8 Manfaat Daun Sirih, Diabetes Aman dan Depresi Hilang!

Daun sirih
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat Daun sirih ini kita sering dijumpai sebagai tanaman hias di banyak menjadi tanaman rumah. Selain jadi tanaman hias, daun sirih juga dikenal sebagai tumbuhan punya banyak manfaat.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Daun sirih punya banyak manfaat kesehatan. Daunnya penuh dengan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus, tanning, saponin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Daun sirih sudah digunakan untuk obat tradisional sejak nenek moyang zaman dulu. Menariknya dari daun sirih ini, punya segudang manfaat tapi tak dibuat mahal dijual. Untuk kamu yang ingin mengandalkan daun sirih untuk menyehatkan tubuh, daun sirih ini banyak dijual di pasar tradisional.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Kamu juga bisa menanamnya sendiri tanaman daun sirih di rumah, kemudian nantinya tinggal memetik daun nya jika membutuhkan.

Viva kali ini merangkum melalui lansiran dan bacaan berbagai sumber mengenai manfaat dari daun sirih, mau tahu manfaat apa saja, simak ulasan berikut;

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

1. Mengatasi Diabetes

Manfaat daun sirih, terutama daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Mereka mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang memiliki sifat antidiabetes.

Alkaloid sirih dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan cara memperlambat glukosa di usus.

Daun ini juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul ini melindungi sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Di India, makan paan (sirih) setelah makan adalah praktik yang umum. Studi pada tikus yang menurunkan di Journal of Medical Food, telah membuktikan bahwa praktik ini dapat biomarker hiperglikemia (gula darah tinggi).

2. Meredakan Batuk?

Rebusan daun sirih yang dioleskan di dada diyakini dapat membantu mengatasi sesak yang terjadi di paru-paru. Rasanya yang hangat dan pedas juga diyakini mampu mengatasi batuk berdahak ketika di konsumsi bersama madu.

Untuk membantu mengobati batuk, menyiapkan empat lembar daun sirih, kemudian rebus bersama dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur. hingga batu karang sembuh.

Cara lainnya adalah mengiris empat lembar daun sirih, kemudian rebus bersama tiga lembar daun widoro upas dan dua gelas air. biarkan mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Stres oksidatif yang tinggi, yaitu stres yang disebabkan oleh luka bebas dalam tubuh, dapat menunda penyembuhan.

Penyembuhan luka yang mengobati yang efektif adalah salah satu komplikasi penting yang terlihat pada diabetes tipe 1. Ekstrak herbal daun ini mungkin dalam kasus sensitif seperti itu.

Manfaat daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Mereka meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh, seperti superoksida dismutase dan katalase.

Penembus ekstraknya pada tikus yang melukai meningkatkan kecepatan penyembuhan luka. Ini karena mereka mampu meningkatkan kandungan hidroksiprolin, komponen utama kolagen pada tikus ini.

Mengutip Journal of Ayurveda and Integrated Medicine, kandungan kolagen yang lebih tinggi untuk memperbaiki luka yang cepat dan regenerasi jaringan.

4. Membantu Memerangi Kanker

Manfaat daun sirih mengandung karsinogen dalam jumlah tinggi yang disebut safrole. Namun, itu dimetabolisme menjadi dihydroxychavicol dan eugenol. Kedua senyawa ini kemudian akan diekskresikan melalui urin.

Daun ini memiliki sifat antioksidan, antimutagenik, dan antikanker. Fitokimia sirih bertanggung jawab atas sifat-sifat ini.

Ini berarti mungkin tidak menyebabkan kanker pada tingkat konsumsi yang tidak membuat ketagihan, kecuali jika kamu membuat dengan tembakau. Sebab cairan alkohol akibat kanker mulut.

Namun faktanya terkini menyebutkan bahwa senyawa dalam daun sirih, yakni hydroxychavicol dan asam klorogenat mampu melawan karsinogen dari tembakau.

Mereka dapat membunuh sel kanker secara selektif tanpa memengaruhi sel sehat, tidak seperti obat kanker pada umumnya dan prosedur terapeutik yang relevan.

5. Mengatasi  Mimisan

Salah satu manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah untuk rekaman. Salah satunya adalah untuk mengatasi kasus pendarahan hidung atau mimisan.

Untuk mengobati mimisan, ambil selembar daun sirih. Kemudian, gulung daun sambil ditekan-tekan agar minyaknya keluar. Gunakan gulungan daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung yang mimisan.

6. Melindungi Lambung

Mengunyah daun sirih ternyata juga mampu mengobati tungkak lambung.

Ini karena daun ini menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi mukus lambung (faktor penting yang melindungi dari maag), dan menurunkan volume sekresi asam lambung.

7. Mendorong Kesehatan Gigi

Seperti tato, menghitamkan gigi juga menjadi tren di Asia Tenggara. Itu dilakukan dengan menggunakan ekstrak tumbuhan dan mineral.

Mengutip Journal of Ethnobotani Research & Applications, prosedur ini dikatakan baik untuk gigi dan dapat mencegah infeksi mulut dan prosedur gigi yang sakit.

Sirih merupakan salah satu tumbuhan yang menyukai dengan penghitam gigi. Daun sirih yang terbuat dari pinang, jeruk nipis, dan daun sirih memiliki khasiat yang hampir sama.

Namun, manfaat daun sirih ini juga melepaskan katekolamin yang berinteraksi dengan senyawa yang disukai oleh pinang dan air nipis. Pada musik, ini diduga dapat memicu kanker mulut dan tenggorokan.

8. Membantu Kontrol Depresi

Depresi adalah salah satu jenis gangguan kejiwaan yang bisa memengaruhi sekitar 5 persen populasi dunia.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa selain obat antidepresan, obat herbal seperti mengunyah daun sirih telah digunakan sejak zaman untuk aktivitas stimulan sistem saraf pusat (SSP) yang kemudian bisa melawan depresi.

Lebih lanjut, bahwa dengan mengunyah daun ini maka seseorang akan menciptakan perasaan bahagia dan tinggi.

Manfaat daun sirih senyawa fenolik aromatik yang mengandung katekolamin. Sejauh ini memang ada hubungan yang kuat antara tingkat katekolamin rendah dalam tubuh dan peningkatan risiko depresi.

Oleh karena itu, untuk mencegah dan melawan depresi, seseorang bisa mencoba untuk mengunyah daun ini.

Nah itu manfaat dari daun sirih, semoga bermanfaat dan kamu puas dengan hasil pencarian mu dalam artikel ini!

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024