

Beberapa mungkin diberikan cangkok kulit tergantung di mana kanker berada - atau jika mencakup area yang lebih luas. Namun, jenis operasi bervariasi, dan tergantung di mana kanker itu berada dan seberapa besar itu. Ketika operasi tidak dapat digunakan, perawatan lain meliputi: radioterapi, imunoterapi dan krim kemoterapi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya