Peringatan Bagi Peminum Kopi, Waspadai Risiko Serangan Jantung

Membuat kopi
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Secangkir kopi pagi bisa membuat Anda berisiko terkena serangan jantung, para ilmuwan telah memperingatkan. Temuan kontroversial ini menjadi peringatan bagi mereka yang suka minum lebih dari satu kopi per hari.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Bahan kimia alami dalam kopi sebelumnya telah dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi dalam darah - faktor risiko masalah jantung, termasuk stroke.

Namun, ada juga banyak ilmu pengetahuan yang menyarankan konsumsi kopi baik untuk kesehatan jantung dan umur panjang, dilansir dari The Sun.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Dalam studi baru, tim akademisi dari Norwegia memeriksa informasi dari lebih dari 21.000 orang berusia di atas 40 tahun yang tinggal di Tromso, Norwegia.

Konsumsi kopi espresso "secara signifikan" terkait dengan kadar kolesterol darah yang lebih tinggi, kata para peneliti.Tiga sampai lima espresso sehari adalah titik di mana kadar kolesterol naik, dibandingkan dengan nol espresso per hari.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Efeknya lebih kuat pada pria daripada wanita, menurut temuan yang diterbitkan dalam jurnal Open Heart. Namun, hanya wanita yang menyesap enam cangkir kopi saring atau lebih yang memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dalam darah.

Pria dan wanita yang minum enam atau lebih cangkir kopi cafetiere – juga dikenal sebagai kopi rebus/plunger – juga mengalami peningkatan kadar dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Minum Kopi

Photo :
  • U-Report

Tampaknya tidak ada risiko yang terkait dengan kopi instan. Para peneliti mengatakan kopi adalah stimulan sentral yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia.

“Karena konsumsi kopi yang tinggi, bahkan efek kesehatan yang kecil pun dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang cukup besar. Peningkatan pengetahuan tentang hubungan kopi espresso dengan kolesterol serum akan meningkatkan rekomendasi mengenai konsumsi kopi,” kata mereka.

Para ahli yang tidak terlibat dalam penelitian ini sangat berhati-hati dengan temuannya. Mereka mengatakan mungkin bukan kopi yang mengancam kesehatan jantung orang, tetapi gula dan susu yang mereka masukkan ke dalamnya.

Dan tidak mungkin untuk mengetahui apakah potensi bahaya disebabkan oleh kopi atau kebiasaan lain yang lebih umum di kalangan peminum. Kolesterol adalah zat lemak yang dibawa dalam darah oleh protein, dan kadar tinggi dapat menumpuk di dinding arteri dan mengurangi aliran darah ke jantung.

Serangan jantung

Photo :
  • Times of India

Ini dapat mencapai tingkat berbahaya sebagai respons terhadap obesitas, pola makan yang buruk, kurang olahraga, merokok dan minum alkohol.

June Davison, Perawat Jantung Senior di British Heart Foundation, mengatakan penting untuk diingat bahwa jenis penelitian ini hanya dapat menunjukkan hubungan dan tidak dapat membuktikan sebab dan akibat.

“[Para peneliti] tidak memperhitungkan faktor-faktor seperti menambahkan susu atau gula ke kopi, yang dapat berdampak pada kesehatan masyarakat,” kata dia.

Menurutnya, temuan ini seharusnya tidak menimbulkan kekhawatiran jika Anda menyukai secangkir kopi – bagi kebanyakan orang, kopi dalam jumlah sedang tidak masalah.

“Tetapi hati-hati jika Anda suka menambahkan sirup rasa atau krim kocok, karena ini dapat meningkatkan asupan gula dan lemak jenuh Anda. Jika Anda sensitif terhadap kafein atau Anda mengalami jantung berdebar (berdebar atau berdebar), yang terbaik adalah mengurangi jumlah yang Anda minum."

Prof Tom Sanders, Profesor Emeritus Nutrisi dan Dietetika, King's College London, mengatakan: "Tidak masalah jenis kopi apa yang Anda minum jika Anda hanya minum satu atau dua cangkir sehari, tetapi penting jika Anda minum lebih banyak."

Penelitian sebelumnya umumnya menemukan sebaliknya.

Misalnya, sebuah studi tahun 2021 mengungkapkan 0,5 hingga tiga cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko stroke 21 persen lebih rendah, dan risiko kematian akibat penyakit jantung 17 persen lebih rendah.

Ini mendukung temuan analisis 2017 yang menunjukkan orang yang minum tiga cangkir per hari 17 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal.

Risiko kematian jantung turun seperlima, penyakit Alzheimer seperempat dan penyakit hati lebih dari sepertiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya