Obatnya Asam Lambung, Bisa Diatasi Dengan Mudah

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd
Sumber :
  • Pixabay/ Robystarm

VIVA – Obatnya asam lambung bisa diatasi dengan mudah. Untuk meredakan asam lambung ini juga bisa diatasi tanpa obat. Beberapa perubahan gaya hidup patut dicoba sebelum beralih ke obat-obatan untuk mengendalikan refluks gastroesofageal.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Jika kamu terdengar sedikit serak dan sakit tenggorokan, kamu mungkin sedang bersiap menghadapi pilek atau flu. Tetapi jika kamu sudah mengalami gejala ini untuk sementara waktu, gejala tersebut mungkin bukan disebabkan oleh virus, tetapi oleh katup-sfingter esofagus bagian bawah.

Itulah otot yang mengontrol jalan antara kerongkongan dan lambung. Dan ketika tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan. Istilah medis untuk proses ini adalah gastroesophageal reflux; aliran balik asam disebut refluks asam.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Refluks asam dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak dan benar-benar dapat meninggalkan rasa tidak enak di mulut. Ketika refluks asam menghasilkan gejala kronis, itu dikenal sebagai gangguan refluks gastroesofageal, atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah mulas, nyeri di perut bagian atas dan dada.

Tiga kondisi pembersihan makanan atau asam yang buruk dari kerongkongan, terlalu banyak asam di lambung, dan pengosongan lambung yang tertunda, berkontribusi pada refluks asam, kata Dr. Jacqueline Wolf, seorang ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran di Harvard Medical School dan penulis buku Panduan Wanita untuk Perut Sehat: Mengontrol Kesehatan Pencernaan.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Tanda dan gejala asam lambung naik

Pada saat asam lambung naik menuju ke kerongkongan, kamu mungkin mengalami beberapa gejala yang mirip dengan masalah pencernaan, seperti:

  • perut terasa tidak nyaman terutama saat kosong,
  • mual dan muntah,
  • sensasi terbakar pada dada,
  • perut kembung,
  • nafsu makan menurun,
  • maag,
  • berat badan turun tiba-tiba, serta
  • diare.

Apa penyebab asam lambung naik?

Ilustrasi asam lambung.

Photo :
  • U-Report

Penyebab utama asam lambung naik diakibatkan karena produksi hormon gastrin yang berlebihan. Gastrin adalah hormon yang diproduksi oleh sel ‘G’ pada lapisan lambung dan usus kecil bagian atas.

Hormon ini berfungsi untuk merangsang lambung untuk mengeluarkan asam lambung. Produksi gastrin yang berlebihan juga dapat dipicu oleh beberapa kondisi di bawah ini.

Bagaimana cara menghilangkan asam lambung?

Penderita asam lambung.

Photo :
  • U-Report

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa peradangan kronis tingkat rendah dapat berubah menjadi pembunuh diam-diam yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes tipe 2, dan kondisi lainnya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut obatnya asam lambung yang bisa dikendalikan tanpa perawatan oleh dokter.

1. Makanlah dengan hemat dan perlahan

Ketika perut sangat penuh, bisa ada lebih banyak refluks ke kerongkongan. Jika cocok dengan jadwal, kamu mungkin ingin mencoba apa yang kadang-kadang disebut "merumput", makan makanan kecil lebih sering daripada tiga kali makan besar setiap hari.

2. Hindari makanan tertentu

Memperhatikan asupan makanan juga penting bila Anda rentan mengalami penyakit asam lambung. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung dan perlu dihindari, diantaranya termasuk mint, makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang, bawang putih, kopi, teh, cokelat, dan alkohol.

3. Jangan minum minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dapat membuat kamu bersendawa, yang mengirimkan asam ke kerongkongan. Minumlah air putih bukan air soda.

4. Jangan langsung tidur setelah makan

Saat kamu berdiri, atau bahkan duduk, gravitasi saja membantu menjaga asam di perut, di tempatnya. Selesaikan makan tiga jam sebelum kamu tidur. Ini berarti tidak ada tidur siang setelah makan siang, dan tidak ada makan malam atau camilan tengah malam.

5. Jangan bergerak terlalu cepat

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Berjalan-jalan setelah makan malam baik-baik saja, tetapi olahraga yang lebih berat, terutama jika melibatkan membungkuk, dapat mengirim asam ke kerongkongan.

6. Perhatikan posisi tidur

Idealnya, kepala kamu harus 6 hingga 8 inci lebih tinggi dari kaki. Kamu dapat mencapai ini dengan menggunakan penambah tempat tidur "ekstra-tinggi" pada kaki yang menopang kepala tempat tidur. Jika pasangan tidur kamu keberatan dengan perubahan ini, coba gunakan penyangga baji busa untuk tubuh bagian atas. Jangan mencoba membuat irisan dengan menumpuk bantal. Mereka tidak akan memberikan dukungan seragam yang kamu butuhkan.

7. Menurunkan berat badan

Peningkatan berat badan menyebarkan struktur otot yang mendukung sfingter esofagus bagian bawah, mengurangi tekanan yang menahan sfingter tertutup. Hal ini menyebabkan refluks dan mulas.

8. Berhenti merokok

Obatnya asam lambung juga bisa diatasi dengan berhenti merokok. Jika kamu merokok atau mengosumsi tembakau, sangat disarankan untuk berhenti. Pasalnya, nikotin dari tembakau mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah. Hal tersebut memungkinkan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

9. Pilih makanan yang baik untuk asam lambung

Selain menjadwalkan jam makan, kamu juga perlu lebih selektif ketika memilih makanan yang akan dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung. Jika kamu salah pilih makanan justru menyebabkan refluks asam lambung. Berikut beberapa makanan yang baik untuk asam lambung, seperti:

  • pisang,
  • oatmeal,
  • sayuran hijau,
  • putih telur,
  • jahe,
  • daging tanpa lemak, dan
  • lidah buaya.

10. Periksa obat

Beberapa termasuk estrogen pascamenopause, antidepresan trisiklik, dan obat penghilang rasa sakit antiinflamasi dapat mengendurkan sfingter, sementara yang lain, terutama bifosfonat seperti alendronate (Fosamax), ibandronate (Boniva), atau risedronate (Actonel), yang digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang dapat mengiritasi kerongkongan.

Jika langkah-langkah ini tidak efektif atau jika kamu mengalami sakit parah atau kesulitan menelan, temui dokter untuk menyingkirkan penyebab lainnya. Kamu mungkin juga memerlukan obat untuk mengontrol refluks bahkan saat kamu mengejar perubahan gaya hidup.

Demikian ulasan lengkap tentang obatnya asam lambung yang perlu kamu ketahui. Obatnya asam lambung ini mungkin beberapa yang manjur, namun ada beberapa yang tidak bisa meredakan asam lambung. Segera temui dokter jika masalah asam lambung makin parah.

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024