Obatnya Sakit Gigi yang Perlu Diketahui, Lengkap Penyebabnya!

Ilustrasi menggigit kuku, sakit gigi
Sumber :
  • Pixabay/AdinaVoicu

VIVA – Obatnya sakit gigi, sebenarnya paling ampuh dengan rutin menjaga kebersihan gigi setiap hari. Sakit gigi merupakan salah satu jenis penyakit yang datangnya secara tiba-tiba dan kerap dialami oleh semua orang. 

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

Sakit gigi juga menjadi salah satu rasa sakit yang terjadi di dalam atau di sekitar gigi. Rasa sakit berasal dari dalam gigi atau gusi dan struktur tulang yang berada di sekitarnya. 

Seseorang biasanya akan merasakan sakit gigi sebagai sakit konstan atau intermiten yang tidak hilang dengan begitu saja. Perubahan suhu, seperti paparan minuman dingin atau tekanan pada gigi saat mengunyah, ternyata dapat merangsang timbulnya rasa sakit gigi. 

Ternyata, Ini Penyebab Anak Demam Saat Tumbuh Gigi

Sakit gigi.

Photo :
  • Times of India

Dalam kasus lain, sakit gigi dapat muncul secara spontan tanpa rangsangan apapun. Odontalgia adalah nama lain dari sakit gigi. Sulit untuk mengabaikan gigi yang sakit saat makan atau menjalani hari-hari. Rasa sakit yang terus-menerus mendesak kita untuk mencari tahu, kira-kira obatnya sakit gigi itu apa?

Berawal dari Sakit Gigi, Suami Habisi Nyawa Istri

Meskipun hal ini sangat mengganggu, ini adalah cara gigi untuk memberi sinyal bahwa seseorang harus mencari perhatian dan perawatan dari dokter gigi sebelum keadaan semakin memburuk.

Sakit gigi memberikan gangguan yang sangat menyakitkan pada si penderitanya, terlebih ketika malam hari tiba. Biasanya, sakit gigi di malam hari kerap membuat penderitanya sulit merasakan tidur.

Meskipun Anda tidak dapat menghilangkan sepenuhnya rasa sakit tersebut, nyatanya ada beberapa perawatan rumahan yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi rasa sakit tersebut.

Mencari obatnya sakit gigi sebenarnya sangat mudah dan bisa kita dapatkan di rumah. Nah berikut ini akan kami beritahukan apa saja yang dibutuhkan untuk menyingkirkan rasa sakit gigi.

Tapi sebelumnya, Anda perlu tahu lebih dulu informasi lengkap seputar sakit gigi. Mulai dari penyebab, gejala, hingga penangannya.

Penyebab Sakit Gigi

Ilustrasi gigi berlubang.

Photo :
  • U-Report

Cedera atau trauma pada gigi biasanya menjadi salah satu penyebab sering terjadinya sakit gigi.  Cedera umumnya akibat kerusakan gigi (atau rongga ). Orang biasanya merasakan gigi berlubang ketika mereka tumbuh lebih besar dan lebih dalam ke lapisan struktur gigi. 

Enamel adalah lapisan terluar gigi yang keras, dan dentin adalah lapisan yang lebih lembut di bawah email.  Dentin adalah lapisan sensitif gigi dengan tabung mikroskopis kecil yang berasal dari bagian paling tengah gigi. Ruang pulpa (bagian tengah gigi) berisi pulpa. 

Pulpa terdiri dari pembuluh darah dan saraf. Jika pembusukan melewati email ke dalam dentin, rongga itu terkadang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.  Kavitas yang lebih dalam yang mendekati bagian tengah gigi kemungkinan akan menyebabkan rasa sakit karena lebih banyak kerusakan pada gigi dan lebih sedikit struktur gigi untuk menyekat dan melindungi pulpa. 

Infeksi antara gusi dan gigi ( abses periodontal ) dapat menyebabkan sakit gigi. Pukulan fisik yang traumatis pada gigi juga dapat menyebabkan sakit gigi semakin menjadi-jadi.

Berikut ini terdapat sederet penyebab sakit gigi lainnya adalah sebagai berikut:

1. Abses gigi 

Infeksi ini berasal dari dalam gigi dan menyebar ke akar dan tulang di sekitarnya.

2. Gigi rusak atau retak 

Fraktur gigi dapat mengekspos dentin sensitif atau bahkan pulpa. Kadang -kadang patah tulang tidak terlihat jelas meskipun garis patahnya dapat menembus jauh ke dalam gigi, menyebabkan sakit gigi setiap kali seseorang menekannya dengan menggigit atau mengunyah (disebut "sindrom gigi retak").

3. Perawatan gigi 

Setelah dilakukan penambalan atau mahkota gigi, gigi bisa terasa lebih sensitif. Ini terutama terjadi jika pencabutan gigi berlubang besar atau dalam. Perawatan gigi, meskipun perlu, terkadang dapat mengiritasi saraf. Seiring waktu, sensitivitas dapat hilang jika gigi cukup sehat.

4. Mengepalkan atau menggemeretakkan gigi

Kebiasaan ini disebut bruxism dan seringkali dilakukan secara tidak sadar dan kerap terjadi pada malam hari. 

Sayangnya, bruxism menyebabkan kerusakan pada gigi dan terkadang mengiritasi saraf hingga ke titik di mana gigi menjadi sensitif.

5. Infeksi gusi atau penyakit gusi 

Periodonsium terdiri dari gusi, ligamen gusi, dan tulang yang mengelilingi dan menjangkar gigi. Tahap awal masalah gusi biasanya melibatkan gusi yang meradang, yang disebut gingivitis.

Gusi biasanya berwarna merah, bengkak dan mudah berdarah. Masalah gusi dapat berkembang hingga mencakup tulang rahang di sekitar gigi dan menunjukkan stadium lanjut dari penyakit gusi (atau "periodontitis") di mana ada kehilangan tulang yang lanjut di sekitar gigi. 

Karena pengeroposan tulang, abses gusi (infeksi) dapat terbentuk di ruang yang berkembang antara gigi dan gusi, menyebabkan rasa sakit.

6. Permukaan akar yang terbuka

Ketika tulang pelindung dan gusi tidak lagi menutupi akar gigi, permukaan ini dapat menjadi sensitif terhadap rangsangan seperti menyikat gigi atau perubahan suhu.

7. Sinusitis 

Karena akar gigi geraham atas sangat dekat dengan rongga sinus maksilaris , peradangan dari rongga sinus dapat menyebabkan gigi geraham ini sensitif dan terasa seperti sakit gigi.

8. Geraham ketiga (" gigi bungsu ")

Geraham ketiga, juga disebut gigi bungsu , adalah gigi permanen terakhir yang muncul di mulut. Lebih sering daripada tidak, tidak ada cukup ruang untuk gigi geraham ini di dalam mulut. 

Akibatnya, gigi geraham ketiga menjadi terperangkap seluruhnya atau sebagian (terbentur) di dalam tulang rahang dan di bawah gusi. Karena aksesibilitas yang buruk, sulit untuk membersihkan gigi geraham ketiga yang terbuka sebagian; Oleh karena itu, daerah-daerah tersebut rentan terhadap masalah. 

Masalah dengan gigi geraham ketiga dapat menyebabkan nyeri tumpul hingga parah akibat tekanan erupsi, infeksi gusi, atau kerusakan gigi.

Gejala Sakit Gigi

Ilustrasi pipi tirus.

Photo :

Selain penyebab sakit gigi, adapun gejalanya yang perlu Anda ketahui. Berikut ini terdapat tanda maupun gejala yang mungkin bisa mengindikasikan masalah gigi Anda;

- Rasa sakit dengan menggigit atau mengunyah,
- gigi hipersensitif terhadap perubahan suhu,
- Pipi atau gusi bengkak di dekat gigi,
- Keluarnya cairan atau gusi berdarah,
- Berdenyut konstan di dalam gigi.

Sakit gigi dapat muncul sebagai rasa sakit yang tumpul atau tajam yang mungkin timbul secara spontan dengan sendirinya atau oleh rangsangan.

Gejala tambahan mungkin termasuk:

- sakit kepala ,
- sakit leher ,
- sakit telinga ,
- demam ,
- rasa tidak enak atau bau di mulut.

Kapan Sebaiknya Pergi ke Dokter Gigi

Ilustrasi wanita konsultasi ke dokter.

Photo :
  • U-Report

Pantau sakit gigi Anda selama 24 jam ke depan. Jika mereda, Anda mungkin hanya mengalami iritasi. Buat janji dengan dokter gigi Anda jika:

- sakitnya semakinparah
- sakit gigimu berlangsung lebih dari dua hari
- Anda mengalami demam , sakit kepala , atau nyeri saat membuka mulut
- Anda mengalami kesulitan bernapas atau menelan

Apa yang Perlu Dilakukan?

Konsumsi air garam.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa saja yang menjadi akar ketidaknyamanan tersebut. Dari sana, Anda dapat menentukan cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya.

Pembilasan air garam secara teratur dan aplikasi kompres dingin biasanya dapat mengatasi iritasi ringan, tetapi sakit gigi yang lebih serius mungkin memerlukan intervensi dokter gigi.

Jika gejala Anda bertahan lebih dari satu atau dua hari, temui dokter gigi Anda. Mereka dapat memberikan panduan tentang cara meredakan gejala Anda dan mencegah rasa sakit di masa depan.

Anda juga harus berbicara dengan dokter gigi Anda sebelum menggunakan salah satu dari pengobatan berikut jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis yang mungkin dipengaruhi oleh bahan-bahan herbal.

1. Bilas air garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda.

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Untuk menggunakan pendekatan ini, campurkan 1/2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur .

2. Bilas hidrogen peroksida

Pembilasan hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksidadapat mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarahSumber Tepercaya.

Pastikan Anda mengencerkan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan ini, campurkan hidrogen peroksida 3 persen dengan air dengan perbandingan yang sama, dan gunakan sebagai obat kumur. Jangan menelannya.

 3. Kompres dingin

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk meredakan rasa sakit yang Anda alami, terutama jika jenis trauma apa pun yang menyebabkan sakit gigi Anda.

Saat Anda menerapkan kompres dingin, itu menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menyempit. Ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk menggunakan pendekatan ini, pegang kantong es yang dibungkus handuk ke area yang terkena selama 20 menit setiap kali. Anda dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

4. Teh celup peppermint

Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif. Biarkan kantong teh bekas menjadi sedikit dingin sebelum mengoleskannya ke area yang terkena. Seharusnya masih sedikit hangat.

Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mendinginkan, bukan menghangatkan, area tersebut. Untuk melakukannya, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong teh tersebut ke gigi Anda. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari peppermint.

5. Bawang Putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan karena khasiat obatnya. Ini juga memiliki anti bakteri.  Tidak hanya bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, hancurkan siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke daerah yang terkena.  Anda mungkin ingin menambahkan sedikit garam. Sebagai alternatif, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

6. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.Terbukti antioksidan juga membuatnya menjadi penyembuh yang efektif. Pastikan untuk menggunakan vanilla asli daripada vanilla imitasi.

Untuk menggunakan obat ini, oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari Anda atau bola kapas. Oleskan langsung ke area yang terkena beberapa kali sehari.

Obatnya Sakit Gigi Secara Alami Lainnya

Anda dapat melakukan pengobatan berikut di rumah, tetapi Anda mungkin perlu mendapatkan bahan-bahannya dari toko makanan kesehatan setempat atau daring. Mulut, gigi, dan gusi Anda mungkin sensitif saat ini, jadi sangat penting untuk membeli bahan-bahan ini dari produsen terkemuka. Ini dapat mengurangi risiko potensi iritasi.

7. Cengkih

Cengkih telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah. Minyak secara efektif dapat mematikan rasa sakit dan mengurangiperadangan. Ini mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakan pendekatan ini, encerkan minyak cengkeh dengan minyak pembawa , seperti minyak bunga matahari atau jojoba. Gunakan rasio sekitar 15 tetes minyak cengkeh dengan satu ons minyak pembawa, menurut National Association of Holistic Aromatherapy .

Kemudian, oleskan sedikit minyak encer ke bola kapas dan oleskan ke daerah yang terkena beberapa kali sehari. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air dan membuat obat kumur.

8. Daun Jambu biji

Daun jambu biji memilik isifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Mereka juga punyaantimikrobaSumber Tepercayaaktivitas yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakan obat ini, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

9. Rumput Gandum

Wheatgrass memiliki sifat penyembuhan yang tak terhitung jumlahnya , seperti sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini berisi banyaknutrisi termasuk kandungan klorofil yang tinggi, yang membantu melawan bakteri. Anda bisa meminum rumput gandum atau menggunakannya sebagai obat kumur.
 
10. Timi

Thyme juga memiliki antibakteri dan antioksidan yang kuat dalam membantu untuk mengobati sakit gigi. bahkan bisa membantu melawan bakteriSumber Tepercayayang berkontribusi terhadap kerusakan gigi.

Untuk menggunakan ini, encerkan minyak esensial thyme dengan minyak pembawa, lalu oleskan ke area yang terkena. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak ke segelas kecil air dan membuat obat kumur.

Itu dia obantya sakit gigi yang bisa Anda ketahui. Jadi ketika Anda didapati rasa sakit yang sangat menjadi-jadi, jangan lupa gunakan berbagai bahan alami tersebut, seperti yang dikutip dari healthline.

Ilustrasi Scaling Gigi

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan gigi yang bertujuan untuk mengangkat plak dan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi dan di bawah garis gusi.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024